Cara Merawat Burung Lovebird Yang Sedang Mabung

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

merawat lovebird mabung – Kembali berjumpa dengan situs resmi OmKicau.ID, nah pada pembahasan kali ini, kami akan memberikan tips seputar cara merawat burung lovebird lagi mabung, mungkin dari beberapa temen-temen lovebird mania baik yg masih pemula ataupun senior sekalipun pasti mengalami hal tersebut ya,

Dalam hal merawat burung lovebird mabung tentu tidak boleh asal-asalan ya sob. Tentu kalian harus ekstra baik itu dari pemberian pakan, mandi dan jemurnya juga harus sesuai dan tepat, kerena nanti jika kalian terapkan rawatan yg salah!. Maka nanti akan timbul masalah-masalah baru yang bisa membuat PR kalian lagi.

namun ada saja dari temen-temen yang masih bingung ya, dan menanyakan tips merawat lovebird mabung dengan baik dan benar ?. Oke untuk lebih jelasnya yuk mari kita simak ulasan lengkapnya dibawah ini :

Tanda Dan Ciri Ciri Lovebird Mabung


Berikut gambar lovebird mabung :

gambar-lovebird-mabung

Nah kita bisa amati sama-sama disini ya, untuk lovebird yang sedang mengalami rontok bulu dengan cara alami baik itu bulu bagian dada awalnya, atau bulu sayap, ekor dan lama-kelamaan bisa ambrol total rontok ya, nah itu adalah yang dinamakan mabung ya, atau istilahnya moulting.

Semua jenis burung pasti akan mengalami masa-masa ini ya, terutama jenis burung lovebird, biasa pada umumnya mabung burung lovebird ini setahun bisa sekali ataupun dua kali ya. Tergantung hormon dan faktor cuaca atau lingkungannya juga.

Baca Selengkapnya :  Tips Mudah Cara Merawat Burung Branjangan Agar Cepat Gacor

Namun perbedaan lovebird mabung dan cabut bulu, tentu berbeda ya, jika mabung adalah suatu proses alami, dan sedangkan cabut bulu ini adalah penyakit yang biasanya karena masalah birahinya terlalu tinggi atau dari penyebab lainnya.

Perawatan Lovebird Mabung Om Kicau


Intensitas Mandi Ditambah

Biasanya para kicaumania ketika merawat burung kesayangannya ketika sedang rontok bulu / mabung ini tidak mau memandikannya, justru berbeda dengan tipe burung paruh bengkok seperti lovebird ini ya.

Kami justru memberikan durasi mandi lebih sering dari biasanya ya, contoh pada rawatan harian ketika burung tidak mabung misalnya mandi cuma 1 kali saja, nah ketika burung mabung bisa mandi dalam sehari 3 sampai empat kali ya.

Selain itu burung lovebird yg lagi mabung ini tidak boleh terkena sinar matahari / dijemur, sehabis burung dimandikan, cukup di angin-anginkan saja.

Jangan Dikerodong

Namun jika sekiranya burung lovebird yang sedang mabung kalian full kerodong, maka biasanya birahi burung nanti tidak stabil dan bisa selalu naik ya, nah hal ini yang terjadi salah asumsi bagi para kalangan lovebird mania, biasanya ketika rontok bulu, kandang malahan di kerodong..

Ini adalah kesalahan besar ya, memang awal niatnya agar burung bisa konsen dalam menjatuhkan bulunya, tentu berbeda dengan pola rawatan mabung seperti kacer atau murai, nah untuk lovebird tentu beda ya.

Jadi intinya kandang tidak boleh di kerodong ya, temen-temen. Cukup kandang kalian tempatkan di tempat yg nyaman dan di ablak saja.

perawatan-lovebird-mabung-om-kicau

Pemberian Pakan

Untuk makanan lovebird yang bagus saat mabung sebaiknya standart saja ya, cukup berikan milet putih saja. Jangan diberikan EF sayuran dulu ya.

Karena kandungan ekstra fooding jika kalian berikan juga, ketika burung ini sedang mabung, maka pertumbuhan bulunya dikhawatirkan tidak akan sempurna, dan bulu jarumnya akan tumpang tindih, dan bisa terbiasa dengan nyulam atau ciak bulu nantinya.

Baca Selengkapnya :  Cara Mencari Setingan Kacer Yg Pas

Cara Pengkondisian Dan Pemasteran

Nah jika kondisi burung lovebird yang mabung ini biasanya harus di isolasikan ya, dan jauhi dari burung-burung lovebird lainnya yang gacor, jangan sampai bertemu, intinya di asingkan terlebih dahulu.

Serta pemasteran tetap wajib dilakukan dengan menggunakan audio suara lovebird ngekek mp3 dengan volume kecil saja ya, jangan terlalu kencang!.

Dengan trik diatas jika kalian terapkan dengan konsisten maka bisa dijadikan solusi juga untuk mengatasi lovebird mabung tidak tuntas ya.

Demikianlah cara merawat lovebird mabung agar cepat selesai, yang kiranya bisa memberikan faedah bagi temen-temen kicaumania semua.

baca juga : cara mengenal karakter lovebird

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari