Mengenal Lebih Dekat Tanaman Lidah Mertua

Tanaman Lidah Mertua atau dalam bahasa Latin disebut Sansevieria trifasciata, adalah salah satu tanaman hias yang cukup populer di Indonesia. Selain dikenal sebagai tanaman yang mudah tumbuh dan merawat, lidah mertua juga memiliki beragam manfaat kesehatan dan keindahan yang tak kalah menarik untuk diketahui.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lebih detail mengenai tanaman lidah mertua, dari sejarah hingga manfaatnya. Sehingga kalian harus membaca artikelnya sampai habis terutama bagi kalian para pemula yang ingin mengenal tanaman yang satu ini.

Tanaman Lidah Mertua

Sejarah Tanaman Lidah Mertua

Lidah mertua merupakan tanaman asli Afrika bagian barat, dan telah dibawa ke Eropa pada abad ke-18 sebagai tanaman hias. Kemudian, pada abad ke-20, tanaman ini diperkenalkan ke Asia dan menjadi sangat populer sebagai tanaman indoor karena keindahannya dan kemampuannya untuk membersihkan udara.

Deskripsi Lidah Mertua

Lidah mertua memiliki daun berbentuk pedang yang tebal dan tegak, dan dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 1 meter. Daunnya berwarna hijau tua dengan garis-garis putih atau kuning pucat yang membentang di sepanjang tepinya. Selain itu, tanaman ini memiliki akar yang kuat dan dapat menyebar dengan cepat.

Tumbuh dan Merawat Lidah Mertua

Lidah mertua termasuk tanaman yang mudah tumbuh dan merawat. Tanaman ini dapat ditanam di pot atau langsung di tanah dengan media tanam yang berpori dan cukup lembab. Lidah mertua lebih suka ditempatkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung, namun juga dapat tumbuh di tempat yang teduh. Selain itu, lidah mertua tidak memerlukan banyak air dan dapat bertahan dalam kondisi kekeringan.

Manfaat Lidah Mertua

Manfaat Lidah Mertua

Lidah mertua tidak hanya indah untuk dilihat, tetapi juga memiliki beragam manfaat kesehatan dan lingkungan, di antaranya:

1. Membersihkan Udara

Lidah mertua dapat membersihkan udara dari polusi udara dan gas beracun seperti formaldehida, xylene, dan toluene.

2. Menyegarkan Udara

Selain membersihkan udara, lidah mertua juga dapat menyegarkan udara di dalam ruangan karena kemampuannya untuk memproduksi oksigen di malam hari.

3. Meningkatkan Kualitas Udara

Lidah mertua dapat meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan karena kemampuannya untuk menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen.

4. Menyembuhkan Sakit Kepala

Daun lidah mertua yang dihancurkan dan diperas dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan sakit kepala.

5. Menyembuhkan Batuk

Daun lidah mertua yang dihancurkan dan diperas juga dapat digunakan sebagai obat pereda batuk dan menghilangkan rasa gatal pada tenggorokan kalian.

6. Meningkatkan Kesehatan Mata

Menurut beberapa penelitian, lidah mertua dapat membantu meningkatkan kesehatan mata karena dapat mengurangi radiasi elektromagnetik dari layar komputer.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Lidah mertua dapat membantu meningkatkan kualitas tidur karena kemampuannya untuk meningkatkan kadar oksigen di dalam ruangan.

8. Memperindah Ruangan

Lidah mertua adalah tanaman hias yang indah dan elegan sehingga dapat memperindah ruangan di mana pun ditempatkan.

Cara Penggunaan Lidah Mertua

Lidah mertua dapat digunakan sebagai tanaman hias indoor, baik di dalam pot maupun langsung ditanam di tanah. Selain itu, daun lidah mertua yang sudah kering dapat dijadikan bahan kerajinan tangan seperti anyaman dan topi.

Kesimpulan

Lidah mertua adalah tanaman hias yang mudah tumbuh dan merawat dengan beragam manfaat kesehatan dan lingkungan. Tanaman ini dapat digunakan untuk memperindah ruangan, membersihkan udara, meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan kesehatan mata, dan mengobati sakit kepala dan batuk.

FAQs

1. Apakah lidah mertua cocok ditanam di luar ruangan?
Jawaban: Lidah mertua lebih cocok ditanam di dalam ruangan karena lebih suka ditempatkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

2. Berapa sering harus menyiram lidah mertua?
Jawaban: Lidah mertua tidak memerlukan banyak air dan dapat bertahan dalam kondisi kekeringan. Disarankan untuk menyiramnya setiap 2-3 minggu sekali.

3. Apakah lidah mertua beracun?
Jawaban: Lidah mertua mengandung senyawa saponin yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan saluran pencernaan jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Namun, tanaman ini tidak berbahaya jika dijaga dengan baik dan tidak dimakan.

4. Bagaimana cara memangkas lidah mertua?
Jawaban: Memangkas lidah mertua hanya diperlukan jika daunnya sudah terlalu panjang dan membutuhkan peremajaan. Gunakan gunting tajam dan pastikan untuk tidak memotong terlalu dekat dengan akarnya.

5. Apakah lidah mertua cocok untuk dijadikan hadiah?
Jawaban: Lidah mertua adalah pilihan hadiah yang baik untuk orang yang suka berkebun atau yang mencari tanaman hias yang mudah tumbuh dan merawat.

Related Posts
Pengertian Wiraswasta
Pengertian Wiraswasta

Kewirausahaan, atau yang lebih dikenal dengan istilah wiraswasta, merupakan salah satu bentuk aktivitas ekonomi yang kian mendapatkan perhatian di era Read more

Anoboy APK adalah Surga Bagi Para Pecinta Anime
Anoboy APK

Anoboy APK - Apakah Anda seorang pecinta anime? Jika ya, maka Anda mungkin sudah menemukan surga bagi diri Anda di Read more