Gould Amadin

Mengenal Jenis Burung Finch Beserta Harganya

OmKicau.ID – Burung Finch merupakan burung yang sangat menarik untuk di miliki, meskipun memiliki ukuran tubuh yang reltif kecil tetapi suara kicauan yang cukup nyaring ditambah dengan penampilan warna dan corak cantik yang menjadi perhatian para penggemarnya juga memiliki bermacam-macam jenis sehingga para pecinta burung finch dapat menyilangkan indukan burung yang berkualitas untuk menghasilkan warna baru yang begitu menarik. Penyebaran burung finch terbilang sangat luas mulai dari benua Amerika, Eropa, Asia hingga ke Austrialia.

Di Indonesia sendiri burung ini lebih di kenal dengan sebutan burung Pipit, Emprit atau burung Bondol. Jenis dari burung finch lokal ini pun tak kalah menarik dari finch impor. Selain coraknya yang beraneka ragam perawatan burung yang cukup mudah ini menjadi daya tarik bagi para pecinta burung untuk merawat bahkan menangkar kan mereka.

Untuk berkenlan lebih jauh dengan si imut bersuara melengking ini, berikut omkicau.id akan memberikan informasi yang menarik untuk di ketahui dari beberapa jenis burung finch yang banyak di gemari para kicau mania baik yang impor maupun yang lokal.

Mengetahui berbagai ragam burung finch


Zebra Finch (Taeniopygia Guttata)

Burung Finch jenis ini banyak di gemari para pecinta burung yang berada di luar negara Indonesia. burung Pipit Zebra ini penyebaran awalnya di Australia, Indonesia hingga Timor Leste. Namun seiring berjalannya waktu Zebra Fiinch dapat dengan mudah di temukan hampir di seluruh bagian negara di dunia. Harganya Bersiksar antara 400 Ribu hingga 1 juta Rupiah tergantung dari kualitas kicau dan corak yang dimiliki burung tersebut.

Baca Selengkapnya :  Harga Jual Burung Robin Terbaru 2020

Zebra Finch

Emprit Jepang (Lonchura Striata Domestica)

Burung yang memiliki nama latin Lonchura Striata Domestica ini menjadi salah satu jenis pipit yang popular di kalangan pecinta burung mancanegara. Bahkan di Indonesia pun burung yang kerap di sebut Emprit Jepang atau EmJe. Burung pipit yang memiliki bulu dada berwarna kuning ini di bandrol dengan harga yang relatif mahal bila dibandingkan burung emprit lokal berkisar 200-5500 Ribu Rupiah per ekor.

Emprit Jepang

Gould Amadin (Chloebia Gouldiae)

Burung emprit yang banyak di gemari di Indonesia yakni Gould Amadin yang memiliki corak dan warna bulu yang cerah dan sangat cantik hal ini membuatnya di gilai para penggemar burung finch. Burung ini pertama kali di temukan di daratan benua Australia, namun kini sudah banyak populasinya di Indonesia. Harganya relatif mahal berkisar antara – 800 ribu hingga 1,5 juta Rupiah.

Kecantikan burung ini sangat membius para kicau mania sehingga meskipun harga nya tidak murah, burung ini menjadi primadona dan banyak dicari di toko-toko burung kicau atau situs jual beli online.

Gould Amadin

Strawberry Finch (Amandava Amandava)

Amandava finch memiliki warna bulu dominan merah degan corak bintik-bintik putih sehingga para kicau mania mengenalnya dengan strawberry finch, Jenis ini masih langka di Indonesia jadi tak heran jika masih cukup sulit ditemukan di pasaran, sehingga menjadi peluang bisnis bagi kalian yang ingin membudidayakan burung Finch jenis ini. Amandava Finch ini harganya berkisar 200 -700 Ribu Rupiah.

Strawberry Finch

Owl Finch (Taeniopygia Bichenovii)

Burung ini memiliki nama asli Double Barred Finch yang hidupnya yang hutan tropis yang kering dan padang rumput di benua Australia. Akan tetapi karena coraknya yang menyerupai burung hantu sehingg burung ini di kenal dengan Owl Finch. Di Indonesia sendiri masih belum banyak populasinya.Owl Finch memiliki harga antara 300-600 Ribu Rupiah dan harga dapat berubah tergantung kondisi burung.

Baca Selengkapnya :  Jenis Burung Cucak Jenggot Beserta Suara Dan Harganya

Owl Finch

Goldfinch Eropa (Carduelis carduelis)

Burung kecil yang masih keluarga finch yang berasal dari Eropa ini memiliki kemiripan antara betina dan jantannya dengan wajah yang merah kepala kombinasi hitam dan putih, dan sisi-sisi nya berwarna coklat kekuningan serta yang mencolok dari sayapnya yang berwarna hitam dan kuning. Burung finch yang banyak di temukan di daerah Eropa, Afrika Utara dan Asia Barat ini memiliki ukuran panjang tubuh antar 12 – 13 cm dan rentang sayang yang cukup panjang hampir 2 kali lipat panjang tubuhya berkisar 20-25 cm dan berat hampir 20 gr.

Goldfinch sangat rentan dengan cuaca sehingga kelompoknya sering melakukan migrasi apabila cucaca buruk dan tidak sesuai dengan suhu tubuhnya. Di Indonesia sendiri burung ini masih langka sehingga jarang sekali ditemukan di kios penjual burung kicau. Harganya berkisar 1 – 2 juta Rupiah.

Goldfinch Eropa

Bondol Haji (White headed Munia Lonchura maja)

Bondol haji atau Emprit hajii ini merupakan burung finch lokal masuk kedalam keluarga Estrildidae dengan filum chordata yang banyak tersebar di wilayah Indonesia. Burung ini juga banyak di temukan di negara-negara bagian Asia. White Headed Munia ini memiliki kepala dengan warna putih dan bulu badan berwarna coklat. Harga nya berkisar antara 150 ribu hingga 500 ribu Rupiah.

Bondol Haji

Bondol Jawa (Javan Munia Lonchura leucogastroides)

Burung kecil pemakan biji-bijian ini memiliki suara yang cukup nyaring. Meliki panjang tubuh sekitar 11 cm dengan warna dominan coklat tua dan dada atas hingga leher berwarna hitam, tidak ada perbedaan yang mencolok antara jenis jantan dan betinanya sehingga kasat mata cukup sulit untuk dibedakan.

Burung ini sangat mudah di temukan di area perkebunan dan persawahan dan hidup berkelompok dengan jenis burung finch lain yang tersebar di kepulauan jawa. Namun sekarang hampir di seluruh pulau-pulau di Indonesia dengan mudah di temukan burung bondol jawa ini.

Baca Selengkapnya :  4 Jenis Makanan Kenari Terbaik Agar Memiliki Suara Merdu

Bondol Tutul (White spotted Munia Lonchura leucosticta)

Tak berbeda dengan kebiasaan dan makanan burung bondol lokal lainnya hanya saja yang membedkan burung ini memiliki warna coklat dengan bintik-bintik di sebagian besar tubuhnya sehingga orang-orang mengenalnya dengan bondol tutul.

Emprit tutul memiliki kisaran harga yang relatif murah karena populasinya yang cukup banyak di Indonesia sehingga memiliki harga berkisar 20-150 ribu saja.

Itulah beberapa jenis dari burung finch. Indonesia sendiri memiliki banyak jenis burung finch lokal yang memiliki corak yang tak kalah menawan seperti : Bondol Tutul, Bondol Arfak, Bondol Coreng, Bondol Buba, Bondol Dada Coklat Bondol Hitam, Bondol Tunggir Putih, Bondol Jayawijaya, Bondol Hijau Papua dan masih banyak lagi yang lainnya.

Semoga Informasi ini dapat bermanfaat dan memberikan inspirasi bagi para pecinta burung kicau dimanapun anda berada.