Cara Menanam dan Merawat Kaktus Mistletoe

Cara Menanam dan Merawat Kaktus Mistletoe – Kaktus mistletoe ( Rhipsalis baccifera ) adalah tanaman epifit tropis dalam keluarga kaktus yang disukai sebagai tanaman hias karena dedaunannya yang setipis pensil dan kebiasaan pertumbuhannya yang menjuntai.

Berasal dari daerah tropis dan subtropis di Amerika Selatan, Amerika Tengah, dan Afrika, kaktus mistletoe tumbuh secara alami di dahan pohon di bawah kanopi hutan, menarik kelembapan dan nutrisi dari udara di sekitarnya dan tanaman inangnya.

Seperti tanaman epifit lainnya seperti anggrek, tanaman udara, bromeliad, dan beberapa jenis pakis, kaktus mistletoe telah beradaptasi dengan baik untuk tumbuh di dalam ruangan dan populer sebagai tanaman hias.

Batang belakangnya terlihat bagus di keranjang gantung dan dedaunannya yang mencolok pasti akan menghidupkan ruangan mana pun.

Cara Menanam dan Merawat Kaktus Mistletoe

Perawatan Kaktus Mistletoe

Kaktus mistletoe umumnya rendah perawatan dan mudah tumbuh di dalam ruangan. Berbeda dengan kaktus gurun dan succulents, kaktus tropis ini lebih menyukai cahaya tidak langsung dan lembab,

lingkungan lembab. Sementara kaktus epifit lainnya seperti kaktus tulang ikan dan kaktus Natal terutama ditanam untuk mekarnya yang mencolok, kaktus mistletoe terutama ditanam untuk dedaunannya karena mekarnya kecil dan tidak signifikan terjadi selama musim semi dan musim panas setiap tahun.

Meskipun demikian, Anda akan melihat buah putih kecil setelah periode mekar yang dapat memberikan ketertarikan visual pada tanaman.

cara merawat kaktus sukulen

Lampu

Tidak seperti kaktus gurun, kaktus mistletoe peka terhadap sinar matahari langsung dan lebih menyukai lokasi yang menerima cahaya terang hingga sedang. Itu bahkan dapat bekerja dengan baik di lokasi dengan cahaya rendah, meskipun Anda tidak akan melihat banyak pertumbuhan.

Tanah

Kaktus mistletoe membutuhkan campuran pot yang lembab tetapi memiliki drainase yang baik, dan lebih menyukai tanah yang sedikit asam. Meskipun kemungkinan akan bertahan hidup di tanah pot komersial standar, ia akan tumbuh subur dalam campuran pot yang dirancang untuk kebutuhan spesifiknya.

Coba gabungkan satu bagian campuran pot biasa, satu bagian kulit kayu anggrek, dan satu bagian perlite bersama-sama untuk campuran pot yang kaya, lapang, dan berdrainase baik.

Air

Kaktus tropis ini lebih menyukai tanahnya tetap lembab, dan tidak boleh dibiarkan mengering sepenuhnya. Pada saat yang sama, hindari genangan air pada tanah dengan memastikan pot Anda memiliki drainase yang baik dan campuran tanah Anda memungkinkan air mengalir melaluinya. Biarkan 1-2 inci bagian atas tanah mengering di antara penyiraman.

Suhu dan Kelembaban

Mengingat kaktus mistletoe berasal dari daerah tropis dan subtropis, ia tumbuh subur dalam kondisi hangat dan lembab. Sebagian besar, suhu rumah tangga rata-rata bekerja dengan baik untuk kaktus mistletoe, itulah mengapa sangat populer sebagai tanaman hias.

Pastikan suhu tetap antara 60-80 derajat Fahrenheit (16-27 derajat Celcius) dan itu akan menyenangkan. Namun, Anda mungkin perlu memberikan kelembapan ekstra untuk kaktus mistletoe Anda untuk memastikan batangnya tidak mulai mengering. Coba letakkan baki berkerikil berisi air di bawah tanaman, atau letakkan pelembab udara kecil di dekatnya.

Pupuk

Kaktus mistletoe menghargai pemupukan teratur sepanjang musim tanam, meskipun dianggap sebagai pengumpan ringan. Terapkan pupuk cair seimbang yang diencerkan hingga setengah kekuatan ke kaktus mistletoe Anda sebulan sekali selama musim semi dan musim panas.

Menyebarkan Kaktus Mistletoe

Seperti kebanyakan sukulen, kaktus benalu dapat dengan mudah diperbanyak dengan stek batang. Tidak hanya menyebarkan kaktus mistletoe Anda cara mudah untuk membuat tanaman baru, tetapi juga akan mendorong tanaman Anda untuk bercabang dan menjadi lebih lebat dari waktu ke waktu.

Yang terbaik adalah memperbanyak kaktus Anda selama masa pertumbuhan aktifnya, jadi hindari mengambil stek selama musim gugur dan musim dingin ketika tanaman telah memasuki masa dormansi. Inilah cara Anda menyebarkan kaktus mistletoe dengan stek batang dalam beberapa langkah mudah:

  • Dengan menggunakan gunting tajam atau gunting pangkas yang sudah disterilkan, ambil stek berukuran 3-4 inci dari tanaman Anda.
  • Taruh stek segar di tempat yang sejuk dan kering selama 24 jam agar ujung potongan bisa bernanah sebelum ditanam.
  • Siapkan wadah pot dengan campuran tanah pot biasa dan perlit, dan basahi tanah dengan ringan.
  • Tekan ujung stek ke dalam tanah yang telah disiapkan, pastikan stek menghadap ke arah yang sama seperti sebelumnya (yaitu jangan menanamnya ‘terbalik’).
  • Tempatkan potongan pot yang baru di lokasi yang menerima cahaya sedang tidak langsung dan jaga agar tanah tetap lembab sampai Anda melihat tanda-tanda pertumbuhan baru.
  • Setelah stek tumbuh, mereka dianggap mapan dan perawatan rutin dapat dilanjutkan.

Masalah Umum Dengan Mistletoe Cactus

Sebagian besar kaktus mistletoe mudah tumbuh di dalam ruangan dan penanam biasanya tidak mengalami banyak masalah. Karena itu, jika Anda melihat ada masalah dengan kaktus mistletoe Anda, kemungkinan besar itu akibat penyiraman yang berlebihan, atau kekurangan air.

Layu, batang lembek

Batang layu yang menunjukkan tanda-tanda menjadi lembek di pangkalnya adalah tanda terlalu banyak air, dan biasanya busuk akar. Sayangnya tidak ada cara untuk menyembuhkan busuk akar setelah dimulai, jadi Anda harus membuang bagian yang terkena dan memotong akar yang membusuk.

Pastikan wadah pot Anda memiliki drainase yang memadai dan tanah Anda memiliki drainase yang baik untuk menghindari pembusukan akar, dan biarkan 1-2 inci bagian atas tanah mengering sedikit di antara penyiraman.

Kiat Pencoklatan

Batang yang berubah warna menjadi cokelat dan renyah di ujungnya biasanya merupakan tanda kekurangan air atau kurangnya kelembapan. Pastikan kaktus mistletoe Anda terkena kelembapan yang memadai dan hindari menempatkannya di dekat area dengan udara kering,

seperti di dekat ventilasi pemanas atau pendingin. Hindari penyiraman yang kurang pada tanaman Anda dengan menjaga agar tanah tetap lembab dan hanya membiarkan satu atau dua inci bagian atas tanah mengering di antara penyiraman.

Related Posts
6 Fakta Unik dan Menarik tentang Burung Hudhud
6 Fakta Unik dan Menarik tentang Burung Hudhud

6 Fakta Unik dan Menarik tentang Burung Hudhud - Mungkin bagi sebagian orang hingga detik ini masih ada yang belum Read more

7 Cara Mengamankan Gmail agar Tidak Dihapus Google
Cara Mengamankan Gmail

Cara Mengamankan Gmail - Gmail, layanan email populer dari Google, adalah alat komunikasi yang penting bagi banyak dari kita. Namun, Read more