cara-merawat-burung-kolibri

Tips Cara Merawat Burung Kolibri Agar Rajin Berkicau, Gacor

Pada kesempatan kali ini OmKicau.ID akan membagikan tips bagaimana cara merawat burung kolibri agar cepat gacor setiap harinya, memang bukanlah hal yang mudah dalam memberikan perawatan kepada burung yang berukuran kecil ini, jika temen-temen kurang telaten dan konsisten maka bisa rentan dan mudah sekali mati.

Banyak sekali para penghobi pemula, yang ingin belajar memelihara burung kecil yang pastinya lebih menantang ketimbang burung yang memiliki ukuran sedang ataupun besar tubuhnya, nah justru itu apalagi sampai dapat membuatnya gacor dan siap untuk diturunkan di arena kontes, karena musim tren saat ini di berbagai daerah sudah banyak membuka kelas untuk jenis burung kolibri.

gambar-burung-kolibri

Dan yang lebih mendukungnya lagi banyak para pesertanya yang mampu membuat burung kecil liar hutan ini dapat dirawat dengan baik dan dijadikan sebagai burung lomba. Penasaran untuk info cara merat kolibri yang baik dan bisa membuatnya gacor ?, yuk simak pemaparan selengkapnya dibawah ini :

Trik Mudah Perawatan Burung Kolibri


Pemandian

Mandi memang suatu kebutan yang sering dilakukan oleh setiap jenis burung kicauan di alam liarnya, namun anda sebagai pemiliknya juga harus memberikan apa yang seharusnya dibutuhkan si kolibri ini tentunya dengan cara memandikannya di setiap pagi hari, cara memandikan burung kolibri ini dengan cara menyediakan cepuk mandi yang berdiameter kecil akan tetapi lebar, serta dipancing dengan cara di semprot halus menggunakan spray.

jenis-kolibri

Disaat musim penghujan, atau sedang cuaca mendung tidak ada sinar matahari, sebaiknya burung jangan disemprot, dan hanya saja sediakan wadah mandinya saja di dalam sangkar dengan menggunakan air yang bersih, biarkan si burung mandi sendiri.

Baca Selengkapnya :  Rahasia Perawatan Murai Batu Agar Bisa Berprestasi

Penjemuran

Diusahakan burung kolibri yang anda rawat, sebaiknya dijemur setiap hari secara rutin, sekitar pukul : 7 pagi sampai jam 10 siang. Karena hangatnya matahari pagi ini sangat baik untuk diserap kandungan vitamin D untuk kesehatan kolibri anda.

Saat menjemur, letakkanlah sangkar di bawah lantai yang sering banyak dilalui oleh orang lewat, bisa anda menaruhnya pas dipinggir jalan. Akan tetapi anda juga harus waspada dan awasi terus keamanan dan kenyamanan saat burung kolibri anda dijemur, yang dikhawatirkan jika tidak diawasi dengan baik maka ada hewan predator seperti kucing yang dapat memangsa burung anda nantinya.

Makanan burung kolibri

Untuk pakan harian yang diberikan bisa berupa voer halus, nektar buatan seperti susu kental manis yang dicampur sedikit air putih bisa dikombinasikan dengan sirup marjan merah diaduk rata hingga larut, pastikan nektar yang diberikan tidak terlalu kental ataupun terlalu encer ya temen-temen.

Pakan tambahannya bisa anda memberinya seperti serangga telur semut kroto bersih, segar yang berukuran kecil-kecil anda harus memilihkannya terlebih dahulu, untuk pemberian madu jangan terlalu sering cukup 1 minggu sekali saja.

Buah-buahan juga sangat baik diberikan jika si burung mau atau doyan untuk memakannya, berikanlah buah pisang ataupun pepaya yang banyak mengandung banyak zat mineral airnya yang sangat baik untuk metabolisme dan membantu pencernaan si burung kolibri tersebut.

kolibri-hutan

Pemasteran (Materi Isian)

Tips memaster burung kolibri ini sangat baik dilakukan jika anda merawat burung kolibri ini dari trotolan atau bahan anakan, karena sangat mudah dan cepat untuk menyimak dan merakam suara masteran yang anda berikan. Namun bagaimana jika anda membeli burung kolibri yang sudah dewasa, apakah bisa dimasteri ?.

Baca Selengkapnya :  Jenis Kutilang Beserta Suaranya

Ya tentu saja bisa, asalkan anda rajin memasteri suara isian setiap hari dan waktu yang tepat dan baik memaster burung kolibri ini pada waktu malam hari dan disaat burung kolibri ini sedang mengalami masa mabungnya.

Baca juga artikel terkait lainnya : Jenis Kolibri Beserta Gambar, Makanan, Harga dan Suara

Suara masteran yang baik untuk diperdengarkan bagi burung mungil ini seperti suara cililin, cucak jenggot, pleret atau siri-siri, yang dimana jenis burung ocehan yang dominan mengeluarkan suara besetan dan tembakan yang sangat baik jika dibawakan oleh burung kolibri ini untuk menambah varisasi kicauannya.

Catatan, lakukan secara rutin setiap harinya dengan tertib yang telah dijelaskan diatas dalam cara merawat burung kolibri , yang nantinya dapat sesuai dengan harapan temen-temen kolibri mania semua yang dapat hasil yang maksimal gacor setiap harinya, sekian itu saja informasi dari kami semoga dapat bermanfaat.