Mengenal Ikan Platy dan Cara Perawatannya

Ikan Platy – Mencari ikan yang penuh warna dan kuat yang mudah berkembang biak dan terlihat bagus dengan tanaman hidup? Platy selalu menjadi salah satu livebearer favorit kami untuk direkomendasikan baik untuk pemula maupun veteran.

Pelajari lebih lanjut tentang persyaratan perawatan mereka dalam hal perumahan, teman seakuarium, makan, dan tentu saja berkembang biak. Platy adalah nama umum ikan air tawar dalam genus Xiphophorus yang tidak memiliki pedang di bagian bawah ekornya.

Kedua spesies tersebut adalah pembawa hidup, mirip dengan ikan lain dari famili Poeciliidae, seperti guppy dan molly. Platy berasal dari pantai timur Amerika Tengah dan Meksiko selatan Dua spesies,

platyfish selatan dan platy variatus, telah dikawinkan hingga sulit dibedakan. Kebanyakan platy yang sekarang dijual di akuarium adalah hibrida dari kedua spesies tersebut

Ikan Platy

Deskripsi Lengkap Ikan Platy

Platy adalah livebearer populer di hobi akuarium air tawar yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Dua spesies yang paling umum tersedia di toko ikan adalah Xiphophorus maculatus (ikan platy selatan) dan Xiphophorus variatus (variatus atau variatus platy). Mereka dapat kawin silang satu sama lain dan dengan spesies swordtail, yang menghasilkan banyak variasi warna.

Apa saja jenis ikan platy yang berbeda? Warna dan pola baru terus diproduksi, tetapi beberapa varietas yang paling populer termasuk Mickey Mouse, sunburst, red wag, blue, bumblebee, dan platy lentera hijau.

Seberapa besar ukuran platy? Platy tumbuh hingga berukuran sekitar 2-3 inci (5-7 cm), tetapi platy kerdil (yang telah dibiakkan secara selektif karena panjang tubuhnya yang lebih pendek) biasanya tetap berukuran sekitar 1 inci (2,5 cm).

Berapa umur ikan platy? Ikan platy yang sehat dapat hidup hingga 3-4 tahun jika dipelihara di lingkungan yang optimal dengan air bersih, stres rendah, dan nutrisi yang baik.

Berapa harga ikan platy? Plati relatif murah dan dapat ditemukan di toko ikan seharga $2 hingga $4 masing-masing, tergantung jenisnya.

Cobalah untuk mendapatkan ikan tersehat yang memiliki mata cerah, perut kenyang, dan perilaku aktif. Jika Anda melihat ikan lain yang sakit di tangki yang sama, mungkin lebih aman mengunjungi toko lain untuk mendapatkan ikan plati Anda.

ikan platy termahal

Mempersiapkan Tangki Aquarium Ikan Platy

Platy dapat hidup di akuarium berukuran 10 hingga 20 galon atau lebih besar. Kebanyakan livebearer lebih menyukai pH yang lebih tinggi, tetapi platy dapat mentolerir rentang yang sangat luas dari 6,8-8,5 menurut pengalaman kami. Mereka juga menikmati air yang lebih keras,

jadi jika air keran Anda sangat lunak, pertimbangkan untuk menambahkan lebih banyak mineral menggunakan Seachem Equilibrium atau Wonder Shell. Kami juga suka memelihara platies kami dengan tanaman akuarium hidup untuk membantu mengkonsumsi sebagian limbah organik yang dihasilkan oleh ikan.

Apakah ikan platy membutuhkan pemanas?

Kebanyakan platy bekerja dengan baik dengan suhu dari 70-82 ° F, tetapi jika AC Anda disetel dengan kecepatan penuh, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mendapatkan pemanas akuarium. Namun, platy variatus terbiasa hidup di perairan yang lebih dingin dan tidak membutuhkan pemanasan ekstra saat disimpan di suhu ruangan.

Apakah platy membutuhkan pompa udara?

Anda dapat menggunakan hampir semua jenis filter akuarium dengan platy Anda, termasuk yang menggunakan pompa udara. Filter akuarium membantu menjaga air tetap bersih dari partikel yang mengambang, mengolah limbah nitrogen di dalam air, dan memastikan ikan Anda mendapatkan oksigen yang cukup. Baca artikel ini untuk informasi lebih lanjut tentang filter mana yang tepat untuk Anda

Bisakah platy bertahan hidup di kolam?

Ya, kami sangat merekomendasikan platies variatus sebagai ikan yang sangat baik untuk dipelihara di kolam mini luar ruangan selama musim panas yang lebih hangat. Baca tutorial kolam mini kami untuk detail lebih lanjut tentang cara menyiapkannya.

Berapa banyak piring yang harus disatukan? Sekelompok tiga hingga enam platy adalah titik awal yang baik. Seperti kebanyakan livebearer, pejantan selalu ingin kawin, jadi usahakan untuk memelihara setidaknya dua betina untuk setiap pejantan untuk memberi kesempatan pada betina.

Bisakah ikan platy hidup sendiri? Ya. Sementara platies tampaknya menikmati kebersamaan dengan jenisnya sendiri, mereka cenderung tidak bersekolah bersama dalam kelompok yang ketat kecuali mereka berpikir Anda akan memberi mereka makan.

Ikan apa yang bisa hidup dengan platies? Livebearer yang ramah ini dapat dipelihara dengan ikan komunitas berukuran serupa. Beberapa teman akuarium yang damai untuk dipertimbangkan termasuk tetra dan rasbora kecil, cory catfish, siput, bristlenose plecos, dan rainbowfish.

Bisakah platy hidup dengan ikan cupang? Yang paling disukai. Dalam pengalaman kami, ikan cupang biasanya dapat hidup dalam akuarium komunitas yang damai dengan platies. Pastikan mereka ditempatkan di akuarium yang cukup besar dengan banyak tanaman atau dekorasi sehingga cupang memiliki wilayah yang cukup untuk disebut miliknya.

Jenis-jenis Makanan Ikan Platy

Ikan yang tidak banyak menuntut ini adalah omnivora dan akan memakan hampir semua yang Anda masukkan ke dalam akuarium. Pastikan untuk memberi mereka berbagai macam makanan – seperti serpihan berkualitas tinggi, pelet, makanan beku-kering, dan makanan beku – sehingga mereka mendapatkan diet lengkap dengan semua vitamin dan nutrisi yang diperlukan.

Seberapa sering platy harus diberi makan?

Sekali sehari baik-baik saja untuk orang berusia mapan, sedangkan dua sampai tiga kali makan kecil sehari lebih disukai untuk remaja yang sedang tumbuh. Jika Anda melihat kotoran panjang yang terus-menerus menjuntai dari platies Anda, Anda mungkin memberi makan ikan secara berlebihan, jadi pertimbangkan untuk mengurangi ukuran porsinya.

Berapa lama piring bisa bertahan tanpa makanan?

Di alam liar, makanan tidak selalu tersedia, jadi ikan belum tentu bisa makan setiap hari. Jika Anda akan berlibur selama seminggu atau kurang, ikan Anda dapat dengan mudah bertahan hidup tanpa makanan. Namun, jika Anda akan pergi selama dua minggu atau lebih, pertimbangkan untuk membeli pengumpan makanan ikan otomatis atau mencari pengasuh hewan peliharaan untuk merawat ikan Anda.

Reproduksi Ikan Platy

Platy adalah pembawa hidup, yang berarti mereka melahirkan anak muda. Dibandingkan dengan bayi ikan yang menetas dari telur, burayak biasanya lebih besar, lebih cepat, dan memiliki tingkat kelangsungan hidup yang jauh lebih tinggi. Dalam kondisi yang tepat, platy betina bisa melahirkan 20 hingga 50 bayi per bulan.

Akankah platy fry bertahan hidup di tangki komunitas?

Orang – orang tidak menunjukkan perhatian orang tua terhadap anak mereka dan dengan senang hati akan memakannya jika diberi kesempatan. (Faktanya, salah satu cara untuk mengendalikan populasinya adalah dengan membiarkan ikan berusia mapan lainnya memakan burayak sehingga hanya satu atau dua dari setiap

kelompok yang akan bertahan hidup.) Jika Anda ingin meningkatkan tingkat kelangsungan hidup mereka di tangki komunitas, berikan banyak dekorasi, batu, kayu, atau tanaman hidup sebagai penutup burayak untuk bersembunyi. Selain itu, jika Anda menggunakan filter hang-on-back atau canister, pastikan untuk menutup pipa masuk filter dengan spons pra-filter dengan ukuran yang sesuai agar tidak tersedot secara tidak sengaja.

Baiklah sobat omkicau itulah tadi ulasan lengkap tentang ikan platy yang berhasil kami rangkum untuk kalian, semoga bermanfaat. Untuk informasi tentang dunia hobi lainnya kalian bisa cari di kolom pencarian. Terimakasih banyak sampai jumpa pada postingan artikel lainnya.

Related Posts
9 Jenis Ikan Buntal Air Tawar
9 Jenis Ikan Buntal Air Tawar

9 Jenis Ikan Buntal Air Tawar - Ikan buntal adalah ikan yang menggembung ketika merasa terancam. Fitur unik ini mempesona Read more

Contoh Teks Ulasan: Panduan Lengkap untuk Menulis Ulasan yang Berkualitas
Contoh Teks Ulasan

Contoh Teks Ulasan : Ulasan merupakan tulisan yang memberikan evaluasi atau pendapat tentang suatu produk, layanan, atau karya. Dalam artikel Read more