9 Jenis Ikan Buntal Air Tawar

9 Jenis Ikan Buntal Air Tawar – Ikan buntal adalah ikan yang menggembung ketika merasa terancam. Fitur unik ini mempesona banyak dari kita. Ikan ini juga cukup menggemaskan dengan matanya yang besar dan beragam warna dan corak.

Ada begitu banyak jenis ikan buntal, mulai dari ukuran hampir satu inci hingga beberapa kaki panjangnya! Hari ini, kita akan membahas tentang 17 Ikan Buntal yang luar biasa! Setelah selesai, kami juga akan membahas apakah Anda dapat atau harus memperoleh hewan peliharaan ini untuk diri sendiri, dan bagaimana respons mereka terhadap kehidupan akuarium.

9 Jenis Ikan Buntal Air Tawar

9 Jenis Ikan Buntal Air Tawar

1. Ikan Buntal Kongo

Kongo Puffer berasal dari Sungai Kongo di Afrika. Mereka tumbuh dengan panjang sekitar 5,9 inci (15 cm), dan juga dikenal sebagai Potato Puffers! Mereka cenderung terlihat dan dilahirkan dalam beberapa varietas warna. Di alam liar, populasi mereka dianggap sehat.

Ikan buntal Kongo tidak terlalu aktif tetapi membutuhkan substrat pasir untuk berkubang di dasar akuarium. Anda disarankan untuk memberi makan ikan buntal congo dengan campuran ikan air tawar yang lebih kecil, udang, cacing tanah, dan isopoda. Puffer membutuhkan ruang yang cukup, setidaknya 20 galon per ikan.

Ikan Buntal Kongo

2. Ikan Buntal MBU

MBU Puffer berukuran besar, tumbuh hingga panjangnya sekitar 26 inci (67 sentimeter). Faktanya, mereka terkadang disebut sebagai puffer raksasa. Ikan buntal raksasa ini membutuhkan setidaknya 125 galon air per ikan, dan beberapa sumber mengatakan 500 galon adalah ukuran kandang minimum yang lebih tepat. Jadi memelihara satu di akuarium bisa jadi menantang, terutama karena penyaringan air juga sulit dikelola.

Mereka berasal dari Sungai Kongo dan cenderung berwarna kuning keputihan dengan corak hitam. Gigi depan mereka (gambar di atas) memungkinkan puff MBU memakan kerang seperti kerang dan siput. Tantangan lain untuk memelihara MBU puffer adalah mereka membutuhkan makanan bercangkang keras untuk mencegah pertumbuhan gigi yang berlebihan.

3. Ikan Buntal Mata Merah

Ikan Buntal Mata Merah

Puffer Mata Merah berwarna hitam dan perak dengan mata merah. Mereka cukup unik dibandingkan dengan puff lainnya, dan Anda mungkin akan menyukai atau membenci penampilan mereka! Ikan mata merah mengintimidasi beberapa orang, sementara yang lain menganggapnya keren. Panjangnya sekitar 2,6 inci (6,5 cm) dan berasal dari Asia Tenggara.

4. Ikan Buntal Kacang Kerdil

Ikan buntal kerdil juga dikenal sebagai ikan buntal kerdil, buntal kerdil, dan buntal Malabar. Itu banyak nama untuk ikan berukuran 1,4 inci (3,5 sentimeter)! Mereka berasal dari India dan berwarna kuning dengan bintik-bintik hitam.

Ikan buntal kerdil sangat ideal jika Anda memiliki tangki yang lebih kecil dan menginginkan akuarium spesies tunggal (mereka bisa sangat agresif jika dipelihara dengan ikan lain). Ikan buntal kecil ini memakan ribuan cacing darah (gambar di atas!), udang air asin, dan siput hama.

5. Ikan Buntal Fahaka

Ikan buntal Fahaka memiliki tubuh belang atau bercorak berwarna merah, abu-abu, kuning, putih, dan hitam. Mereka juga dikenal sebagai Nile puffer dan band puffer, dan berasal dari Afrika. Ikan ini tumbuh hingga 1,4 kaki (43 sentimeter) panjangnya! Karena ukurannya, ikan buntal Fahaka membutuhkan kandang yang besar.

Disarankan Anda menyediakan minimal 55 galon air per ikan dan ukuran akuarium minimal 120 galon. Artinya, seperti ikan buntal besar lainnya dalam daftar ini, Fahaka hanya untuk penjaga akuarium yang sangat berpengalaman. Fahakas adalah ikan yang sangat agresif dan lebih suka makan krustasea seperti kepiting dan udang karang.

6. Amazon Puffer

Ada yang bisa menebak dari mana ikan ini berasal? Sungai Amazon yang terletak di Amerika Selatan! (Mereka juga terkadang disebut sebagai puffer Amerika Selatan karena alasan yang jelas!)

Mereka memiliki perut kuning, dan bagian tubuh lainnya ditutupi garis-garis kuning dan hitam. Panjang ikan ini rata-rata hanya 3 inci (7,6 cm), tetapi bisa mencapai lebih dari 5 inci. Puffer Amazon sangat aktif, berbeda dengan ikan buntal air tawar lainnya seperti ikan buntal Kongo, yang bisa lebih banyak duduk.

Karena tingkat aktivitasnya, ikan buntal Amazon membutuhkan tangki yang lebih besar. Seperti ikan lain dalam daftar ini, giginya bisa tumbuh terlalu cepat. Untuk membantu memelihara giginya, mereka bisa diberi makan kerang selain makanan seperti serangga, udang air asin, dan juga bahan tumbuhan.

7. Gambar Delapan Ikan Buntal

Ikan buntal angka delapan dinamai sesuai dengan tanda di tubuhnya, yang terkadang menyerupai “angka delapan”. Mereka berada di sisi ikan buntal yang lebih kecil, dan jarang berukuran lebih dari 3 inci panjangnya saat sudah mapan.

Seperti ikan buntal lainnya dalam daftar ini, giginya dapat tumbuh terlalu cepat jika tidak makan makanan bercangkang keras seperti siput dan kerang. Gambar delapan ikan buntal bersifat agresif dan tidak ideal untuk pengaturan tangki komunitas.

8. Imitator Dwarf Puffer

Imitator Dwarf Puffers mirip dengan Dwarf Peas tetapi memiliki bintik yang lebih sedikit. Untuk menebus ini, bintik mereka juga lebih besar dari Dwarf Pea. Mereka tumbuh hanya 1,8 inci (4,5 cm) dan merupakan salah satu spesies Ikan Buntal terkecil. Seperti ikan buntal kacang kerdil, ikan buntal imitator lebih mudah dipelihara karena hanya membutuhkan 3 galon volume air per ikan, yang jauh lebih sedikit daripada ikan buntal air tawar yang lebih besar.

9. Ikan Buntal Hijau

Green pufferfish are found in rivers, lakes, and flood plains of southeast Asia. Like many other freshwater pufferfish they’re primarily carnivorous and eat small fish, crustaceans, and mollusks for food. They have a front beak that can become overgrown, and can be maintained through a diet of shellfish and other prey with hardened shells.

Green pufferfish are a medium-sized species of freshwater pufferfish that grow to 7 inches in length. Like many other pufferfish, they can be quite aggressive, which becomes problematic in communal tanks.

Baiklah sobat omkicau terutama bagi kalian para pecinta ikan semoga informasi ini berguna bagi kalian. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian semua yah guys. Tapi jangan sedih karena informasi seputar burung kicau juga masih bisa kalian dapatkan updatenya disini, sampai jumpa lagi guys.

Related Posts
10 Langkah Mudah Memulai Budidaya Ikan Nila di Rumah
budidaya ikan nila

Penjelasan tentang budidaya ikan nila, termasuk teknik dan panduan lengkap dalam menghasilkan hasil panen yang menguntungkan. Apakah Anda tertarik untuk Read more

Mau Hemat? Simak 10 Tips Cerdas Membeli Laptop Bekas Berkualitas Tinggi!
Tips Membeli Laptop Bekas

Panduan praktis untuk membeli laptop bekas yang berkualitas dengan harga terjangkau. Temukan tips terbaik di sini!. Jika Anda mencari laptop Read more