6 Fakta Unik dan Menarik tentang Burung Hudhud

6 Fakta Unik dan Menarik tentang Burung Hudhud – Mungkin bagi sebagian orang hingga detik ini masih ada yang belum tahu seperti apa rupa dari burung Hudhud yang unik dan menarik dan juga mempunyai keistimewaan sehingga namanya disebutkan dalam Al-Qur’an.

Burung Hudhud merupakan hewan yang dikenal karena kecerdikannya yang dimilikinya serta kesetiaanya kepada Nabi Sulaiman di masa pemerintahannya. Mungkin sebagian orang berpikir bahwa unggas yang satu ini hanya ada pada masa nabi Sulaiman AS saja dan sekarang sudah tidak ada lagi individunya.

Ternyata burung Hudhud ini masih hidup atau masih ada hingga sekarang ini. Di Indonesia sendiri burung Hudhud ini masih bisa ditemukan seperti di hutan-hutan Kalimantan. Berikut fakta unik dan menarik tentang burung Hudhud yang merupakan hewan paling setia kepada Nabi Sulaiman

6 Fakta Unik dan Menarik tentang Burung Hudhud

Inilah 6 Fakta Unik dan Menarik tentang Burung Hudhud

1. Menjadi Simbol Negara Israel

Burung Hudhud menjadi simbol bagi negara Israel, hal ini berdasarkan hasil pemungutan suara atau voting yang diambil dari suara puluhan ribu orang penduduk Israel, burung Hudhud akhirnya terpilih sebagai lambang nasional negara Israel secara resmi mereka sejak tahun 2008.

Hal ini mengalah kan beberapa kandidat jenis burung lain selain burung Hudhud dalam pemilihan tersebut yakni jenis burung bulbul, burung walber, dan burung pen, sehingga karena hasil suara terbanyak akhirnya terpilihlah burung hudhud.

2. Tinggal dalam lubang-lubang pohon tebing dan dindin

Tidak seperti burung lain mengupulkan ranting-ranting dan menemukan sudut yang tepat di cabang pohon sebagai tempat untuk membuat sarangnya, berbeda dengan burung Hudhud menemukan sarang atau rumahnya dengan cara mencari lubang yang ada pada batang pohon, tebing, hingga pada dinding.

Kemudian burung Hudhud betina aka diam di dalam sarangnya dan memutup sarang dengan hanya menyisakan sedikit celah bagi burung Hudhud jantan untuk membawa makanan. Uniknya burung Hudhud betina dan anak-anaknya memiliki kemampuan mengeluarkan bau busuk untuk menangkal predator agar mereka tetap aman di dalam sarangnya.

3. Bisa survive dari predator

Selain bisa menghasilkan bau busuk untuk mengelabui dan menyelamatkan diri dari para predator, anak-anak burung Hudhud juga mampu menangkal predator dengan cara mengarahkan kotoran mereka secara strategis, memang cerdik yah sobat.

Kepiawaian burung Hudhud muda dengan menggunakan paruh dan sayapnya untuk melawan penyusup atau predator. Bahkan bisa membuat suara mendesis yang mampu membuat predator merasa terancam dan takut. Mungkin saja si predator menganggap itu desisan dari ulat yah.

4. Bisa terbang dengan jarak yang cukup jauh

Ketika mereka akan bermigrasi burung Hudhud mampu terbang dengan jarak yang cukup jauh. Biasanya burung Hudhud besarang dan tinggal Israel akan tetapi jika musim dingin tiba populasi burung hudhud akan bermigrasi hingga ke Indai Barat dan keseluruh Afrika tengah dan timur.

Beberapa populasi burung Hudhud telah beradaptasi dengan lingkungan tempat tinggalnya juga dan akhirnya memiliki sub spesies hal ini memiliki efek baik dan buruknya tentu yah sobat tetapi hal ini mereka lakukan untuk bertahan hidup dan mempertahankan jenisnya dari kepunahan.

5. Paruh merupakan bagian terpenting dalam bertahan hidup

Paruh burung Hudhud yang panjang dan agak bengkok memungkinkannya untuk mencari makan melalui tumbuh-tumbuhan. Dan burung hudhud bisa mengali tanah untuk menemukan serangga untuk dimakan dan dengan cepat memberi makan anak-anaknya di tengah penerbangan. Dan tidak hanya itu burung Hudhud juga bisa menggunakan paruhnya sebagai sejata ketika terjadi perkelahian dengan serangga yang akan dia makan.

6. Siapakah burung Hudhud itu

Jenis burung Hudhud merupan burung jenis pelatuk yang disebut oleh Allah SWT dalam Al-Qur’an surat An naml dan dijelaskan di ayat ke 20 sampai 40. Diceritakan bahwa burung Hudhud membawa kabar dari negeri Saba kemudian memberi tahu Nabi Sulaiman bahwa burung hudhud menjumpai seorang wanita dengan segala kekayaan namun perempuan tersebut menyembah matahari.

Selain itu Allah SWT juga memberikan keistimewaan kepada burung Hudhud berupa kemampuan fisik serta daya ingat dan menjelajah untuk kemudian dapat terbang di angkasa bermil-mil jauhnya dan burung hudhud tidak tersesat.

Bagaimana sobat kicau? itulah tadi ulasan menarik tentang 6 fakta unik dan menarik tentang burung hudhud semoga apa yang kalian baca ini dapat menambah wawasan yang kalian miliki tentunya. Apa kalian semakin penasaran untuk melihat rupa burung hudhud ini?

Terimakasih banyak sudah meluangkan waktu untuk membaca dan masih setia bersama omkicau karena kami setiap harinya akan mengupdate informasi seputar dunia burung kicau dan berita menarik lainnya sampai jumpa di artikel lainnya.

Related Posts
10 Tips Belanja Online yang Akan Membuat Anda Puas dan Hemat
tips belanja online

Panduan praktis untuk belanja online dengan cerdas, menemukan penawaran terbaik, dan melindungi privasi Anda. Belanja online telah menjadi salah satu Read more

Ini Teknik Tepat Menggendong Anabul
Teknik Tepat Menggendong Anabul

Teknik Tepat Menggendong Anabul - Menggendong kucing adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan dan bisa mempererat hubungan antara pemilik dengan Read more