Cara Ternak Burung Pleci Di Sangkar Gantung Dijamin Sukses

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

cara ternak pleci di sangkar gantung – Memiliki rasa antusias dalam ternak burung pleci untuk saat ini sudah sangat tinggi jadi para temen-temen pleman sudah mulai untuk belajar ternak burung pleci.

Namun tidak sedikit juga temen-temen yang belum paham untuk melakukannya, istilahnya Bagaimana cara yang tepat dalam ternak burung pleci itu sendiri untuk para pemula Alangkah alangkah baiknya membaca artikel ini terlebih dahulu sebelum teman-teman melakukan proses ternak burung pleci tersebut.

Trik Mudah Ternak Pleci Agar Cepat Berhasil


Cara Membedakan Pleci Jantan Dan Betina

Hal yg paling utama sebelum kalian menangkar burung jenis apapun khususnya pleci ini, temen-temen harus mengetahui terlebih dahulu ya hal dasar untuk membedakan tipe pleci jantinanya (jantan dan betina).

Memang sangat sulit untuk membedakannya ya, butuh ketelitian dan pengamatan yang akurat agar tidak salah pilih nantinya. Jika kalian sudah bisa mengetahui perbedaannya, baru boleh lanjut ke langkah berikutnya.

Cara Membuat Sarang Pleci Buatan

Ada banyak metode untuk menggunaakan kandang ternak, khususnya untuk pleci. Namun karena pembahasan artikel ini dengan menerapkan kandang / sangkar gantung jadi ya kita fokus ke pembahasannya aja ya. Memang ada kelebihan dan kekurangannya jika kalian menggunakan metode ini ya.

Kelebihannya burung lebih cepat produksi, dan cepat berjodoh, dan lebih praktis untuk menempatkan / menaruh kandang bisa di pindah-pindah. lebih efesian dan simple tidak memakan banyak tempat.

Sangat cocok bagi kalian yang tidak memiliki halaman ternak yg besar.Namun kelemahannya apabila kondisi penempatan kandang ini salah maka yang ada bisa menyebabkan burung malahan menjadi stress, karena terlalu sempit dan sangat sulit untuk beradaptasi hingga gagal produksi nantinya. Nah untuk bentuk sangkar gantung yang dapat kita buat sendiri jangan terlalu besar ya, bisa di rancang dengan ukuran 45 x 35 x 45 centimeter.

Baca Selengkapnya :  Tips Perawatan Kacer Mabung Agar Cepat Tuntas

Cara Mengetahui Pleci Siap Untuk Kawin

Nah bagaimana tips memahami ciri ciri pleci siap kawin ?. Kalian seharusnya lebih meluangkan waktu dan banyak mengamati perkembangan setiap harinya ya, jika kalian memiliki aktifitas diluar rumah, atau sibuk pada kerjaan yg lain. Maka untuk memantau prilaku si burung pleci ini siap kawin atau tidaknya akan menjadi sulit ya.

Berbeda dengan yang memiliki waktu luas dan fokus dirumah dan mengamati setiap perilaku si burung yg akan ditangkarnya. Dan untuk ciri-ciri umum yang sering dijumpai, pleci betina yg tadinya malas untuk berkicau, tiba-tiba menjadi rajin berkicau saut-menyaut sang jantannya, serta bulu sering terlihat merinding dan mengembangkan bulu, dan dalam waktu setiap 1 hari sekali terpanau burung ngeleper ya.

cara-agar-pleci-cepat-bertelur

Penjodohan Dan Pemberian Pakan Yg Berkualitas

Kira-kira membutuhkan waktu berapa lama untuk menjalani proses perjodohan ini ?. Kurang lebih antara 1 – dua minggu burung pleci jantan dan betina yang akan di jodohkan di dekatkan terus siang dan malam, sekalian memberi pakan jangkrik, kroto, ulat hongkong dan pakan yang lain yang memiliki kandungan protein.

Jika sudah memasuki hari ke 5, burung pleci itu di pisah satu salam lain, apabila ke-2 nya sama-sama panggil dengan suara panggilan yang keras dan keras, dan resah untuk cari pasanganya, karena itu proses ini mulai nampak sukses. Nah pada saat malam harinya, burung pleci di gabungkandangkan untuk menyaksikan proses penjodohannya.

Bila burung telah menunjukan prilaku jodoh serta sudah mempunyai birahinya telah konstan, umumnya pleci jantan akan membujuk betina dan terjadi perkawinan.

Evaluasi Kesalahan Dalam Menangkar Burung Pleci


Disini akan dijelaskan 5 kesalahan dalam ternak burung pleci antara lain yaitu :

Kesalahan Yang Pertama

1. Yang pertama induk pleci yang mau di ternak tidak sesuai dengan syarat minimum atau spek minimum usia misalnya 1 tahun lebih kemudian sudah mapan Kondisi dan sehat apalagi untuk induk betina itu yang paling utama.

Baca Selengkapnya :  Cara Merawat Cucak Ijo Mabung Yang Tepat Agar Cepat Tuntas

Perihal memilih indukan yg berkualitas dan siap untuk ditangkar ini sangat penting ya temen-temen karena ini merupakan langkah awal atau dasar kita dalam ternak burung pleci apalagi untuk induk betina itu sendiri ya.

Biasanya selama ini kan temen-temen merawat induk betina ataupun si jantannya kurangnya memperhatikan asupan gizi yg tidak terpenuhi sehingga ini akan menghambat kita dalam ternak burung pleci.

Baca juga artikel lainnya ; pasaran harga burung pleci

Kesalahan Yang Kedua

2. Dan Untuk kesalahan yang kedua yaitu teman-teman pemula tidak konsisten dalam menerapkan pola nya bahkan cenderung untuk menyalahkan pola yang sudah diterapkan atau kurang yakin dengan apa yg dilakukan sehingga membuat rawatan ternak tidak stabil dan berubah-ubah, sehingga si pleci yg akan ditangkarkan bingung dan bisa menjadi salah satu faktor pleci gagal tangkarannya.

Jadi misalnya seperti ini ya teman-teman untuk temen-temen. Biasanya kita lebih sering menggunakan pola pisah campur ya, kenapa karena pola pisah campur ini akan sangat membantu dalam ternak burung pleci dalam pisah campur kita akan dapat mengatur bagaimana perkembangan dari induk betina dan induk Laki-laki.

Misalnya perkembangan dari ke-2 burung tersebut Bagaimana birahinya kemudian psikologisnya dengan pisah campur ini juga itu akan lebih mudah dalam menimbulkan efek birahi atau rasa kangen sehingga akan memancing siburung pleci tersebut untuk kawin.

Nah jika kita tidak menggunakan pola pisah campur ini, maka kita tidak bisa mengamati ataupun menganalisa bagaimana perkembangan dari masing-masing indukan, karena pola ini juga memiliki manfaat untuk menimbulkan efek birahi burung pleci tersebut.

Kesalahan Yang Ketiga

3. Bentuk kesalahan yang ketiga yaitu temen-temen cenderung untuk menyilang burung pleci yang akan diternak misalnya pleci dakun dengan buxto atau mungkin Auri dengan montanus atau dengan buxto karena dengan berbagai hal alasan ini tidak ada induk pleci betina yang lain susah mencarinya dan lain sebagainya untuk penyilangan sendiri.

Baca Selengkapnya :  Tips Mudah Membedakan Murai Batu Betina Dengan Jantan

Bukannya tidak boleh ya temen-temen namun ada aturannya untuk burung pleci yang statusnya dilindungi itu boleh disilang ketika sudah menghasilkan keturunan kedua jadi cucunya tapi untuk burung pleci yang tidak dilindungi yang sering kita pelihara itu boleh disilang ketika sudah menghasilkan keturunan pertama atau anaknya.

Kesalahan Yang Ke Empat

4. Oke untuk kesalahan yang keempat yaitu temen-temen tidak bisa fokus dengan satu pasang dahulu maksudnya begini temen-temen baru mencoba dalam hal ternak burung pleci langsung sekaligus menjodohkan 4 pasang jadi temen-temen tidak mau fokus satu pasang terlebih dahulu sampai berhasil baru kemudian boleh nambah lagi.

Sebenarnya tidak ada larangan khusus namun ini mengatur agar teman-teman lebih memahami seluk-beluk, yang membantu dalam ternak burung pleci kalau sudah berhasil dengan 1 pasang otomatis temen -temen ada rasa keinginan untuk nambah satu pasang lagi atau 2 pasang lagi.

Kesalahan Yang Ke Lima

5. Dengan menghubungkan yang terakhir yang menghubungkan 5 atau kesalahan yang kelima yaitu temen-temen harus paham untuk ternak burung pleci Ini masalah yang timbul mengenai birahi dan kenyamanan di luar Dari masalah yang pertama tadi yang saya Sebutkan yaitu masalah dari spek indukan terutama pada aspek indukan induk betina yang akan di ternak jadi temen-temen harus bisa melogika masalah yang ada karena ya cuma itu-itu aja yaitu mengenai birahi, kenyamanan nya ya.

Kalian juga harus bisa menggunakan logika agar bisa menemukan solusi dari masalah yang temen-temen yang sedang hadapi. Nah itu tadi tips cara ternak pleci di sangkar gantung beserta evaluasi kegagalannya agar bisa kalian pahami lebih jelas pastinya. Semoga dapat bermanfaat ya. Terima kasih.