10 Pantangan Burung Cucak Ijo

Oke sobat kicau mania di seluruh indonesia, kembali lagi masih bersama situs resmi om kicau dan di pertemuan kali ini kami akan membahas 10 pantangan untuk burung cucak ijo ya temen-temen,

yg artinya sepuluh kategori yang tidak seharusnya dilakukan ya agar terhidar dan tidak akan menjumpai masalah-masalah, dalam hal perawatan jenis burung cucak hijau kesayangan kalian ya. Nah biar kalian nggak pada gagal paham dan bisa memahami isi dan maksud dari pembahasan ini, tentu kalian harus simak ulasan nya sampai selesai ya temen-temen :

Hal Yang Harus Kalian Hindari Ketika Memelihara Cucak Ijo


Hindari Burung Kenari Berwarna Cerah

Lalu apa saja sih hal-hal yang perlu dihindari untuk merawat burung cucak hijau ini ?. Nah yang pertama adalah menempel atau menggandeng burung cucak ijo dengan burung kenari yang berwarna cerah atau mencolok Ya teman-teman

seperti ada warna kuning warna merah ya teman-teman seperti ada warna sunkis dan sebagainya punya warna-warna yang cerah ya teman-teman burung cucak ijo ini jika ditempel dengan warna-warna cerah ini, tentu bisa menimbulkan tingkah laku yang kurang baik bahkan bisa menimbulkan objek yang sangat parah nantinya.

Iya tidak semuanya burung cucak ijo ditempel dengan kenari yang warna cerah itu bisa menimbulkan OB ya tidak ya teman-teman tapi mayoritas burung cucak hijau itu jika ditempel dengan kenari berwarna cerah ini bisa menimbulkan over birahi yang sangat parah teman-teman, namun kebanyakan ini yang sering terjadi di perawatan burung cucak hijau kicau mania pada umumnya.

Jadi intinya jenis kenari yg memiliki warna mencolok tentu menjadi salah satu burung pantangan untuk cucak ijo.

burung-pantangan-untuk-cucak-ijo

Hindari Burung Lainnya Yg Sering Salto

OK langsung saja di kategori kedua Jangan pernah kita menempel burung cucak hijau dengan burung yang karakternya salto ya temen-temen, karena ini juga sangat berbahaya untuk berkelanjutan burung tersebut, karena burung cucak ijo adalah salah satu burung yang gampang sekali untuk meniru burung-burung yang lain ya teman-teman

Jadi kita menghindari menempelnya burung cucak ijo dengan burung yang sering salto seperti ada burung sirtu burung ciblek pokoknya burung burung yang karakternya sering sekali untuk atau Gampang sekali untuk salto ya teman-teman.

Hindari Membawa Cucak Ijo Berkendara Di Malam Hari

Selanjutnya untuk yang ketiga disini, usahakan hindari kita membawa cucak hijau berkendara pada malam hari teman, dan tentu ini banyak sekali kasus yang seperti ini ya teman-teman, mungkin karena kalian masih belum paham atau juga terlalu menganggap enteng remeh ya.

Karena burung cucak ijo ini gampang kaget dan mudah sekali stres ya, akhirnya burung ini menjadi rusak teman-teman bahkan bisa menyebabkan kematian pada burung tersebut, tentu ini banyak sekali kasus yang terjadi yg banyak di alami oleh para cucak ijo mania yg masih pemula pastinya.

Memang karakteristik dari pada burung cucak ijo ini itu sangat sekali takut dengan gelap temen-temen dan mudah sekali untuk kaget Jadi kalau burung cucak ijo dibawa udah malam hari.

Hindari Kebiasaan Bersiul Memanggil Cucak Ijo

Oke langsung saja yang keempat, usahakan kalian hindari untuk bersiul alias kita sering menyiul-siul si burung tersebut teman-teman ini juga bakal berefek burung pada burung tersebut nantinya

lho kok bisa ya ?. Ya tentu bisa ya temen-teman karena burung ini sangat mudah sekali untuk meniru suara-suara dan mudah sekali untuk nyantel dalam otaknya atau memorinya.

Dan akhirnya ujung-ujungnya burung ini bisa meniru dengan siulan kita yang tidak bagus ini Nah akhirnya ujung-ujungnya burung ini menjadi jelek ya teman-teman, terlebih jika burung cucak ijo ini akan kita cetak untuk burung lapangan atau prospek gantangan, tentu hal ini tidak sama sekali kami rekomendasikan ya untuk siul-menyulin si cucak ijo kalian.

Hindari Kebiasaan Menggoda Cucak Ijo

Selanjutnya untuk yang kelima jangan sekali-kali kita menggoda burung tersebut teman-teman jadi jangan sering menggoda burung tersebut ini juga bahkan berefek pada kurang baiknya burung tersebut nantinya temen-temen, contoh :

Jika kita sering menggoda ini bisa berakibat manja pada burung tersebut dengan jikalau tidak digoda maka terkadang si burung cucak ijo kalian ini tidak mau bunyi ya

jadi bunyinya saat ketika di goda saja yang terparah kalau kita sering menggoda tentu sangat tidak baik jika burung ini dilombakan ya, cucak ijo kalian itu kalau tidak digoda ini tidak bakalan bunyi walaupun di tempat ramai / di gantangan

dan nantinya atau ujung-ujungnya eh kita lah yang berbunyi nantinya atau berisik koar-koar di lapangan, kan malu ya sama juri hehehehe, gacoran si pemilik nya daripada burung nya ahahahahah. Bagaimana jika ada aturan di perlombaan no teriak ?. kan kita sendiri yang repot ya.

Hindari Menyemprot Burung Langsung Ke Area Wajah

Nah untuk yang ke-6 jangan sekali-kali kita menyemprot kalau atau memandikan burung itu jangan langsung kalian arahkan ke mukanya terlebih dengan volume air / semprotan yg kenceng banget ini juga sangat berbahaya karena air yang kita semprotkan dapat masuk ke dalam hidung ini bisa menyebabkan sakit atau pilek nya burung tersebut ya.

Karena burung cucak ijo ini termasuk salah satu burung yang rentan dengan penyakit temen-temen penyakit pilek penyakit batuk juga salah ya teman-teman ini rentan sekali kalau untuk burung cucak hijau kalau ketemu dengan cara yang benar itu semprot lah dari atas atau dari samping ya.

pantangan-rawatan-cucak-ijo

Hindari Minuman Yang Bersifat Manis Dan Asam

Dan selanjutnya sebisa mungkin kita berusaha menghindari minuman yang terlalu manis dan bersifat panas teman-teman ini memang kalau kita berikan minuman yang manis ini bisa burung ini bisa cepat gacor ya teman-teman karena burung ini memang salah satu burung yang suka manis dan asam ya teman-teman

Jadi kalau terlalu manis ini juga sangat berbahaya sekali yang pertama bisa rontok bulu bisa cepat sekali menimbulkan OB Teman Dan kasus yang terparah ini bisa cepat serak burung tersebut temennya kalau kita memberikan terlalu seringnya memberikan minuman Terlalu Manis secara rutin,

Nah kalau untuk minuman yang bersifat panas kita yang memberikan madu murni ataupun madu madu yang lain yang bersifat manisnya sangat berasa ya, Yang jelas pasti itu bersifat panas, jika kalian memaksakan untuk memberikan madu asli ini tentu sangat berbahaya apalagi madu yang murni, tentu ini sangat tidak dianjurkan untuk burung cucak ijo kalian ya.

Hindari Membangunkan Cucak Ijo Yang Sedang Tidur

Nah untuk yang ke-8 Jangan pernah kita membangunkan burung cucak ijo yang sedang tidur dengan cara dadakan teman jadi kalau kita membangunkan ini cukup kita ketuk ketuk dulu ya sangkarnya biar dia tidak terlalu kaget kalau kita langsung memegang sangkar / kandangnya jika ingin kita pindahkan atau niat nya ingin mengembunkan burung dengan cara dadakan alias dikagetkan ini sangat berbahaya

karena jenis cucak ijo ini mudah sekali akan kaget dan stress ya bahkan untuk kasus yang sering terjadi burung ini bisa mati mendadak ini pastinya sangat tidak dianjurkan dan sangat berbahaya bagi keselamatan burung tersebut.

Hindari Pencahayaan Lampu Yang Terlalu Terang Tanpa Kerodong

Dan untuk yang ke-9 ini jangan pernah kita menaruh burung cucak ijo di depan lampu pada malam hari tanpa kerodong temen-temen ini juga sangat berbahaya bagi keselamatan burung tersebut karena burung ini sangat lincah sekali untuk menangkap daripada kleper kupu alias serangga yang bersifat racun ya teman-teman

kalau sampai termakan kleper ini pastinya dia akan mati ya Temen rata-rata dan Selain itu dia juga bisa terkena retina daripada matanya ya teman-teman kalau melihat lampu terlalu dekat dan tanpa menggunakan kerodong, tentu juga sangat tidak dianjurkan untuk perawatan burung cucak ijo.

Nah jadi kalau malam hari lebih baik kita menggunakan bahan kerodong itu ya jangan yang terlalu tebal ya, nanti terlalu gelap tanpa cahaya, dan ini bisa membuat kaget si cucak ijo tersebut yg akhirnya gelabakan nabrak-nabrak di dalam sangkarnya, yg bisa berakibat fatal juga ya.

Hindari Pemberian Jangkrik Langsung Dengan Tangan

Untuk yang terakhir Jangan pernah kita menenteng wadah yang berisi jangkrik dan burung tersebut sering melihat teman ataupun kita menenteng tempat jangkrik dengan cara memberikan jangkrik nya itu langsung menggunakan tangan ya.

nah ini yang terjadi burung ini akan mengejar daripada orang yang bawa jangkrik tersebut teman-teman karena sudah terbiasa seperti itu ini efeknya di kedepannya nanti temennya kalau burung yg dilombakan

yg di khawatirkannya buat harian pun itu akan bermasalah kalau kita sering memberikan jangkrik itu dia sering melihat banget pakai tangan ini juga sangat berbahaya, karena nanti akan bertabiat kebiasaan buruk ya.

Demikianlah tips seputar pantangan burung cucak ijo yg bisa kami share kepada temen-temen cucak ijo mania indonesia ya, jika artikel ini menurut kalian bermanfaat, silahkan share sebanyak-banyak nya ke temen-temen yang lain. Terima kasih. Salam kicau mania.

baca juga : pasaran harga burung cucak ijo