cara-merawat-jalak-suren

Cara Merawat Jalak Suren Agar Cepat Gacor Bongkar Isian

Halo sobat kicau semua, gimana kabarnya hari ini ?. Semoga selalu diberikan kesehatan dan dilancarkan rizkinya semuanya ya. Masih bersama blog resmi OmKicau.ID yang dimana pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips dan pengalaman seputar cara merawat jalak suren yang mudah agar cepat gacor dan bongkar isian lagu yang dimiliki burung tersebut.

Jalak suren ini merupakan salah satu jenis Gracupica contra yang berasal dari keluarga burung jalak-jalakan yang banyak dijumpai di tanah air kita, burung lokal yang mempunyai banyak keistimewaan, kharismatik jika anda bisa merawat burung yang satu ini, apalagi sampai membuatnya bisa gacor dirumah itu sungguh menjadi kebanggan bagi para pemilik tentunya.

Untuk karakter yang dimiliki burung jalak suren ini memang burung yang mudah jinak dan sering berbunyi walaupun hanya sekedar bunyi saja, akan tetapi cara untuk menggacorkan dan menumpahkan materi lagu yang dimilikinya bukanlah hal yang mudah akan tetapi semua butuh perawatan yang tepat dan harus dilakukan rutin setiap harinya agar siburung selalu dalam kondisi yang prima, FIT (sehat). Berikut perawatan yang harus anda lakukan secara konsisten setiap harinya. Yuk simak pemaparan lebih jelasnya bisa anda lihat dibawah ini :

Tips mudah perawatan jalak suren agar rajin berkicau


Menjaga Kebersihan

Burung jalak ini termasuk jorok dengan banyak sekali kotorannya karena hobinya makan, jadi setiap hari harus dibersihkan kandang atau kotoran yang ada didasar sangkarnya minimal 1 hari sekali, lebih baiknya lagi pagi dibersihkan dan sore menjelang malam juga di bersihkan kembali.

Baca Selengkapnya :  Download Suara Kolibri Gacor Mp3 Masteran Terbaik

Karena dengan menjaga kebersihan kandang, yang pastinya membuat jalak suren ini terasa nyaman, sirkulasi udara yang segar dan tidak mudah terserang penyakit, virus, tungau ataupun kutuburung yang dapat mengganggu kesehatan burung tersebut.

Memandikan Burung

Mandi memang selalu dibutuhkan oleh setiap jenis burung apapun, walaupun tidak harus setiap hari mandi namun untuk jalak suren sendiri biasakan memandikannya bisa disesuaikan dengan karakternya. Ada yang biasa mandi di dalam sangkar yang disediakan wadah cepuk mandi yang agak besar dengan air yang bersih biarkan burung mandi sendiri.

Namun ada juga yang memiliki kebiasan disemprot halus menggunakan spray, ataupun mandi yang senang ditempat yang besar seperti dikeramba mandi pada umumnya. Dianjurkan untuk mandi hanya 3 hari sekali saja, bagi burung yang masih bahan dan belum begitu gacor, karena manfaat mandi ini untuk meredam birahi si burung.

jalak-suren-bahan

Menjemur Burung

Untuk burung jalak suren ini tidak terlalu suka dengan cuaca panas yang berlebihan, dan sangat tidak dianjurkan saat menjemurnya terlalu lama. Maksimal durasi penjemuran yang baik antara 45 menit sampai 1 jam maksimalnya.

Memang manfaat sinar matahari sangat baik bagi burung tersebut, akan tetapi jika terlalu lama berjemur maka kondisi sijalak suren ini bisa mudah sekali drop dan dapat merusak bulunya. Jemurlah sekitar pukul : 8 – 9 pagi.

Pemberian Pakan Dan Minum

Berikanlah pakan harian yang berkualitas, bersih fresh, segar agar si jalak suren ini tetap terjaga kesehatan dari asupan yan dikonsumsinya. Kasih voer yang bagus untuk jalak suren namun untuk pemberian EF (extrafooding) pakan tambahan juga harus diberikan setiap harinya seperti jangkrik, pagi 2 ekor dan sore cukup 1 ekor saja.

Selain itu agar lebih masimal dan melengkapi asupan vitamin dan mineralnya bisa anda berikan pakan selingan berupa buah pepaya ataupun pisang. Berikan minimal seminggu dua kali saja, misalnya dihari senin dan jum’at.

Baca Selengkapnya :  Cara Merawat Lovebird Harian Dan Ke Arah Kontes Lomba

Dalam menyajikan air minum sebaiknya jangan memberkan air mentah, ataupun air galon isi ulang, sebaiknya air yang bagus untuk burung kicauan adalah air yang matang setelah dimasak. Jaga setiap hari kondisi kebersihan airnya ganti air minum sehari dua kali (pagi dan sore hari). Boleh juga seminggu sekali memberikannya vitamin jalak suren biar gacor yang dicampurkan kedalam air minumnya si burung tersebut minimal 2 minggu sekali.

Penempatan Sangkar

Dalam menempatkan atau menggantung sangkar pada kesehariannya juga harus perlu diperhatikan ya, jangan sembarangan menempatkan kandang jalak suren. Pastikan kondisi lingungan sekitar aman, nyaman dan jauh dari gangguan hewan predator yang dapat membuat burung ini bisa menjadi stres.

jalak-suren-dewasa

Pengkrodongan

Banyak sekali hobiis jalak suren ini yang menyepelekan masalah kerodong ini, dan tidak pernah mengkrodong burung setiap harinya. Asumsi seperti ini salah dan harus diluruskan.

Untuk anda para kicau mania : kerodong sangkar wajib memiliki ya, karena fungsi dari kerodong ini sebagai penghangat suhu agar dapat membuat si burung lebih tenang untuk beristirahat, pada malam hari ada baiknya kandang jalak suren ini dikerodong, dan ketika sedang mengalami masa rontok bulu atau mabung juga harus dikerodong, agar bisa lebih cepat dan fokus untuk merontokan bulu-bulunya.

Pemasteran

Burung jalak suren ini sangat pintar dan mudah sekali untuk dimasteri dan menerima materi yang diberikan, pemasteran boleh menggunakan burung asli ataupun suara mp3 audio yang dapat anda download disini secara gratis.

Memang dalam memaster burung tidak semudah yang dibayangkan, butuh proses dan waktu yang lama asalkan konsisten, tujuan pemasteran ini agar memvariasikan suara kicauannya agar tidak monoton. pemasteran jalak suren yang baik dilakukan setiap hari pada malam hari sampai ke esokan harinya, atau ketika siburung sedang dalam kondisi mabung juga sangat dianjurkan. Ingat saat memaster burung jalak suren ini kondisi sangkar harus dalam keadaan di kerodong ya.

Baca Selengkapnya :  Tips Mudah Perawatan Anis Merah Supaya Teler Gacor Ngeplong

Demikian tips cara merawat jalak suren agar cepat gacor dan bongkar isian, yang kiranya dapat menambah wawasan temen-temen kicau mania semua. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Suara Khas Burung Jalak Suren Beserta Harganya