burung-anis-kembang

Mengenal Jenis Burung Anis Kembang (Makanan Harga dan Suara)

OmKicau.id – Ada beragam jenis burung yang bisa dijadikan peliharaan di rumah anda. Bagi anda yang ingin memiliki burung gacor yang bagus, anda bisa mencoba untuk memelihara burung anis yang memiliki suara khas.

Burung jenis ini banyak disukai oleh para pecinta burung dan paling dipelihara oleh pecinta burung kicau. Untuk itu mari simak jenis burung anis kembang beserta makanan dan harga berikut.

Tipe Burung Anis yang Wajib Anda Tahu

Anis merah merupakan salah satu jenis burung yang paling terkenal dikalangan burung anis lainnya. Hal ini karena burung ini memiliki keistimewaan yang berbeda dengan jenis burung merah ini.

Kicauan yang dimiliki burung ini terbilang merdu dan ditambah variasi gaya teler pada waktu berkicau. Spesies ini dibagi ini sudah tersebar di beberapa wilayah Asia dan terdiri dari 11 subspecies.

Sementara itu ada juga burung anis jenis Siberia yang juga banyak diminati oleh kalangan pecinta burung. Anis Siberia memiliki postur tubuh yang besar serta bulu berwarna hitam. Namun dengan tubuh bongsornya, jenis Siberia ini mampu mengeluarkan berbagai macam suara kicauan yang merdu. Gaya berkicau yang dimiliki juga unik yaitu berkicau dengan setengah teler, artinya menoleh ke kanan serta kekiri.

burung-anis

Selanjutnya ada jenis burung anis kembang yang digandrungi oleh para kicau mania di nusantara. Sebagai salah satu burung kicau yang dipelihara, penting bagi anda untuk bsia membedakan jenis kelamin jantan dan betina. Bagi anda pecinta burung yang sudah senior, sudah tentu anda bisa membedakan burung jenis kembang yang jantan dan betina.

Untuk membedakan burung jantan dan betina bukanlah perkara yang sulit. Burung ini adalah salah satu jenis burung dimorfik yang artinya jenis kelamin jantan dan betina hampir serupa. Anda bisa melihat mata burung anis jenis kembang untuk bia membedakan. Mata burung jantan akan sedikit lebih menonjol dan melotot dibandingkan jenis betina yang lebih datar.

Baca Selengkapnya :  Tips Cara Merawat Burung Anis Kembang Agar Rajin Berkicau

Sementara itu untuk burung jantan terdapat bulu berwarna gelap hitam atau abu abu yang berlekuk leku seperti awan mendung. Untuk kembang betina akan memiliki satu warna yaitu putih terang datau juga bisa putih keruh.

Bulu burung jantan juga akan terlihat lebih mengkilat dan kontras dibandingkan burung betina yang memiliki warna bulu lebih pudar dan tidak mengkilap.  Ciri lainya adalah kaki burung anis kembang jantan akan terlihat lebih rapat daripada anis betina yang terlihat lebih renggang dan sedikit menunduk.

Apabila burung jantan sedang birahi, ia akan menunjukkan perilaku menggoda seperti menanduk seperti menyundul-nyundul sambil berkicau jika didekatkan dengan jenis kembang betina.

Jika diperhatikan lebih jelas, jenis kembang betina akan melakukan gerakan menggoda juga jika sedang birahi. Jenis ini akan berkicau menggoda atau merespon godaan dari jantan tersebut. hal ini dilakukan dengan membuka dan menutup sayap si betina. Hal ini dilakukan untuk memberikan kode kepada jantan, bahwa si betina juga tertarik.

Ada juga jenis burung anis kuning yang memiliki suara gacor yang terdengar merdu dan gaya bertarungnya yang unik. Jika diperhatikan dengan seksama, burung ini memiliki warna putih pada bagian kepala diatas bagian mata.

Habitat asli burung ini adalah di wilayah Mongolia, Amurland dan Siberia. Pada waktu musim kawin, umumnya burung ini akan berimigrasi ke wilayah Asia Tenggara.

Jenis Pakan Untuk Burung Anis Jenis Kembang

Burung anis kembang memiliki kicauan yang sangat indah dan gacor saat pertandingan. Untuk bisa mempertahankan suara kicauan burung, anda harus memperhatikan makanan harian yang harus dikonsumsi. Dengan memberikan pakan yang tepat, burung akan memiliki suara gacor yang merdu dan bisa menang dalam kontes burung.

Baca Selengkapnya :  Ciri Burung Kutilang Emas (Makanan, Mitos, Dan Suara)

gambar-anis-kembang

Sama dengan burung jenis lainya, anda bisa memberikan beberapa pakan burung. Anis jenis kembang bisa diberi pakan voer yang merupakan pakan utama burung. Selalu pastikan untuk selalu memberikan pakan yang memiliki kadar protein 12 hingga 18 persen. Selain itu juga selalu pastikan untuk mengganti voer setiap dua kali dalam sehari.

Anda juga bisa memberikan burung ini dengan supan buah buahan segar untuk menambah gacor sang burung. Hal ini karena pada habistat aslinya burung ini sangat menyukai pakan yang berasal dari buah buahan segar. Beberapa jenis buah yang baik dan disukai oleh burung ini adalah buah papaya, pisang kapok putih, tomat dan jensi buah segar lainya.

Ada baiknya anda juga memberikan ektra fooding untuk membuat burung lebih gacor dor lagi. Anda bisa memberikan jenis pakan tambahan seperti jangkrik, kroto, cacing, ulat hongkong, belalang, orong orong, ulat bumbu, kelabang dan jenis serangga lain atau hewan kecil. Pemberian ektra fooding ini sebaiknay tidak dilakukan dengan frekuensi yang cukup sering.

Penting bagi anda untuk selalu menentukan jadwal makan burung anis kembang seperti pemberian cacing yang diberikan 2 ekor setiap 3 kali dalam seminggu. Sementara untuk pemberian buah, anda bisa memberikanya secara rutin dari hari senin sampai jumat dengan papaya. Namun di hari sabtu dan minggu dapat diberikan buah apel atau pisang kepok.

Anda juga perlu memperhatikan multivitamin tambahan untuk merawat kekebalan tubuh sang burung. Berikan multivitamin tambahan yang dicampur pada air minum burung. Lakukan pemberian vitamin ini selama seminggu sekali saja. Sebaiknya anda juga memberikan pakan burung lebih bervariasi dan selalu pastikan untuk memberikan pakan yang kaya akan nutrisi, protein, vitamin dan mineral.

Baca Selengkapnya :  6 Macam Makanan Burung Kolibri Yang Memiliki Kualitas Terbaik

Harga Burung Anis Jenis Kembang di Pasaran

Untuk bisa memlihara burung anis jenis kembang ini anda bisa membelinya di pasar burung terdekat. Harga yang diberikan beragam tergantung dari jenis kemampaun yang dimiliki oleh sang burung.

Untuk burung anis jenis kembang gacor akan dipatok berkisar dari harga 1.5 juta hingga 2 juta rupiah. Sementara untuk jenis kembang Bakalan akan dipatok dengan ksiaran harga dari 700 ribu rupiah hingga 750 ribu rupiah.

Berbeda dengan jenis kembang trotolan yang dipatok dengan harga berkisar 800 ribu rupiah hingga 850 ribu rupiah. Selain itu untuk jenis burung kembang ngriwik akan dibandrol dengan harga 850 ribu rupiah hingga 900 ribu rupiah.

Namun harga ini masih berbeda di setiap penjual burung tergantung perawatan yang diberikan pada burung tersebut.

Kunci utama keberhasilan untuk merawat jenis burung kembang ini adalah kemampuan anda untuk bisa menjaga kesehatan, baik kesehatan fisik maupun mental burung kicau itu sendiri. Anda harus memastikan untuk memberikan vitamin yang cukup, mineral dan protein serta beragam kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh burung anis kembang.

Itulah beberapa informasi mengenai ulasan burung anis jenis kembang yang perlu anda tahu. Untuk bisa memelihara burung ini, anda harus tahu karaktersitik burung dan makanan yang dibutuhkan.

Sehingga burung ini akan memiliki suara yang gacor dan menang dalam kontes kicau burung. Selalu perhatikan cara perawatan burung yang tepat dan perhatikan kebersihan sangkar burung agar burung bisa menghasilkan suara gacor.