blackthroat

Jenis Burung Blackthroat (Makanan, Harga Dan Suara)

OmKicau.ID – Burung Blackthroat termasuk salah satu burung pemakan biji, sebangsa jenis burung kenari dan besarnya hanya sebesar ibu jari tangan orang dewasa. Meskipun tubuhnya kecil burung ini memiliki suara yang begitu indah dan merdu.

Tidak heran selalu menjadi incaran para penggemar burung kicau. Apabila diikutkan kontes kicau burung selalu menempati urutan pertama suara burung paling indah. Ada irama khas yang dikeluarkan sehingga mampu menyihir banyak telinga.

Karakteristik yang Dimiliki Burung Blackthroat

Dinamakan Blackthroat karena warna keseluruhan tubuhnya berwarna hitam pekat, terutama pada bagian kerongkongan burung. Seringkali juga burung disebut Kenari Afrika karena menyukai makan biji-bijian, dan juga kebanyakan berasal dari daratan Afrika.

Di Indonesia sendiri Blackthroat merupakan burung bawaan, dulunya dibawa oleh bangsa Belanda saat menjajah. Seiring berjalannya waktu burung berkembang biak di beberapa wilayah Indonesia, dan populasinya menyebar sangat cepat.

Secara postur badan burung ini berukuran sedang, jika diamati sekilas hampir mirip ciri burung sanger namun lebih tegap. Untuk burung jantan memiliki panjang tubuh sekitar 12 cm, dengan bagian leher lebih panjang.

Warna bagian tenggorokan hitam pekat, serta bagian kepala cenderung besar dan lonjong. Sedangkan si betina lebih berbentuk bulat dan berleher pendek. Dan warna tenggorokan terlihat lebih samar, serta poros kepala yang lebih kecil dan bulat.

Baik Blackthroat jantan maupun betina sama-sama bersuara merdu, dan memiliki irama yang enak didengarkan. Alunan kicaunya relatif panjang dengan ritme suara yang bervariasi, lengkap dengan naik turun dan tinggi rendahnya.

Hal menambah keistimewaan pada burung Blackthroat dan membuat harganya semakin mahal. Perbedaannya si jantan bersuara nyaring dan memiliki variasi kicau, sedangkan si betina volumenya lebih kecil dan monoton atau tidak mempunyai variasi berkicau.

Baca Selengkapnya :  4 Jenis Burung Cucak Ijo Terbaik Beserta Harga Pasarannya

jenis-burung-blackthroat

Makanan yang Dibutuhkan

Sesuai jenis burung yang termasuk golongan pemakan biji, jelas sumber utama makanan adalah biji-bijian disertai buah-buahan. Beberapa bijian yang disarankan seperti Millet, Biji Sawi, Niger, Biji Lobak, Jewawut atau Canary Seed.

Mereka adalah kelompok makanan yang mengandung gizi dan kalori yang baik, berfungsi untuk pertumbuhan burung Blackthroat. Untuk penambahan makanan juga penuhi kebutuhan karbohidrat, sebagai sumber tenaga yang mengandung lemak nabati.

Selain biji-bijian berikan juga jenis buah dan sayuran, kedua jenis ini mengandung banyak serat untuk memproses pencernaan. Tujuannya memberi asupan gizi untuk menjaga daya tahan tubuh burung, agar burung selalu sehat dan merasa fit setiap hari.

Sehingga peforma suara yang dihasilkan tidak menurun. Blackthroat akan semakin rajin berkicau dengan merdu, dan akan semakin baik apabila diikutkan kontes kicau burung.

Harga yang Dipasarkan

Untuk membeli burung ini disarankan yang masih anakan, agar lebih mudah untuk pendekatan. Harga burung anakannya dibanderol sekitar 600 ribu hingg 700 ribu rupiah per ekor.

Sedangkan untuk usia dewasa berkisar 1 jutaan, baik yang jantan maupun betina. Dan untuk yang sudah terlatih gacorannya dipasarkan dengan harga lebih dari 1 juta rupiah. Jika anda ingin mengembangbiakkan burung, anda juga bisa membeli burung pasangan sekaligus sekitar 2,3 juta rupiah.

Demikian informasi terkait salah satu jenis burung pemakan biji ini. Apabila anda benar-benar ingin memelihara burung harus menjaga dengan penuh kesabaran. Karena burung agak sensitif meskipun sifat alamiahnya mudah beradaptasi.

Selalu perhatikan kebersihan kandang agar burung nyaman di lingkungan barunya. Jika mood burung bagus akan sangat mudah melatih gacoran. Karena semakin nyaring kicau burung maka akan semakin dihargai mahal oleh para penggemar.

Baca Selengkapnya :  Ciri Burung Murai Batu Borneo, Tips Memilih Dan Perawatan

Berikut suara audio mp3 blackthroat gacor

Link | Download