perawatan-burung-cucak ijo

Rahasia Perawatan Burung Cucak Ijo Agar Gacor Dor

Halo sobat kicau mania, apa kabarnya semua , masih tetap bersama kami disni, di website resmi OmKicau.ID yang selalu udpate informasi tentang burung kicau, pada kesempatan kali ini kami akan membahas cara perawatan burung cucak ijo agar gacor hariannya.

Memang tidak semudah dibayangkan bagi anda yang masih pemula, jika merawat burung jenis cucak ijo yang memiliki bulu yang berwarna unik mendominasi hijau daun dengan warna hitam pada area wajahnya seperti halnya memakai topeng. Cucak ijo ini yang dikenal sebagai burung semi fighter dan sebagai burung pemakan buah dan serangga.

Banyak dari sobat kicau mania yang mengeluh dan sering menghadapi permasalahan dalam merawat burung cucak ijonya yang sangat sulit untuk digacorkan atau kurang gacor dan bagaimana cara perawatan yang tepat untuk membuat si burung ini bisa gacor ?. Nah disini akan kita bahas perawatan cucak ijo harian secara lengkap padat dan jelas yang bisa temen-temen lihat selengkapnya dibawah ini :

Perlakuan-Awal-Dan-Adaptasi

Kiat Mudah Merawat Burung CuCak Ijo Agar Rajin Berkicau


Perlakuan Awal Dan Adaptasi

Jika temen-temen baru saja membeli atau mendapatkan burung cucak ijo, baik yang masih bakalan muda, ataupun yang sudah dewasa mapan sekalipun, tentu harus diperlakukan di awal dengan tepat agar si burung merasa nyaman dan mudah dapat beradaptasi dengan cepat.

Jangan terburu-buru untuk memberikan rawatan harian atau langsung menggantung burung di sembarang tempat, baiknya dikerodonglah terlebih dahulu ditempatkan ditempat yang nyaman, sejuk dan aman dari gangguan hewan predator berbahaya lainnya.

Baca Selengkapnya :  Cara Merawat Burung Tledekan Biar Cepet Gacor

Biarkan sampai satu hari penuh, akan tetapi disediakan juga makanan berupa voer atau pisang di dalam sangkarnya, nah jika sudah terdengar suara kicauannya di dalam sangkar yang dikerodong, menandakan bahwa burung sudah nyaman dan beradaptasi dengan baik, serta ke esokan harinya anda dapat melakukan perawatan harian biasa pada umumnya.

Pengembunan

Untuk melakukan pengembunan terhadap burung cucak ijo, dipastikan burung harus terlihat sehat, gesit dan lincah, tidak disarankan untuk mengembun burung cucak ijo ini ketika kondisinya sedang sakit, lesu dan lemas ya, karena jika dipaksakan untuk mengembunkannya akan malahan tambah berakibat buruk yang nantinya burung bisa tambah drop dan bisa mati kedinginan lagi.

Karena sifat pengembunan sebagai mendinginkan suhu tubuh yang tidak stabil antara birahi dan emosi, merileksasi pernafasan agar bisa memiliki suara yang jernih dengan vokal yang kencang dan merangsang si burung untuk berkicau dipagi hari. Lakukanlah secara rutin pengembunan yang banyak manfaat yang didapat oleh burung cucak ijo ini, keluarkanlah burung sekitar pukul : 04.00 WIB sampai pukul 07.WIB.

Mandi-Dan-Penjemuran

Mandi Dan Penjemuran

Setelah melakukan pengembunan, baiknya dimandikan terlebih dahulu sebelum burung dijemur, cara memandikan yang tepat semprotlah burung menggunakan sprayer semprotan secara halus sampai bulu burung terlihat basah, atau bisa juga anda mengguanakn shampo khusus untuk bulu burung agar terhindar dari gangguan kutu yang dapat merusak bulunya, gunakan shampo anti kutu maksimal 2 minggu sekali saja.

Karena sifat dari mandi ini adalah meredam birahi, jangan setiap hari memandikan burung cucak ijo ini, boleh anda memandikannya cukup 3 hari sekali, setelah burung dimandikan tunggu beberapa menit sampai bulu terlihat kering, baru boleh dijemur.

Baca Selengkapnya :  Mengenal Jenis Murai Batu Yang Ada Di Indonesia

Karakter burung cucak ijo ini sangat senang dijemur dan tahan oleh panas matahari, maksimal penjemuran bisa mencapai 2 – 3 jam perharinya. batas waktu jangan melebihi pukul 12 siang ya, karena matahari yang terlalu siang juga kurang bagus efeknya bagi semua jenis burung.

Pemberian Pakan

Dalam memberikan makanan harian yang wajib diberikan adalah buah-buahan segar seperti : pepaya, pisan kepok, apel merah. Cukup ketiga jenis buah itu saja yang diberikan, jangan terlalu banyak memberikan buah yang bervariasi terlalu berlebihan, yang dapat membuat birahi burung tidak karu-karuan dan labil tidak stabil birahi serta emosi fighternya.

Pemberian buah bisa diselang-seling misalnya hari senin sampai kamis diberikan buah pepaya manis yang sudah matang, di hari jum’at – sabtu boleh dikasih pisang kepok dan hari minggunya menu buah apel merah.

Untuk pemberian EF serangga pakan tambahan jangrkik setiap habis mandi berikanlah dengan porsi 3 ekor pagi dan 3 ekor sore hari. Untuk kroto cukup diberikan 1 minggu sekali saja. Harus konsisten dalam memberikan asupan pakan harian yang sudah di jadwalkan setiap harinya agar dapat dengan mudah menemukan titik birahi kegacoran si burung tersebut.

Pemberian-Pakan

Pengkerodongan Dan Pemasteran

Anda merawat burung apapun khususnya untuk burung cucak ijo, harus dan wajib memiliki kerodong yang baik dan sesuai dengan ukuran sangkar agar mendapatkan kenyamanan bagi burung kesayangan anda sendiri, pengkrodongan ini memiliki banyak fungsi.

Tidak hanya untuk mengkerodong burung yang sedang mabung saja, melainkan burung harus rutin dikerodong setiap malam harinya agar bisa beristirahat dengan tenang tidak mudah terganggu dengan lingkungan sekitarnya.

Disaat malam hari kandang cucak ijo ini sedang dikerodong agar mendapatkan hasil yang maksimal, anda juga harus memperdengarkan suara masteran menggunakan audio mp3 suara crecetan asli cucak ijo yang sudah mapan, ataupun isian materi burung-burung kecil ocehan lainnya seperti, kolibri, pleci, ciblek, trucukan, cucak jenggot, kapas tembak yang bertujuan untuk menambahkan variasi suara kicauaannya.

Baca Selengkapnya :  Tips Memilih Sangkar Burung Kicau

Burung cucak ijo ini memiliki daya tangkap yang sangat cepat, dan mudah sekali untuk menirukan suara masteran materi yang anda berikan setiap harinya, namun kelemahannya juga burung ini mudah lupa pikun dengan suara masteran kicau yang dimilikinya, jadi anda harus rutin setiap hari memaster burung cucak ijo ini agar memiliki materi yang permanen dan mendapatkan hasil yang terbaik ketika burung ditrek dengan sesama jenisnya.

Demikian informasi perawatan burung cucak ijo yang dapat kami sampaikan berdasarkan para pengalaman cucak ijo mania di indonesia, semoga dapat bermanfaat bagi temen-temen kicau mania semua. Terima kasih.

Baca juga : Suara Cucak Ijo Ngetrok Mewah Beserta Harganya