Mengenal Ikan Louhan yang Sempat Menjadi Idola

Ikan Louhan – Flowerhorn cichlid atau yang sangat familiar dengan ikan louhan adalah ikan air tawar yang sangat unik yang semakin populer di kalangan komunitas aquarist. Kombinasi warna dan polanya yang cerah dengan punuk yang terlihat berarti mereka adalah ikan yang menonjol di tengah keramaian. Ikan louhan juga berukuran cukup besar, sehingga semakin sulit untuk dilewatkan!

Jika Anda mencari ikan besar yang dapat memecahkan jamur dari banyak pilihan akuarium populer lainnya, louhan bisa jadi adalah yang Anda cari. Dalam panduan baru ini, Anda akan mempelajari semua yang perlu Anda ketahui tentang perawatan flowerhorn cichlid.

Trik dengan ikan ini adalah mengatur ukuran dan potensi agresinya, dan itu adalah sesuatu yang akan kami ulas secara panjang lebar. Pada saat Anda selesai membaca ini, Anda akan benar-benar siap untuk memilikinya sendiri!

Ikan Louhan

Ringkasan Spesies Ikan Louhan

Flowerhorn cichlid adalah ikan yang tidak ada secara alami di alam liar. Ini karena ikan ini telah dibesarkan sepenuhnya di penangkaran selama bertahun-tahun. Contoh pertama ini terjadi di Thailand, Taiwan, dan Malaysia. Lama kelamaan minat terhadap ikan ini menyebar ke bagian lain Asia, Amerika Tengah, dan akhirnya Amerika Serikat dan Eropa.

Cichlid louhan apa pun yang dapat ditemukan di alam liar tidak dimaksudkan untuk berada di sana. Mereka adalah ikan yang telah dilepaskan oleh manusia ke alam liar dan dengan cepat menjadi spesies invasif di sejumlah negara.

Meski demikian, permintaan ikan ini masih cukup tinggi di seluruh dunia. Ikan ini secara konsisten mendapat harga tinggi dari peternak dan minat tampaknya tidak akan berkurang dalam waktu dekat.

ikan louhan harga

Masa hidup Rata-rata Ikan Louhan

Umur rata-rata cichlid louhan adalah 11-12 tahun. Ini adalah jangka waktu yang cukup lama dan itu pasti sesuatu yang perlu dipertimbangkan sebelum membelinya. Jika Anda merawatnya, kemungkinan besar Anda akan memilikinya untuk sementara waktu!

Umur mereka dapat berubah secara signifikan tergantung pada kualitas perawatan yang Anda berikan dan seberapa cocok kondisi tangki mereka. Secara keseluruhan, ikan ini tidak terlalu sulit untuk dirawat selama Anda mengelola potensi agresinya.

Ciri-ciri Fisik Flowerhorn cichlid

Hal pertama yang akan Anda perhatikan tentang ikan air tawar berwarna-warni ini adalah punuk di kepalanya (terutama pada ikan jantan). Ini disebut punuk nuchal atau kok dan dapat mengembang atau menyusut dalam rentang beberapa hari tergantung situasinya.

Ikan lainnya sedikit lebih standar, tetapi tetap unik dalam banyak hal. Bentuk tubuhnya panjang, tinggi, dan kurus dengan penampilan yang relatif simetris.

Sebagian besar sirip punggungnya cocok dengan sirip duburnya dan dimulai sekitar dua pertiga bagian belakang tubuh ikan.

Kedua sirip ini menjulur ke belakang dan benar-benar mengerdilkan sirip ekornya yang agak gemuk jika dibandingkan. Di ujung sirip punggung dan duburnya, Anda juga akan menemukan untaian jaringan tipis yang panjang. Flowerhorn cichlids memiliki area “dagu” kental yang mengarah langsung ke sirip perutnya. Sirip perut cukup tipis dan mulai sepertiga dari tubuh mereka.

Ikan ini memiliki mata yang agak menonjol di kepala mereka. Anda pasti akan mendapat kesan bahwa mereka sedang mempelajari Anda dan mencoba mencari tahu Anda. Ikan louhan jantan memiliki bibir yang sangat menonjol yang benar-benar memberi mereka wajah yang ekspresif. Inilah salah satu alasan mengapa mereka menjadi sangat populer saat pertama kali dibiakkan. Muka dan punuk memberikan tampilan yang cukup unik pada tangki Anda!

Ukuran

Flowerhorn cichlid dapat tumbuh dengan panjang antara 12 hingga 16 inci (Kamfa berada di ujung yang lebih besar). Laki-laki biasanya lebih besar dari louhan betina dan akan sedikit lebih berat juga.

Anda perlu mengetahui ukuran ikan akuarium ini saat merencanakan penyiapan akuariumnya. Ini tidak hanya berarti Anda membutuhkan lebih banyak ruang untuk mereka, tetapi juga memengaruhi segalanya, mulai dari memberi makan hingga teman seakuarium.

Perawatan Flowerhorn Cichlid

Dalam hal menyediakan tangki yang cocok, perawatan louhan cichlid tidak terlalu menantang. Selama Anda memberi mereka jumlah ruang yang sesuai dan memastikan kondisi air stabil, Anda akan baik-baik saja.

Ukuran Tangki

Ukuran tangki minimum yang disarankan untuk satu ikan louhan cichlid adalah 70 galon. Jika Anda mencari ikan air tawar yang muat di akuarium berukuran sedang, ini bukan ikan yang cocok untuk Anda. Jika Anda ingin memelihara dua ikan louhan di akuarium yang sama, tambahkan setidaknya 70 galon lagi ke jumlah minimum itu jika Anda ingin mereka berkembang biak.

Alasan lain mengapa Anda perlu menyediakan ruang yang cukup adalah demi pengayaan dan kenyamanan. Ikan ini suka berkeliaran dan akan sering berlari dengan lembut namun stabil di sekitar tangki Anda. Memberi mereka sedikit ruang ekstra bisa sangat membantu memastikan mereka bisa berputar dengan nyaman di dalam tangki.

Parameter Air

Mempertahankan kadar air yang tepat sangat penting dalam hal perawatan flowerhorn cichlid. Ini akan membantu mereka berkembang dan menghindari banyak penyakit umum yang berasal dari kualitas air yang rendah. Banyak parameter yang direkomendasikan sesuai dengan cetakan ikan tropis standar.

Suhu air: 80°F hingga 86°F
tingkat pH: Ikan ini cenderung melakukan yang terbaik dalam kisaran pH 7-8
Kekerasan air: 8-20 dGH

Oke guys itulah tadi ulasan lengkap tentang salah satu jenis ikan hias air tawar yang sempat menjadi primadona bahkan di semua kalangan dengan harga yang bervariasi yakni ikan louhan semoga bermanfaat bagi kalian bagaimana apakah kalian masih memeliharanya? atau mulai tertarik untuk memilikinya kembali?

Related Posts
Pengertian Demokrasi Liberal: Landasan Pilar Kebebasan dan Keadilan
Pengertian Demokrasi Liberal

Pengertian Demokrasi Liberal: Demokrasi liberal merupakan bentuk sistem pemerintahan yang memberikan fokus pada prinsip-prinsip kebebasan individu, hak asasi manusia, dan Read more

Referensi 10 Merk Makanan Ikan Hias Terbaik
Makanan Ikan Hias

Makanan Ikan Hias - Semenjak periode wabah Covid-19 masuk ke negara kita rupanya tidak membuat beberapa penjual ikan hias kehilangan Read more