jalak-thailand

Mengenal Jenis Burung Jalak Thailand Beserta Harganya

OmKicau.ID – Jenis Burung Jalak yang berasal dari thailand ini juga sering ikenal dengan sebutan jalak Hongkong. Dimana ukuran atau postur tubuh dari burung jalak thailand ini lebih besar ketimbang jenis burung jalak lokal lainnya.

Mengetahui klasifikasi yang dimiliki oleh burung jalak thailand


Tampilan Fisik Dari Burung Jalak Hongkong

Hal yang paling menonjol dar tampilan burung jalak satu ini adalah jambul yang hampir sama dengan jenis burung jalak suren. Tetapi yang membedakan adalah bulu kepala dan dagu jalak hongkong ini berwarna putih, sedangkan jalak suren berwarna hitam.

Jenis burung Jalak asal Thailand yang sudah dewasa memiliki tampilan bulu melingkar berwarna hitam dari dada hingga ke leher seperti mantel.

gambar-jalak-thailand

Jalak thailand termasuk dalam jenis jalak dari keluarga Sturnidae yang memiliki kelopak mata berwarna kuning dan juga jalak satu ini terlihat lebih tegap dan lebih gagah karena dadanya yang lebih bidang. Jalak asal thailand yang masih muda memiliki bulu melingkar di leher dan dada berwarna muda kecoklatan

Kelebihan Jalak Hongkong

Jalak yang sering dikenal dengan sebutan jalak hongkong ini memiliki kemampuan meniru suara lain yang baik serta kualitas suara yang sangat bagus. Jenis jalak satu ini bahkan bisa menirukan suara aslinya dengan lebih baik dan lebih lantang.

Suara yang cocok untuk ditiru oleh burung jalak satu ini adalah suara yang memiliki tipe besar, keras, dan tajam serta vokalnya berbentuk seperti burung kenari, jokjok, orenjak, ciblek dan lain lain.

Baca Selengkapnya :  Tips Cara Ternak Ciblek Sukses Bagi Pemula

Burung jalak satu ini jika dilatih dengan baik dan benar mulai dari anakannya, burung ini bisa mengoceh dan menirukan suara manusia dengan lancar seperti burung beo. Karena kemampuannya menirukan suara dengan baik dan juga tampilannya yang gagah, burung jalak thailand bisa diikutsertakan dalam sebuah kontes burung.

Kamu harus mendampingkan burung ini dengan burung yang memiliki vokal berbentuk agar variasi suara kicauan yang dihasilkan lebih unik.

Kelemahan Jalak Asal Thailand

Jalak asal mempunyai sifat bawaan yang agak buruk. tetapi masih bisa diatasi dengan cara rajin melatih dengan baik dan benar serta cara perawatan yang teapat. Dimana burung thailand dewasa agak sulit dijinakkan dalam waktu singkat. Jadi disarankan untuk membeli dan memelihara jalak satu ini semenjak kecil atau anakan.

Selain itu, burung ini memiliki kemampuan untuk salto. Dimana jika burung jalak satu ini melakukan salto tersebut saat kontes, akan membuat nilai atau poin berkurang.

burung-jalak

Gaya salto ini pun sering dilakukan oleh burung jalak hongkong ketika merasa tertekan atau ketakutan. Selain itu, jalak asal thailand ini juga kurang rajin berkicau. Jadi harus disandingkan dengan burung lain yang rajin berkicau.

Harga dari Burung Jalak Asal Thailand

Burung jalak Thailand ini memiliki harga yang murah dipasaran. Harga anakannya lebih mahal dibandingkan dengan harga dewasanya. Untuk harga anakannya bisa mencapa 100 ribu hingga 150 ribu sedangkan harga dewasanya berada 20 ribu dibawahnya.

Dalam membeli jalak hongkong ini, disarankan untuk lebih membeli anakannya dan lebih memilih jenis kelamin jantan karena suara kicauan yang akan dihasilkan akan lebih bagus.

Setelah mengenal burung jalak asal thailand ini, kamu bisa emmeliharanya dan melatihnya dengan cara yang baik dan benar. harga burung yang sudah dirawat dengan baik dan benar akan bisa diikutsetakan dalam sebuah kontes yang jika menang, harga burung satu ini akan memningkat drastis dan harga jualnya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Baca Selengkapnya :  Harga Jual Burung Robin Terbaru 2020