Mengenal Tanaman Fishbone Cactus dan Perawatannya

Mengenal Tanaman Fishbone Cactus dan Perawatannya – Di rumah saya, tidak ada tanaman hias yang menimbulkan lebih banyak pertanyaan selain kaktus tulang ikan. Penampilannya yang funky dan kebiasaan pertumbuhannya yang unik menjadikannya tempat kebanggaan di rak tanaman saya.

Kaktus sukulen yang menarik ini menyandang nama ilmiah Epiphyllum anguliger (terkadang juga Selenicereus anthonyanus) dan berasal dari hutan hujan tropis Meksiko. Ya, Anda membacanya kan – kaktus yang tumbuh subur di hutan hujan (ada yang lain juga!).

Pada artikel ini, saya akan membagikan semua rahasia menumbuhkan kaktus tulang ikan dan cara membantu tanaman Anda tumbuh subur. Jadi pastikan sister semua membaca artikel ini sampai habis yah, jangan lupa share ke teman-teman kalian juga.

Mengenal Tanaman Fishbone Cactus dan Perawatannya

Apa itu kaktus tulang ikan?

Meskipun kaktus tulang ikan adalah nama umum yang paling banyak digunakan, tanaman ini memiliki nama lain, termasuk kaktus ric rac dan kaktus zig zag. Segera setelah Anda melihat daunnya (yang sebenarnya adalah batang pipih), Anda akan tahu bagaimana tanaman itu mendapatkan nama umum ini.

Beberapa penanam juga menyebutnya kaktus anggrek, nama yang sangat masuk akal saat tanaman sedang mekar. Bunga selebar 4 hingga 6 inci yang menakjubkan yang kadang-kadang dihasilkannya adalah anggrek ungu / merah muda hingga putih, berkelopak banyak, dan masing-masing hanya tetap terbuka untuk satu malam sebelum memudar saat kedatangan pagi.

Karena itu, saya tidak menanam kaktus tulang ikan karena bunganya yang tidak dapat diprediksi; Saya menanamnya untuk daunnya, yang menurut saya, adalah bintang yang nyata dan dapat diandalkan. Mereka memiliki margin bergelombang dengan lobus yang membuat mereka terlihat seperti tulang ikan.

Di habitat aslinya, kaktus tulang ikan merupakan tumbuhan merambat yang batangnya merambat di atas batang pohon. Setiap daun dapat tumbuh sepanjang 8 hingga 12 kaki jika kondisinya tepat. Tumbuhan ini menghasilkan akar udara di bagian bawah batangnya yang memungkinkannya menempel di pohon yang dipanjatnya.

Sebagai tanaman hias, kaktus zig zag paling sering ditanam di keranjang gantung atau di pot yang ditinggikan di rak tanaman atau tegakan tanaman sehingga batang yang rata dapat menjuntai ke bawah di tepinya. Namun, jika Anda ingin melatihnya untuk tumbuh ke atas, Anda dapat melilitkan batang panjang ke teralis, tiang lumut, atau struktur panjat vertikal lainnya.

Seberapa kuat kaktus tulang ikan?

Kaktus sukulen ini adalah pecinta cuaca tropis yang hangat dan tidak mentolerir embun beku. Jika Anda tinggal di iklim tropis yang hangat, Anda bisa menanamnya di luar ruangan sepanjang tahun. Tetapi di lokasi di mana suhu turun di bawah 40°F, tumbuhkan sebagai tanaman hias.

Anda dapat memindahkan tanaman ke luar ruangan di musim panas jika Anda mau, tetapi segera pindahkan kembali ke dalam ruangan di akhir musim panas, saat musim gugur sudah dekat. Kaktus ric rac tumbuh subur di lingkungan lembab dan lembab yang tidak menerima terlalu banyak sinar matahari.

Jadi, jika Anda menanamnya di luar ruangan, pilihlah lokasi yang teduh, mungkin di bawah tanah. Lokasi yang sedikit lebih terang adalah yang terbaik jika Anda ingin melihat bunga, tetapi jika Anda menanamnya terutama untuk dedaunan yang funky, naungan belang-belang dengan cahaya tidak langsung adalah yang terbaik.

Cahaya terbaik untuk kaktus tulang ikan di dalam ruangan

Saat menanam kaktus tulang ikan sebagai tanaman hias, hindari sinar matahari langsung. Jika matahari terlalu terik dan menerima terlalu banyak sinar matahari, daun akan memutih dan warnanya menjadi pucat. Sebaliknya, pilih lokasi dengan cahaya tidak langsung semi-terang selama beberapa jam di pagi atau sore/sore hari.

Jenis tanah apa yang digunakan untuk menanam kaktus tulang ikan

Secara botani, kaktus tulang ikan adalah spesies kaktus epifit yang biasanya tumbuh di pohon, berlabuh di lekukan cabang pohon, bukan di tanah. Namun, di rumah kami, kami menanamnya di pot tanah (kecuali jika Anda memiliki pohon yang tumbuh di rumah Anda!). Ric rac cacti tumbuh dengan baik dalam campuran pot standar atau di kulit kayu anggrek.

Milik saya tumbuh dalam campuran kompos dan campuran pot khusus kaktus. Karena ini adalah kaktus tropis yang tumbuh di pepohonan, campuran pot khusus kaktus yang beratnya batu apung saja bukanlah pilihan yang baik. Itu sebabnya saya mengubahnya dengan kompos (dengan rasio masing-masing setengah). Kaktus tulang ikan membutuhkan tanah yang tetap lembap lebih lama, daripada tanah yang cepat kering seperti campuran kaktus biasa.

Saat merepoting atau mencangkok kaktus sukulen ini, pilihlah ukuran pot yang berukuran 1 hingga 2 inci lebih besar dari pot sebelumnya untuk mengakomodasi pertumbuhan akar tambahan. Ini harus dilakukan setiap 3 hingga 4 tahun, atau setiap kali tanaman tumbuh melebihi pot yang ada.

Cara menyiram kaktus ric rac

Menyiram tanaman hias ini sangat mudah. Pastikan pot memiliki lubang drainase di bagian bawah, sehingga akar tidak terendam air dan menyebabkan busuk akar. Tepat sebelum tanah benar-benar kering (masukkan jari Anda ke sana dan periksa, konyol!),

Bawa panci ke bak cuci dan alirkan air keran hangat ke dalamnya selama beberapa menit. Biarkan air mengalir dengan bebas keluar dari lubang drainase. Saya tahu panci saya telah disiram secara menyeluruh saat saya mengangkat panci dan rasanya sedikit lebih berat daripada saat pertama kali memasukkan panci ke bak cuci.

Biarkan tanaman duduk di bak cuci sampai selesai dikeringkan dan kemudian pajang kembali. Itu dia. Tidak bisa jauh lebih sederhana dari itu. Seberapa sering Anda harus menyirami kaktus tulang ikan Anda? Nah, di rumah saya, saya menyiram kira-kira setiap 10 hari sekali. Kadang lebih, kadang kurang.

Satu-satunya saat yang mutlak harus dilakukan adalah jika daun mulai mengerut dan melunak yang merupakan tanda pasti tanah sudah terlalu kering terlalu lama. Jika tidak, lakukan tes tempelkan jari Anda di tanah setiap minggu atau lebih dan periksa.

Baiklah sister, itulah tadi bagaimana setelah mengenal tanaman fishbone cactus dan perawatannya semoga informasi ini berguna bagi kalian semua. Sampai jumpa pada postingan artikel berikutnya dan kami ucapkan terimakasih banyak.

Related Posts
10 Aplikasi Penghasil Pulsa Tanpa Undang Teman Terbaru 2023
Aplikasi Penghasil Pulsa

Halo sobat online semua kali ini kami akan share info seputar aplikasi penghasil pulsa nah bagi temen-temen yg ingin mendapatkan Read more

Menggali Kreativitas dengan Contoh Majas Personifikasi dalam Karya Sastra
Contoh Majas Personifikasi

Contoh Majas Personifikasi : Dalam dunia sastra, majas personifikasi menjadi salah satu elemen yang memperkaya keindahan bahasa. Majas ini memberikan Read more