Mengenal Jenis Ikan Botia dan Keunikannya

Ikan Botia terdiri dari 56 spesies unik dalam keluarga loach. Mereka adalah ikan yang sangat aktif dan mudah bergaul, dan harus dipelihara dalam kelompok yang terdiri dari setidaknya lima individu. Karena mereka harus disimpan dalam kelompok, Anda memerlukan tangki besar berisi 30 galon (110 L) atau lebih.

Botia lebih rentan terhadap penyakit daripada ikan lain, jadi pastikan Anda mengganti airnya secara teratur, beri mereka makanan sehat, dan awasi penyakitnya. Jangan ragu untuk membawanya ke dokter hewan jika terlihat lesu atau sakit.

Pada tahun 2004 Maurice Kottelat mengusulkan dalam makalahnya (bersama dengan deskripsi Botia kubotai, lihat Referensi di bawah) untuk membagi genus menjadi empat genera terkait berdasarkan penampilan dan lokalitas ikan:

– Botia untuk ikan loach India (tubuh lebih pendek).
– Chromobotia untuk loach badut.
– Syncrossus untuk loach harimau (tubuh memanjang).
– Yasuhikotakia untuk Mekong loaches (tubuh lebih pendek).

Genus lain, Parabotia, sebelumnya dianggap sebagai genus terpisah. Ia memiliki tubuh memanjang yang sangat mirip dengan Syncrossus, tetapi jangkauannya sebagian besar terbatas di China. Dengan semua ini sebagai genera terpisah, spesies Botia terbatas di Asia Selatan (termasuk Burma).

Jenis Ikan Botia

Deskripsi Tentang Ikan Botia

Ikan dalam genera ini memiliki sepasang duri tajam di bawah rongga mata mereka. Duri ini biasanya terletak rata, tetapi dapat diperpanjang saat loach merasa terancam. Perilaku ini jarang diamati saat ikan sedang berenang, tetapi harus berhati-hati saat menangkap botia dengan jaring duri yang menonjol dapat terjerat,

menyebabkan cedera pada ikan dan/atau merusak jaring. Kehati-hatian juga harus diberikan saat mengangkut botia yang lebih besar, karena duri subokularnya dapat menusuk kantong polietilen penutup yang biasanya digunakan untuk tujuan ini.

Salah satu ciri khusus kelompok loach ini adalah kemampuannya menghasilkan suara “klik” yang keras, yang biasanya terdengar selama waktu makan. Kebisingan ini berasal dari jenis gigi faring khusus yang digunakan untuk mengeluarkan siput dari cangkangnya. Untuk aquarists, ini memberi botia aplikasi praktis, karena dapat digunakan untuk melawan serangan siput.

Keunikan lain dari botia adalah mereka sering terlihat berbaring miring atau dalam posisi aneh lainnya. Meskipun ini bisa menjadi perilaku normal dan sehat untuk botia, hal ini jarang terlihat pada jenis ikan lainnya. Kebiasaan yang tidak biasa ini sering menyebabkan kepanikan yang tidak perlu bagi aquarist yang tidak berpengalaman, yang secara keliru menganggap ikan mereka sakit.

Cara Memelihara Ikan Botia

Salah satu kesenangan terbesar dalam hobi air tawar tropis tentunya adalah memelihara ikan loach dari genus Botia, anggota keluarga Cobitidae. Sayangnya, menemukan informasi yang akurat tentang perawatan mereka bisa jadi sulit, dan banyak pendapat yang salah. Untuk menambah kebingungan,

genus Botia direvisi pada tahun 2004, menempatkan mayoritas loach Botiine ke dalam genera baru. Pada artikel ini, saya berharap dapat memberikan informasi yang solid tentang perawatan yang tepat dari ikan yang luar biasa ini, dan menunjukkan kepada Anda bagaimana kawanan loach dapat benar-benar menghidupkan akuarium Anda.

perawatan ikan botia

Kondisi akuarium

Ikan yang ingin tahu dan sebagian besar hidup di bawah ini berasal dari wilayah geografis yang cukup luas, yang mencakup sebagian besar Asia. Sebagai aturan, mereka lebih suka air yang lembut dan sedikit asam, dan ini harus ditiru semaksimal mungkin di akuarium rumah untuk hasil jangka panjang terbaik.

Meskipun mereka dapat menyesuaikan diri dengan air dengan kekerasan sedang, tidak adil memaksa ikan ini untuk beradaptasi dengan tingkat kekerasan dan pH yang tidak tepat. Airnya juga harus rendah nitrat, bersih dan teroksigenasi dengan baik.

Loaches, sebagai ikan sungai, terbiasa hidup di perairan segar yang bersih yang disediakan oleh saluran air asli mereka – mereka tidak terbiasa dengan penumpukan limbah organik yang dapat terjadi dengan sangat mudah dalam sistem tertutup akuarium, jadi parsial biasa perubahan air sangat penting.

Anda harus menargetkan setidaknya dua perubahan parsial per minggu, menghapus dan mengganti total volume tangki total dua puluh lima persen setiap minggu, minimal. Loach botiine akan menghargai aliran yang baik di akuarium, yang dapat disediakan oleh batang semprotan kembali dari filter eksternal atau melalui penggunaan powerhead tambahan. Ini akan meniru lingkungan alami mereka dari sungai dan sungai yang mengalir cukup deras – ikan ini sering terlihat berenang melawan arus dengan kenikmatan yang nyata.

Mengelompokkan Berdasarkan Usia

Loach Botiine adalah spesies shoaling dan harus selalu dipelihara dalam kelompok. Menurut pendapat saya, lima adalah minimum absolut. Dipelihara sebagai spesimen soliter, mereka bisa menjadi agresif atau menyendiri, yang terakhir menyebabkan mereka merana, terkadang menolak makan, menyebabkan kematian yang menyakitkan dan prematur.

Ikan ini mengembangkan ikatan sosial satu sama lain dan menemukan kenyamanan dalam bentuk kawanan orang lain dari jenisnya sendiri. Mereka biasanya akan membentuk urutan kekuasaan, dengan ikan yang dikenal sebagai ‘alpha loach’ yang jelas bertanggung jawab – ini biasanya (tetapi tidak selalu) loach terbesar di akuarium dan seringkali betina.

Ikuti aturan ‘angka’ ini dan Anda akan mendapatkan kesempatan untuk melihat mereka berperilaku secara alami dan potensi penuh mereka; sederhananya, memelihara hanya satu (atau sedikit) dari ikan yang sangat sosial ini sangatlah kejam.

Jangan terburu-buru

Botia sangat sensitif terhadap kondisi air yang kurang baik, dan karenanya tidak boleh menjadi ikan pertama yang ditambahkan ke akuarium baru. Idealnya, tangki akan dipasang selama beberapa bulan sebelum diperkenalkan. Untuk spesies yang lebih damai, Anda harus berinvestasi dalam beberapa ‘ikan dither’.

Loaches suka menjulurkan kepala keluar dari gua dan melihat ikan lain berenang, memberi tahu mereka bahwa aman bagi mereka untuk keluar dan bermain. Ikan dither yang cocok termasuk misalnya, barbs, danios, rasboras, dan tetras, tetapi ini tergantung pada spesies loach mana yang Anda pilih untuk dipelihara – beberapa tidak begitu ramah!

Memilih ikan Anda

Saat memilih loaches, Anda pasti ingin menemukan ikan yang sehat. Oleh karena itu disarankan untuk berbelanja sampai Anda yakin bahwa dealer menyediakan ikan yang cukup istirahat dan cukup makan, sebaiknya berukuran minimal 5 cm (2 inci) (dengan pengecualian spesies kerdil Y. sidthimunki).

Ikan di bawah ukuran ini umumnya lebih lemah dan mungkin tidak tumbuh dengan baik kecuali diberi makan secara intensif, yang biasanya tidak mungkin dilakukan di dalam akuarium rumahan. Loach harus diistirahatkan setelah impor selama beberapa minggu sebelum dijual untuk memastikan tidak ada masalah yang muncul. Hindari ikan yang tampak lesu dengan sirip terjepit, atau ikan yang sangat kurus.

Memperkenalkan ikan baru Anda

Loach Botiine memiliki senjata ampuh yang tersembunyi tepat di bawah mata mereka dalam bentuk duri suborbital, yang dapat mereka gunakan sebagai mekanisme pertahanan. Biasanya tetap relatif datar di bawah kulit mereka, mereka dapat dengan mudah luput dari perhatian.

Oleh karena itu, kehati-hatian harus selalu dilakukan saat menjaring ikan ini karena mereka dapat memperpanjang duri untuk membela diri saat terancam. Duri dapat terjerat dalam bahan jaring, menyebabkan mereka sangat tertekan.

Demikian pula, dealer Anda harus selalu ‘menggandakan tas’ setiap loach yang dibeli, untuk memastikan duri mereka tidak menembus tas dalam perjalanan pulang Anda. Spesimen yang lebih besar bahkan mungkin membutuhkan lapisan ketiga.

Setibanya di rumah, Anda harus mematikan lampu akuarium sambil menyesuaikan diri dengan iklim, untuk meminimalkan stres. Setelah menyesuaikan diri dan dilepaskan ke dalam tangki, Anda harus mematikan lampu selama beberapa jam setelahnya agar mereka dapat menjelajahi lingkungan baru mereka dalam kegelapan yang relatif.

Baiklah pecinta ikan semuanya itulah tadi salah satu ikan hias yang memang bukan lokal indonesia tetapi menarik sekali untuk kita pelihara menambah koleksi peliharaan kalian. Terimakasih banyak sudah mengunjungi dan membaca artikel kami.

Related Posts
5 Langkah Mudah: Cara Buat Polling di WA yang Akan Meningkatkan Interaksi!
Cara Buat Polling di WA

Cara membuat polling di WA" adalah panduan praktis untuk membuat dan mengelola polling melalui aplikasi WhatsApp. Dalam era digital saat Read more

10 Aplikasi Penghasil Pulsa Tanpa Undang Teman Terbaru 2023
Aplikasi Penghasil Pulsa

Halo sobat online semua kali ini kami akan share info seputar aplikasi penghasil pulsa nah bagi temen-temen yg ingin mendapatkan Read more