Mengenal Jenis Ikan Buntal Fahaka Pufferfish

Fahaka Pufferfish – Halo guys di artikel omkicau edisi hari ini kita akan mengulas tentang salah satu jenis ikan yang unik dan juga kerap dijadikan sebagai peliharaan bagi para pecinta ikan hias karena kecantikan bentuk dan keunikannya.

Ikan buntal Fahaka adalah ikan cerdas yang menjadi hewan peliharaan yang luar biasa dan bahkan dapat diajari mengambil makanan dari tangan Anda. Makhluk-makhluk ini adalah salah satu yang paling lucu dalam hobi dengan mata oranye cemerlang,

ekspresi tersenyum, dan cara berenang yang aneh dan kikuk, dan mereka adalah salah satu dari sedikit spesies ikan akuarium yang benar-benar dapat dianggap sebagai hewan peliharaan interaktif. Namun, meskipun ramah dan ingin tahu di sekitar pemeliharanya, ikan ini sangat agresif terhadap ikan dan invertebrata lain, sehingga hanya cocok untuk pengaturan spesimen tunggal.

Fahaka Pufferfish

Fakta Menarik Tentang Fahaka Pufferfish

Ikan Puffer Fahaka membawa racun tetrodotoxin. Ini adalah racun saraf yang kuat yang begitu masuk ke dalam tubuh, ia mencegah sistem saraf membawa pesan dari otak, dan menghentikan kontraksi otot. Hal ini menyebabkan korban menjadi lumpuh secara efektif.

Ikan Puffer Fahaka memiliki gigi yang mereka gunakan saat merasa terancam juga.

Ikan Puffer Fahaka membutuhkan minimal tangki 100 galon, dan mereka harus dapat berputar penuh tanpa halangan.

Perawatan Fahaka Pufferfish

Ikan Puffer Fahaka (Tetraodon lineatus) memiliki tubuh berwarna kecokelatan hingga kecoklatan yang memudar menjadi perut berwarna putih kekuningan. Ikan Puffer Fahaka juga memiliki garis-garis horizontal di tubuhnya yang membentang dari awal sirip dada hingga ekornya.

Ikan Puffer Fahaka, seperti semua spesies ikan buntal, memiliki kemampuan untuk membusungkan diri dengan udara atau air saat merasa terancam. Ketika Fahaka Puffer menggembungkan dirinya, ia mengungkapkan bahwa ia memiliki duri-duri kecil di seluruh kulitnya.

Paku-paku ini adalah bentuk pertahanan diri yang membuatnya kurang menarik bagi pemangsa. Tidak hanya memiliki duri dan racun, ikan Puffer Fahaka juga memiliki gigi yang kuat yang digunakan untuk merobek daging dari tubuh ikan lain jika merasa terancam.

Lebih mudah membedakan jantan dari betina ketika mereka telah mencapai usia mapan. Betina akan tampak lebih bulat karena adanya telur, sedangkan jantan akan tetap lebih ramping. Saat Fahaka Puffer masih muda, ia akan memiliki penampilan yang lebih cerah yang akan kusam seiring bertambahnya usia.

fahaka puffer fish for sale

Penyiapan Tangki Puffer Fahaka

Jika Anda ingin memelihara ikan Puffer Fahaka, Anda membutuhkan tangki minimal 100 galon. Ikan Puffer Fahaka membutuhkan suhu air sekitar 75°F hingga 82°F. Ikan Puffer Fahaka sensitif terhadap air lunak, dan paling baik bila dipelihara antara 10 dan 12 dKH, dan pH 7,0 hingga 8,0.

Ikan Puffer Fahaka membutuhkan tangki yang besar, dan mereka harus dapat berputar tanpa halangan sama sekali. Saat menyiapkan akuarium untuk ikan Puffer Fahaka, Anda tidak perlu terlalu pilih-pilih tentang substrat yang Anda pilih. Sebagian besar pemilik ikan Puffer Fahaka lebih menyukai substrat yang lebih lunak agar mudah menempatkan tanamannya.

Anda mungkin ingin menghindari dekorasi yang kasar, atau tanaman agar tidak berpotensi merusak ikan Puffer Fahaka Anda. Pasir juga merupakan pilihan yang populer, karena mereka berpotensi mengambilnya bersama dengan makanan mereka. Ikan Puffer Fahaka memakan makanan yang kasar, jadi kemungkinan besar kerikil tidak akan menyebabkan penyumbatan jika tertelan.

Ikan Puffer Fahaka bisa sangat berantakan saat makan. Karena diet mereka, mereka dapat meninggalkan banyak makanan. Mereka juga menghasilkan banyak limbah. Oleh karena itu, selain melakukan pergantian air secara rutin, Anda juga membutuhkan filter akuarium yang baik. Filter tabung berkapasitas besar akan membantu mengendalikan limbah mereka. Memantau dan memelihara sistem filtrasi juga penting. Jika filter tidak berfungsi dengan benar, kadar nitrat dan amonia dapat dengan cepat mencapai tingkat toksik dan menyebabkan kerusakan.

Sehubungan dengan dekorasi tangki, hanya benda tahan lama yang harus dipertimbangkan. Ingatlah bahwa ikan ini akan mengejar makanannya dengan agresif. Objek apa pun yang menghalangi mereka dapat terdorong. Ikan Puffer Fahaka memiliki gigi yang dirancang untuk menghancurkan cangkang keras, seperti kerang. Oleh karena itu, mereka bisa sangat merusak jika mereka memutuskan untuk mengunyah suatu benda.

Apakah Fahaka Puffers Membutuhkan Pasir?

Ikan Puffer Fahaka tidak pilih-pilih soal substrat untuk akuariumnya. Mereka bisa tumbuh subur di akuarium dengan pasir, tanah, atau kerikil.

Karena sifat pola makannya, mereka terbiasa menelan benda keras. Oleh karena itu, bahkan jika mereka secara tidak sengaja menelan bahan-bahan ini, kemungkinan besar mereka dapat melewatinya tanpa kesulitan.

Ukuran & Laju Pertumbuhan Fahaka Puffer

Ikan Puffer Fahaka dapat tumbuh hingga panjang 18 inci jika dipelihara dalam pengaturan akuarium yang tepat. Jika mereka disimpan di tangki yang lebih kecil, itu bisa menghentikan mereka mencapai potensi pertumbuhan penuhnya. Di alam liar,

sangat penting untuk kelangsungan hidup ikan Puffer Fahaka agar mereka tumbuh hingga ukuran besar dengan cepat. Mereka tumbuh sebagian besar dalam 10 bulan pertama kehidupan mereka, dengan kecepatan 1 inci setiap 4 minggu. Mereka kemudian akan menumbuhkan sisa panjangnya di tahun berikutnya.

Makanan & Pola Makan

Memberi makan Fahaka Puffers adalah salah satu alasan banyak orang memiliki ikan ini, karena menonton mereka makan bisa sangat menghibur. Fahaka Puffers adalah jenis ikan karnivora yang disebut moluskavora. Artinya mereka adalah ikan yang berspesialisasi dalam memakan moluska. Di alam liar, ikan Puffer Fahaka juga memakan serangga dan krustasea lainnya.

Apa yang Harus Saya Beri Makan Puffer Fahaka Saya?

Di akuarium, ikan Puffer Fahaka akan siap menerima makanan bercangkang keras segar atau beku. Mereka juga bisa diberi makan makanan ikan hidup. Siput, kepiting, udang karang, dan udang adalah favorit Fahaka Puffer.

Apa yang Dimakan Fahaka Puffer di Alam Liar?

Karena ikan Puffer Fahaka adalah moluska, mereka bertahan hidup dengan memakan sebagian besar invertebrata bercangkang di alam liar. Mereka memiliki rahang yang kuat yang membantu mereka menghancurkan cangkang berbagai invertebrata dengan mudah.

Teman Tank Puffer Fahaka

Secara umum, ikan Puffer Fahaka tidak boleh menjadi teman satu tangki dengan ikan lain karena sifatnya yang agresif. Telah dilaporkan bahwa ikan Puffer Fahaka remaja lebih damai dan dapat hidup bersama dengan aman untuk jangka pendek. Namun, spesimen usia mapan tidak cocok sebagai teman tangki untuk sebagian besar ikan.

Apakah Fahaka Puffer Agresif?

Ikan Puffer Fahaka bisa sangat agresif dan tidak toleran terhadap ikan lain di akuarium. Ia mungkin mengejar dan menyerang ikan apa pun yang dilihatnya. Dalam banyak kasus, mereka bahkan tidak akan mentolerir anggota spesies mereka sendiri.

Bisakah Anda Menyimpan Fahaka Puffer di Tangki Komunitas?

Ikan Puffer Fahaka tidak dapat dipelihara di tangki komunitas, karena mereka akan menyerang ikan lain yang terlihat.

Apakah Fahaka Puffers Memiliki Racun?

Fahaka Puffers memiliki racun kuat yang disebut tetrodotoxin. Neurotoxin ini mempengaruhi otak korban dan kemampuan untuk mengirimkan sinyal ke otot mereka.

Penangkaran Puffer Fahaka

Jika Anda ingin membudidayakan ikan Puffer Fahaka, pastikan Anda memiliki tangki akuarium yang besar. Tangki harus cukup besar untuk menampung kedua ikan dengan nyaman. Jika tidak ada cukup ruang untuk kedua ikan, pasangan pembiakan dapat mulai berkelahi satu sama lain. Penting bahwa ada cukup ruang di dalam tangki untuk memungkinkan kedua ikan menjaga jarak yang cukup satu sama lain. Jika Anda ingin membiakkan mereka dengan sukses, yang terbaik adalah menyiapkan tangki pembibitan khusus juga.

Setelah pasangan ditempatkan di tangki penangkaran, dan betina siap untuk bertelur, dia akan mengembangkan ovipositor. Ini adalah struktur seperti tabung yang digunakan pada ikan jantan untuk menyatukan keduanya dan membuahi telur.

Mereka akan berenang bersama selama beberapa waktu sambil melepaskan telur dan sperma secara bersamaan. Anda akan melihat ikan melakukan ini beberapa kali. Setiap bibit akan bertahan tidak lebih dari 30 detik. Mereka mungkin menyimpan beberapa ribu telur dengan cara ini.

Setelah dilepaskan, telur akan tenggelam, dan setelah ikan induk selesai bertelur, Anda harus mengeluarkannya dari tangki. Telur menetas dalam waktu sekitar 72 hingga 96 jam, dan burayak akan berenang bebas dalam waktu seminggu.

Aspek yang paling sulit dalam membiakkan Fahaka Puffers adalah menjaga agar benih tetap diberi makan. Penting untuk memberi makan burayak dengan baik, dan menghindari pemberian makan yang kurang. Benih yang kurang makan tidak akan tumbuh atau bertahan hidup.

Baiklah guys itulah tadi artikel yang membahas tentang Ikan buntal Fahaka atau Fahaka Pufferfish yang berhasil kami rangkumkan untuk kalian semua spara pembaca setia omkicau. Semoga bermanfaat menghibur dan menambah wawasan see you in the next article.

Related Posts
Mengenal Ikan Louhan yang Sempat Menjadi Idola
Ikan Louhan

Ikan Louhan - Flowerhorn cichlid atau yang sangat familiar dengan ikan louhan adalah ikan air tawar yang sangat unik yang Read more

Panduan Lengkap Penggunaan Peramban Yandex untuk Pencarian Optimal
Peramban Yandex

Dengan integrasi kuat ke mesin pencari Yandex, Yandex Browser memberikan akses cepat ke hasil pencarian yang relevan. Peramban web atau Read more