Cara Merawat Burung Kolibri Kelapa

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

5/5 - (1 vote)

Halo sobat omkicau berbicara tentang burung kolibri atau hummingbird ini memang tidak ada habisnya karena memang memiliki spesies yang sangat banyak sekali dan kali ini kita akan mengulas bagaimana Cara Merawat Burung Kolibri Kelapa

yang memang salah satu jenis ini banyak diminasi di Indonesia yang biasanya dijasikan sebagai masteran atau koleksi. Kolibri sendiri memang memiliki tubuh yang kecil dengan paruh lancipnya yang sesuai untuk menghisap nektar

guna mencari makan di alam bebasnya. Kalau kalian masih bingung membedakan kolibri kelapa dengan jenis kolibri lainnya, diartikel ini kita akan mengulas ciri-cirinya dan juga cara merawatnya.

makanan-burung-kolibri-kelapa

Mengenal Burung Kolibri Kelapa dan Perawatan Hariannya

Ciri-ciri Kolibri Kelapa

Kolibri kelapa atau burung madu kelapa memiliki warna yang lebih cerah burung jantan dibandingkan yang berkelamin betina, kemudian kita lihat posturnya dimana jantan lebih panjang dibanding

burung betina yang lebih pendek cenderuk bertubuh bulat. lalu yang ketika kalian bisa memperhatikan bentuk kepalanya untuk manggaran yang jantan terlihat cepat atau datar sedangkan kepala burung betina agak membulat.

Selanjutnya terlihat dari matanya, burung jantan matanya lebih menyala coklat kemerahan sedangkan yang burung betina matanya berwarna coklat gelap. Mata pada burung jantan lebih besar sedangkan betina lebih sayu.

Bentuk paruhnya pejantan lebih tebal dan panjang sedangkan yang betina lebih pendek dan tipis. kalian jangan salah pilih sebenarnya untuk jantan dan betina sama – sama gacor hanya saja volume suara jantan lebih nyaring.

Baca Selengkapnya :  Penyebab Murai Batu Tidak Mau Tarung

cara-menjinakan-kolibri-kelapa

Makanan Kolibri Kelapa

Susu Kental Manis : kalian bisa memberikan susu kental manis sebagai pengganti nektar, caranya mudah misal SKM secukupnya ditambah air sampai sedikit cair. Ini bisa menambah asupan energinya.

Fungsi dari skm ini kalian bisa membuat bulunya lebih sehat dan mengkilap. yang lebih aman pemberian SKM ini tidak akan membuat si burung obesitas jadi cukup aman untuk pemberiannya.

Sirup Cocopandan : selain itu kalian juga bisa memberikan sirup cocopandan bebas dari merk apapun, ini juga disukai sebagai pengganti nektar karena rasanya juga manis.

Tapi pemberian cirup cocopandan ini harus diperhatikan tidak boleh terlalu banyak karena akan membuat siburung obesitas yang berakibat dia akan malas bergerak dan malas berkicau.

Nektar Pabrikan : Ada banyak produk nektar yang sudah dibuat dengan komposisi yang disesuaikan oleh produsen dari berbagai brand yang tentunya cocok untuk burung penghisap nektar.

Namun kekurangannya dari nektar ini adalah harganya yang cukup mahal.

Perawatan Harian Yang Harus Dilakukan

Untuk perawatan sendiri sebenarnya hampir sama dengan perawatan harian burung lain dimana pada pagi hari burung dikeluarkan dan dibuka kerodongnya kalian angin-anginkan dulu diteras rumah atau dibawah

pohon bagi yang dipekarangan rumahnya ada pohon, setelah itu cabut cepuk makan, minum dan nektarnya untuk dicuci dan diganti baru. Pada pukul 7 pagi sampai 7.30 burung segera dimandikan secara rutin.

memandikannya mudah cukup disemprot dengan sprayer halus, jangan terlalu lama dimandikan karena takutnya kedinginan cukup 15 menit saja. setelah itu kandang dibersihkan dari kotoran burung dan sisa makanan.

Kalau tidak dibersihkan takutnya bakteri dan virus serta sisa makanannya mengundang semut ini tentunya tidak akan membuat siburung nyaman. setelah dimandikan isi kembali cepuk makan dan minumnya serta berikan nektar.

Baca Selengkapnya :  Cara Perawatan Burung Cendet Yang Baik

setelah itu jemur dibawah sinar matahari dibawah jam 11.00 pagi cukup selama 30 menit sampai 1 jam saja, jangan terlalu lama. setelah itu gantung burung ditempat yang lebih sejuk.

Biarkan dia beristirahat sambil di master juga boleh dan pada sore menjelang petang burung kembali di kerodong supaya beristirahat dan dimasteri supaya bisa merekam secara maksimal.

Lakukan secara rutin dan untuk mandi boleh di skip apabila cuaca kurang mendukung.

Nah itulah tadi beberapa cara merawat burung kolibri kelapa yang harus kalian lakukan secara rutin setiap hari semoga dapat menginspirasi dan menambah wawasan kita semua dibidang hobi burung kicau ini.

Terimakasih banyak buat kalian yang selalu setia membaca artikel kami, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan mematuhi aturan kesehatan yang sudah ditentukan oleh pemerintah kita.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari