Langkah Memandikan Kucing dengan Aman dan Benar

Langkah Memandikan Kucing dengan Aman dan Benar – Kucing pada intinya sebagai hewan yang dapat menjaga diri. Tanpa dimandikan terus-terusan juga, kucing dapat terus bersih dan jaga diri dengan lidahnya. Tetapi, ada saatnya kamu ingin memandikannya agar kesehatannya masih tetap terjaga.

Dengan mandi, kucing akan terbebas dari kutu, jamur, dan bakteri yang melekat pada badannya dan bulu-bulu. Minimal, kamu dapat memandikan kucing satu minggu sekali. Langkah memandikan kucing juga tidak dapat sembarangan.

Kamu harus ketahui trik dan tips khusus agar kucingmu tidak mencakar atau menggigitmu saat ia dimandikan. Berikut pada artikel ini akan beri 10 langkah memandikan kucing di dalam rumah yang betul dan aman.

Langkah Memandikan Kucing dengan Aman dan Benar

10 Langkah Memandikan Kucing dengan Aman dan Benar

1. Potong kukunya lebih dulu

Langkah memandikan kucing yang pertama dengan menggunting kukunya ditambah dulu. Sama seperti yang dijumpai, kucing dapat mencakar siapa saja di dekatnya saat geram. Karena, hal tersebut sebagai wujud pertahanan diri mereka.

Saat mandi, kucing bisa juga mencakar jika kukunya masih panjang. Maka lebih bagus kamu menggunting kukunya lebih dulu saat sebelum memandikannya supaya kamu juga tidak terkena dengan cakarannya.

memandikan kucing dengan sunlight

2. Sikat bulu-bulunya saat sebelum memandikan

Bulu-bulu kucing sebagai salah satunya kunci performa kucing yang menggemaskan dan imut. Maka dari itu, kamu perlu mengawasinya agar tidak rontok saat mandi dengan khusus. Dengan menggunakan saluran air dari pipa saja, badan dan bulu-bulu kucing akan susah bersih. Maka lebih bagus sikat bulu-bulu kucing secara detail secara halus lebih dulu sesaat akan mandi. Disamping itu, kamu dapat menyarangkan bola kapas ke telinga supaya tidak bungkusukan air.

3. Pilih saat yang pas untuk memandikan

Langkah memandikan kucing agar masih tetap tenang dengan pilih saat yang pas untuk memandikannya. Kucing secara umum memanglah tidak sukai ada di air. Bila pada kondisi penuh energi, kucing akan menampik dengan kuat.

Maka lebih bagus untuk memandikan kucing pada kondisi capek dan tenang, misalkan saat mereka usai bermain. Kamu bisa juga mengagendakan mandi kucingmu agar ada orang yang lain menolongmu untuk memandikannya.

4. Memakai sistem tuangkan

Dengan personalitasnya yang tidak sukai sama air, kucing kemungkinan akan melawan bila kamu masukan ke bak penuh air. Nach, agar tidak melawan, kamu dapat memakai penyemprot atau gayung air kecil untuk tuangkan air ke badan kucing sampai basah. Kemudian, baru kamu dapat memakai shampo untuk bersihkan kotorannya.

5. Berikan alas yang nyaman untuk berdiri

Alas yang nyaman untuk berdiri saat kucing mandi penting agar mereka tidak cemas dan kuatir. Kamu dapat menempatkan handuk atau keset di bawah bak mandi atau tempat kucing dimandikan. Kemudian, baru kamu dapat membasahi bulu-bulunya secara halus dengan memakai gayung air atau penyemprot.

6. Pakai shampo kucing

Langkah memandikan kucing setelah itu dengan memakai shampo kucing. Karena, bila memakai shampo manusia, kucing dapat teracuni yang mengandung yang tidak aman. Lebih bagus, pakai shampo khusus kucing. Langkah memakainya yaitu dimulai dari leher dan pijat halus sampai ke ekor. Janganlah sampai shampo itu terserang di tempat telinganya dan mata.

memandikan kucing dengan shampo manusia

7. Basuh sampai bersih

Sesudah kucing dibikin bersih secara detail dengan sabun, kamu mulai bisa mencucinya sama air bersih yang hangat. Yakinkan sabun itu betul-betul bersih dari badannya agar tidak membuat kucing sakit. Karena, sabun yang masih ada dalam tubuh kucing dapat jadi memperburuk kulit sampai membuat iritasi dan sakit perut.

8. Membersihkan mukanya

Sesudah bersihkan badannya, kucing perlu dibikin bersih mukanya. Langkah memandikan kucing dengan bersihkan muka ini dapat dilaksanakan secara hati-hati. Tidak boleh pakai shampo untuk bersihkan mukanya, tapi usap muka kucing dengan kain lap yang lembap dan hangat. Janganlah lupa waspada saat bersihkan disekitaran tempat mata dan telinga karena benar-benar sensitif.

9. Keringkan secara detail

Bila semua langkah di atas telah usai kamu kerjakan, setelah itu keringkan badan kucing piaraanmu dengan handuk sekencang mungkin. Jika perlu, tempatkan kucing di tempat yang hangat sampai betul-betul kering. Bila kamu memakai pengering rambut, gunakan temperatur paling rendah dan janganlah lupa untuk menyisir bulu-bulunya agar tidak kusut.

10. Hadiahi kucing sesudah usai mandi

Bila langkah memandikan kucing telah usai, karena itu cara paling akhir dengan memberikannya hadiah. Hadiah itu dapat berbentuk cemilan sedap untuk kucing. Hal tersebut dilaksanakan agar kucing lebih terlatih untuk mandi di lain waktu. Dengan memberikannya hadiah, kucing akan menyaksikan kegiatan mandi itu lebih membahagiakan.

Nach untuk kalian cat lovers tersebut barusan pembahasan berkenaan langkah memandikan kucing dengan aman dan benar yang dapat kalian kerjakan di dalam rumah sendiri tak perlu membawa ke salon kucing. Selainnya lebih irit bounding di antara kalian terjaga baik.

Related Posts
Buah Naga Kuning yang Kaya Manfaat
Buah Naga Kuning

Buah Naga Kuning - naga kuning, juga disebut buah naga, la pitahaya (buah naga dalam bahasa Spanyol), pitaya, pir stroberi, Read more

Mengenal Jenis Kelinci Anggora yang Menggemaskan
Kelinci Anggora

Apakah Anda sedang mencari hewan peliharaan yang menggemaskan dan ramah? Jika ya, maka kelinci Anggora bisa menjadi pilihan yang sempurna Read more