Cara Mengatasi Murai Macet Bunyi

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

5/5 - (1 vote)

Cara Mengatasi Murai Macet Bunyi memanglah tidak mudah diperlukan lebih dari kita untuk merawatnya dengan baik lagi supaya dia kembali gacor seperti sedia kala. Tentunya ada faktor yang menyebabkan dia

tiba-tiba menjadi macet atau malas bunyi. Untuk mengatasinya tentunya kalian perlu mengidentifikasi terlebih dahulu. Jadi perawatannya sesuai dan hasilnya juga cepat terlihat karena kalau salah

rawatan yang kalian lakukan maka akan sia – sia. Beberapa penyabab dari murai macet bunyi salah satunya karena perawatan harian yang kacau atau pemberikan makanan yang tidak sesuai membuat si burung

menjadi malas bunyi karena mood nya berkurang. Kalau sudah begini apa yang harus dilakukan ? tentulah kalian harus mengatasinya dengan cepat karena kalau dibiarkan begitu saja nanti dia akan malas bunyi dan sulit ditangani.

Tentu kalian tidak mau kan burung murai kesayangan kalian mengalami ini, selain sepi, kalian tentu tidak bisa membawanya ke arena gantangan burung untuk diikut sertakan lomba dan latber.

Bagi kalian yang penasaran apalagi kalian sedang mengalami kondisi seperti ini dan mau tahu gimana cara menyelesaikannya, artikel ini akan memberikan jawaban dari pertanyaan kalian langsung baca artikelnya sampai habis.

makanan-untuk-murai-macet-bunyi

Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Murai Batu Macet Bunyi

Beberapa Yang Menjadi Faktor Penyebab

1. Memasuki Masa Mabung

Pada awal periode mabung atu moulting tentunya si burung akan berasa tidak fit, sama halnya seperti burung lain ini merupakan hal yang terjadi secara alamiah. Ciri memasuki masa mabung ialah

Baca Selengkapnya :  Cara Mudah Perawatan Burung Kapas Tembak Agar Cepat Gacor

ketika kalian menemukan bulu-bulu yang rontok didalam kandang si murai dan dia menjadi terlihat lemas tidak banyak bergerak dan juga menjadi enggan berkicau hanya sesekali saja itu kemungkinan besar dia

dalam periode moultingnya dan kalian langsung mulai perawatan pada masa mabung yang sudah diulas pada artikel tentang perawatan murai mabung. berikan vitamin tambahan supaya dia tetap vit tidak terlalu lemas.

2. Gangguan Kesehatan di Tenggorokan

Ketika dia merasa tenggorokannya sedang tidak baik-baik saja tidak enak gitu untuk berkicau dia menjadi pendiam, ya seperti kita sedang sakit tenggorokan gitu menjadi pendiam tiba-tiba.

Penyebabnya bisa terjadi karena gangguan virus dan bakteri atau luka dari goresan jangkrik sehingga saat kita memberikan EF jangkrik disarankan untuk membuang bagian kepala dan juga kakinya supaya tak merusak tenggorokannya.

vitamin-untuk-murai-macet-bunyi

3. Karena Stres

Murai yang stres diakibatkan dari tekanan yang didapatkan dari hewan lain misalnya serangan kucing atau tikus, bisa juga karena kandang jatuh atau yang sering terjadi ketika dia lomba dan kalah mental dari lawannya.

4. Terinfeksi Hama Kutu

Nah inilah kenapa pentingnya kita memandikan dia secara rutin dan juga membersihkan kandangnya salah satunya supaya terhindar dari hama kutu ini yang membuatnya macet bunyi dan sering menggigit bulunya.

5. Perawatan Harian Kacau

Selanjutnya ialah perawatan harian yang tidak teratur misalnya kadang dijemur kadang tidak, terus burung sering tidak dimandikan pemberian ef tidak teratur ini akan membuat burung menjadi buruk sehingga dia malas berkicau.

Solusi Untuk Mengatasi Murai Macet Bunyi

1. Ketika dia memasuki masa mabung berikan perawatan terbaik, dan perbanyak asupan EF nya seperti kroto, jangkrik dan ulat hongkong karena dimasa ini dia sangat membutuhkan banyak asupan protein.

Baca Selengkapnya :  Cara Perawatan Jalak Suren Mabung

2. Isolasi burung supaya menjaga mentalnya supaya tidak semakin down, beri dia obat yang banyak tersedia di kios atau pasar online untuk sakit tenggorokan dan juga lebih hati-hati dalam pemberian EF sebaiknya dibersihkan dulu.

3. Untuk burung yang stres kalian juga isolasi dulu sipaya mentalnya tidak semakin terpuruk lalu lakukan terapi seperti mandi malam dan juga biar dia merasa tenang dulu tutup krodong dan jangan temukan dia dengan burung lain.

4. Ketika dia terserang hama kutu kalian sebaiknya pisahkan dia dari burung lain supaya tidak menular dan berikan obat untuk pembasmi hama kutu lalu mandikan dia secara teratur dan juga perawatan harian sebaiknya dibenahi lagi.

murai-malas-bunyi

Itulah tadi ulasan cara mengatasi murai macet bunyi yang sangat penting sekali untuk kalian baca. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua untuk mengatas masalah yang sedang kalian hadapi.

Tak pernah lupa bagi kami untuk selalu mengucapkan terimakasih banyak karena sudah selalu setia membaca informasi menarik dan pentin dari kami dan tetap jaga protokol kesehatan dimasa pandemi seperti sekarang ini.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari