Ikan Komet Panduan Perawatan Gambar dan Lainnya

Ikan Komet adalah pilihan umum untuk akuarium karena secara visual menyenangkan, mudah dipelihara, dan menyenangkan di sekitar ikan lainnya. Saat Anda memilih ikan mas, Anda membuka berbagai macam kemungkinan. Mungkin mengejutkan Anda bahwa ada lebih dari 200 ras ikan mas yang berbeda, semuanya dengan pesona dan daya tarik yang berbeda.

Ikan Komet atau betta laut (Calloplesiops altivelis) adalah spesies ikan laut tropis yang berasosiasi dengan karang dalam keluarga sirip panjang Plesiopidae, paling sering ditemukan antara kedalaman 3 dan 50 m. Ini berasal dari Samudra Indo-Pasifik. Panjangnya bisa mencapai 20 cm.[

Jadi, jika Anda mencari beberapa teman ikan mas untuk ditambahkan ke akuarium yang ada atau Anda memulai dari awal, Ikan Mas Komet yang mungil harus berada di bagian atas daftar Anda. Mari pelajari semua tentang perenang cilik ini.

Ikan Komet

Ikhtisar Ikan Mas Komet

Ikan Mas Komet adalah ikan kecil yang menarik dengan satu sirip ekor berbentuk garpu, tidak seperti kebanyakan sepupunya. Karena ekornya yang unik, mereka dinamai komet di luar angkasa. Mereka juga tidak sebesar yang lain tetapi mereka bisa mencapai sekitar 12 inci.

Banyak orang menyukai kesederhanaan memiliki Comet Goldfish. Mereka sangat mudah dirawat dan terlihat keren saat berenang. Mungkin ada beberapa masalah dengan memasangkan teman tangki karena Komet menyukai suhu yang sedikit lebih dingin.

Namun masih ada beberapa ikan yang bekerja dengan baik di samping Komet. Komet Ikan Mas melakukannya dengan sangat baik di kolam tempat mereka dapat menjelajahi ruang angkasa. Untuk menjadi ikan kecil seperti itu, mereka sangat suka memiliki banyak ruang untuk berenang semakin banyak, semakin baik.

Keindahan ini juga menarik untuk ditonton karena sangat interaktif dan waspada. Mereka akan menambahkan karakter ke kolam atau akuarium Anda memungkinkan kondisi kehidupan yang kompatibel.

ikan komet slayer

Berapa Harga Ikan Mas Komet?

Komet Ikan Mas umumnya digunakan sebagai ikan pengumpan karena ukurannya, jadi harganya mencerminkan hal itu. Sebagian besar Ikan Mas Komet harganya di bawah satu dolar per ikan banyak yang berkisar antara 0,20 hingga 0,50 sen.

Anda dapat mengisi tangki Anda dengan beberapa Comet Goldfish tetapi hati-hati memasangkannya dengan ikan yang jauh lebih besar. Ikan yang lebih besar dapat dengan mudah melihat Komet sebagai mangsa, menelannya.

Dalam arti yang sama, Komet mungkin salah mengira makhluk terima kasih yang ada sebagai makanan ringan juga. Ini berjalan dua arah. Jadi, sebelum Anda membeli beberapa Komet kecil, tanyakan pada diri Anda apakah ikan Anda yang ada akan diterima sehingga Anda tidak membuang-buang uang atau mempertaruhkan nyawa akuarium.

Perilaku & Temperamen Khas

Comet Goldfish adalah ikan yang aktif, ramah, dan sosial. Mereka kecil, tetapi mereka suka melesat di sekitar akuarium dari sudut ke sudut, terkadang secepat yang mereka bisa. Anda memerlukan tangki yang cukup besar untuk menampung energi tinggi dan kepribadian besar mereka.

Terlepas dari kecepatan dan sifatnya yang suka bermain, mereka semua sangat netral dan damai. Mereka dapat hidup berdampingan dengan baik di antara yang lain tanpa menunjukkan agresi atau perilaku teritorial.

Mereka bahkan dapat mengenali Anda dan bermain dengan Anda melalui kaca akuarium dengan mengikuti jari Anda atau melesat ke belakang tanaman untuk bermain petak umpet. Mereka sangat interaktif, baik dengan makhluk lain maupun manusia sebagian besar waktu. Meskipun mereka berbaur dengan sangat baik secara temperamen, kondisi kehidupan mereka biasanya yang membuat mereka tidak cocok dengan ikan lain bukan sifatnya.

Penampilan & Varietas

Comet Goldfish tidak sebesar beberapa varietas ikan mas lainnya dan mereka juga memiliki penampilan sendiri. Mereka memiliki banyak warna dan pola yang mirip dengan sepupu ikan mas mereka, tetapi keseluruhan tubuh dan bentuk siripnya sangat berbeda.

  • Tailfin berbentuk V tunggal – Ekor terkenal dari Comet Goldfish adalah persis bagaimana mereka mendapatkan nama mereka di tempat pertama. Ini bisa dibilang fitur mereka yang paling dikenal.
  • Punggung Berbentuk Baji – Punggung di bagian atas pendek, melengkung ke bawah pada tulang belakang.
  • Tubuh Langsing – Banyak ikan mas memiliki bagian tengah yang gemuk, tetapi tidak demikian halnya dengan C. Mereka memiliki tubuh yang kurus dan sempit.
  • Varietas Warna – Komet memiliki tubuh berwarna solid mulai dari putih hingga merah. Komet yang lebih bersemangat bisa kehilangan warna seiring bertambahnya usia atau pola makan yang buruk.
  • Varietas Berbintik – Beberapa Komet juga dapat memiliki bintik-bintik dengan warna berbeda.

Cara Merawat Ikan Mas Komet

Ukuran Tangki / Akuarium

Untuk satu Ikan Mas Komet, Anda pasti ingin memiliki setidaknya akuarium berukuran 50 galon. Anda harus menambahkan 10 hingga 12 galon ekstra per ikan tambahan. Idealnya, Komet akan paling senang berada di tangki 75 galon ke atas.

Kenyataannya, Komet akan senang berenang tanpa batas di sekitar kolam jika Anda memilikinya. Mereka adalah ikan kecil yang kuat yang dapat menahan air yang lebih dingin, yang merupakan aspek yang cocok untuk penghuni kolam.

Suhu & pH Air – Sangat penting agar air tetap dingin, jadi pastikan Anda menjauhkan tangki dari panas dan jauh dari sinar matahari langsung. Air harus tetap antara 60° dan 70° Fahrenheit dengan pH 7,0 hingga 8,4.

Substrat

Ada beberapa jenis substrat yang dapat Anda gunakan untuk Komet Anda. Pasir mendorong pencarian makan alami dan memiliki estetika yang sangat alami. Beberapa orang berpendapat bahwa pasir dapat masuk ke insangnya, menyebabkan iritasi, tetapi tidak ada bukti pasti mengenai hal ini.

Kerikil memiliki banyak pilihan warna dan dengan mudah menambatkan tanaman dan dekorasi, tetapi itu tidak selalu merupakan jenis substrat terbaik. Saat mereka makan dari bawah, mereka dapat menelan potongan yang lebih kecil, yang dapat menyebabkan penyumbatan pada saluran pencernaannya.

Tumbuhan

Tumbuhan sangat baik untuk menyaring air di dalam tangki. Beberapa tanaman yang cocok untuk akuarium Comet Goldfish adalah:

pakis jawa
lumut jawa
Tanaman bawang
Crypt
Kata-kata Amazon
Rumput bebek
Potos
Anubias

Pencahayaan

Comet Goldfish tidak membutuhkan lampu pemanas, tetapi membutuhkan siklus cahaya yang sesuai. Akuarium mereka harus meniru urutan alami siang/malam. Jadi, selalu pastikan untuk memberikan cahaya selama 12+ jam sehari, diikuti dengan kegelapan yang sesuai.

Filtrasi

Komet benar-benar harus memiliki air yang disaring dan beroksigen tinggi, jika tidak komet dapat rentan terhadap bakteri dan penyakit. Sistem penyaringan tabung biasa bekerja dengan baik dengan ikan ini, tetapi air perlu didaur ulang beberapa kali sehari agar tetap segar.

Apa yang Harus Memberi Makan Ikan Mas Komet Anda

Comet Goldfish dapat memakan berbagai makanan segar serta serpihan makanan ikan buatan pabrik. Serpihan dan pelet memiliki semua nutrisi yang dibutuhkan komet Anda termasuk dalam resepnya, jadi ini bisa berfungsi sebagai makanan sehari-hari.

Tetapi pastikan juga untuk memberi komet Anda berbagai makanan segar, matang, atau dehidrasi. Anda juga bisa memberi mereka serangga berisi usus yang bergizi seperti cacing tanah, cacing darah, dan larva. Mereka tidak akan ragu untuk melahap jajanan makanan hidup. Banyak ikan mas mati karena pemberian makan, pola makan, dan/atau ukuran porsi yang tidak tepat – yang dapat dengan mudah dicegah dengan pendidikan yang tepat.

Pembiakan

Ini bukan prestasi yang mudah untuk dicapai — membiakkan Ikan Mas Komet dalam pengaturan tangki. Anda harus memiliki faktor lingkungan yang sangat spesifik untuk keberhasilan penetasan. Membiakkan ikan mas ini jauh lebih mungkin berhasil di kolam di mana alam mengambil jalannya.

Tetapi jika Anda memutuskan untuk mencoba sebuah tangki, Komet memerlukan pemicu untuk mulai berkembang biak, yang biasanya melibatkan penurunan suhu hingga 58° Fahrenheit dan hanya 8 jam cahaya selama sebulan.

Untuk mempersiapkan perkembangbiakan yang sehat, pastikan untuk memberi mereka makanan yang substansial untuk mengimbangi dampak energi pada tubuh mereka. Sertakan makanan hidup, makanan beku, dan serpihan dan pelet standar sehingga mereka mempertahankan pola makan yang lengkap.

Setelah sebulan berlalu, naikkan kembali suhu secara perlahan hingga kira-kira 70° Fahrenheit. Anda harus melakukan ini secara perlahan, jika tidak, Anda dapat melumpuhkan atau membunuh ikan Anda. Juga, tingkatkan kembali cahaya hingga 12 jam per hari.

Setelah kondisinya tepat, pejantan harus mulai mendorong betina untuk bertelur. Mereka dapat bertelur hingga 1.000+ telur sekaligus, di mana pejantan membuahi mereka. Anda harus mengeluarkan kedua induknya sampai telur menetas antara 24 dan 48 jam kemudian.

Baiklah sobat omkicau itulah tadi ulasan lengkap mengenai ikan komet yang terkenal keunikannya sehingga menjadi salah satu ikan hias favorit untuk dimasukan kedalam akuarium. Terimakasih banyak sudah membaca artikel kami semoga bermanfaat.

Related Posts
13 Aplikasi Resep Masakan Anti Gagal Dijamin Wоrk 100%
Aplikasi Resep Masakan

Aplikasi Resep Masakan – Bаgі sebagian orang, mеmаѕаk аdаlаh hаl уаng ѕаngаt mеnуеnаngkаn. Nаmun, bаgі оrаng lain, mеmаѕаk mungkin dіаnggар Read more

10 Fakta Menarik tentang Citampi Story Mod APK
Citampi Story Mod APK

Apakah Anda seorang penggemar permainan teka-teki dan petualangan yang menarik? Jika iya, maka Citampi Story Mod APK adalah jawabannya! Dalam Read more