Rahasia Jamu Agar Merpati Turun Kencang

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

4.5/5 - (2 votes)

Jamu Agar Merpati Turun Kencang – Meskipun bukan termasuk burung kicau, burung merpati ini banyak diminati sebagai burung lomba mulai dari lomba balap dan lomba kolongan. Untuk membuatnya menjadi juara tentunya

banyak yang harus kalian perhatikan mulai dari memilih burung merpati yang bagus, melakukan perawatan terbaik supaya stamina dan speed burung terjaga serta yang menjadi rahasia ialah ramuan jamu supaya menambah speed burung.

rempah-rempah-untuk-membuat-jamu-merpati

Nah, dari pada kalian semakin penasaran pastikan kalian membaca artikel ini sampai habis.

Merawat Merpati Serta Jamu Rahasia Supaya Turun Kencang

Memilih Burung Merpati Yang Berpotensi

Salah satu hal terpenting guna mencetak merpati juara ialah memilih burung yang berkualitas dari segi kesehatan fisik dan mentalnya. Kesehatan fisik terlihat dari gerakannya yang lincah

serta nafsu makannya yang baik, dan juga sorot mata yang dimiliki si burung berbinar menandakan dia dalam keadaan yang sehat, sebab kalau burung tidak sehat meskipun perawatan dan jamunya bagus terasa akan tidak maksimal hasilnya.

dan ciri fisik lainnya sebagai berikut :

1. dari rongga pernafasannya dimana pada lubang hidung nya ada selaput pilih merpati berselaput tipis hal ini tentunya si dia memiliki sistem pernafasan yang bagus dan dia akan terbang tinggi.

2. Mata burung dara harus memiliki pupil yang sensitif cahaya cara memilihnya dengan menyorotnya dengan lampu ketika dihidupkan dan dimatikan lampu pupilnya akan berubah dengan cepat artinya dia memiliki sensitifitas cahaya yang bagus.

Baca Selengkapnya :  Tips Perawatan Burung Perkutut Agar Rajin Bunyi

3. Memilih burung merpati yang memiliki batok kepala yang besar, dimana menurut para ahli burung merpati menyatakan bahwa burung yang bator kepalanya besar memiliki kecerdasan yang besar pula.

4. Sayap burung merpati harus lah rapat bulunya dan juga sehat selain itu diujungnya terlihat agak lancip sehingga dia bisa terbang mengatur udara dan tekanan udara dengan baik.

jamu-stamina-merpati-kolongan

Perawatan Harian Burung Merpati

Seperti halnya burung kicau yang memerlukan perawatan harian terbaik, burung merpatipun demikian dengan tahapan perawatan yang harus teratur supaya kalian mendapatkan hasil yang maksimal.

1. Pemberian pakan : Makanan pokok harian burung merpati berupa jagung, beras merah dan kacang hijau, pastikan tidak ada kutu pada makanan itu karena penyimpanan yang terlalu lama akan dihinggapi kutu.

selain itu minuman juga harus diperhatikan dengan memberikan air bersih terlebih yang sudah dimasak dahulu, bisa juga diberikan vitamin tambahan supaya burung tidak mudah terkena penyakit.

2. Penjemuran : jemur burung dibawah sinar matahari pagi bisa kalian keluarkan saja dari kandangnya apabila burung sudah jinak, hal ini bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh burug serta memperkuat tulang-tulangnya.

karena tulang yang kuat sangat dibutuhkan burung yang dilombakan karena kepakan sayap dan gerakan kakinya harus kokoh terlebih ketika berlawanan dengan tekanan udara.

3. Latih Burung Secara Rutin : Supaya dia terbiasa dengan arena perlombaan nantinya pastikan kalian rajin melakukan latihan bisa 3 kali seminggu supaya si burung lebih berpotensi lagi.

4. Mandikan Sebelum Lomba : meskipun jarang dimandikan burung ini tidak mempengaruhi performanya namun sebelum lomba di malam harinya kalian mandikan dan gunakan shampo untuk membersihkan bulunya

karena bulunya akan semakin bersih dan juga enteng ketika dia terbang nantinya di arena perlombaan.

Baca Selengkapnya :  Harga Burung Cendet

cara-agar-merpati-turun-kencang

Ramuan Jamu Rahasia Untuk Merpati

Bahan – bahannya :

1. Madu Asli
2. Telur Bebek
3. Kunit
4. Kencur
5. Temu Kunci
6. Rumput Teki

Cara Membuatnya :

Pertama siapkan wadah untuk mencampur bahan-bahan diatas, setelah itu masukan telur bebek 3 butir ambil yang kuningnya saja. setalah itu ambil kunyit dengan panjang 1 jari telunjuk lalu dibersihkan

setelah itu haluskan, bisa dengan di tumbuk atau kalau kalian ingin yang lebih praktis gunakan kunyit bubuk seberat 10gr. selanjutnya aduk kunyit dengan telur bebek tadi sampai merata.

Masukan madu sebanyak 5 sampai 7 sendok makan kedalam campuran tadi dan aduk kembali sampai merata dan sisihkan dahulu. Selanjutnya ambil temu kunci dan rumput teki haluskan dan campurkan kembali ke

racikan sebelumnya. Setelah itu pulung racikan jamu seperti kelereng namun jangan terlalu besar supaya mudah dikonsumsi si burung, lalu jemur dibawah sinar matahari sampai kering. jamu siap diberikan.

Itulah tadi informasi jamu agar merpati turun kencang yang sudah banyak digunakan para pecinta burung merpati supaya menang lomba, selamat mencoba dan terimakasih banyak sudah membaca artikel ini.

Saat pemberian pastikan kalian meracik jamunya dengan benar dan bersih selain itu perawatan harian juga wajib dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari