burung-cendet

Suara Burung Cendet Beserta Makanan yang Disukainya

OmKicau.id – Jenis burung pentet atau cendet adalah salah satu jenis yang banyak diperlihara oleh para pecinta burung. Selain memiliki suara kicau yang bervariasi, burung ini juga merupakan burung petarung yang banyak diminati oleh pecinta burung.

Tak hanya itu saja, burung ini juga sangat mudah sekali untuk merawatnya. Untuk itu mari simak ciri, suara, beserta makanan burung cendet atau pentet satu ini.

Memahami karakteristik burung pentet yang perlu anda ketahui


Perbedaan Ciri Burung Pentet Jantan dan Betina

Ada beberapa ciri khas yang dimiliki oleh sang burung sehingga bisa menarik perhatian para pecintanya. Pada burung jenis jantan anda akan menjumpai bulu yang berwarna hitam pada bagian pipi yang terlihat mencolok atau lugas. Sementara pada burung betina, anda akan menemukan burung yang memiliki warna hitam yang tidak terlalu mencolok.

Anda juga bisa memperhatikan bentuk kepala untuk membedakan jenis jantan dan betina. Pada jenis jantan bentuk kepala akan terlihat lebih datar atau ceper, sementara untuk jenis betina kepala akan terlihat lebih bulat atau menggelembung.

Perhatikan pula bagian ekor burung untuk bisa membedakanya. Seekor burung betina akan memiliki ekor yang berwarna hitam yang kurang ligas atau terlihat semu.

gambar-burung-cendet
Berbeda dengan burung cendet jantan yang memiliki warna hitam lugas dan terlihat lebih garang. Paruh burung jantan juga akan berbentuk supit yang kecil dan panjang, selain itu juga ada garis bulu yang tidak beraturan.

Pada burung betina, akan terlihat memiliki paruh lebih tipis dan berbeda jauh dengan paruh jantan. Selain itu anda juga bsia membedakan jenis burung jantan dan betina berdasarkan sayap yang dimiliki.

Baca Selengkapnya :  5 Macam Makanan Burung Ciblek Terbaik Yang Aman Di Konsumsi

Seekor burung jantan akan memiliki warna putih pada bagian sayap lebih banyak. Warna ini terlihat lebih dominan dibandingkan dengan burung betina, yang hanya memiliki warna putih beberapa garis saja.

Warna putih yang dimiliki pada sayap betina akan terlihat lebih semu dan kurang bersih dibandingkan milik burung jantan. Memperhatikan warna sayap ini bisa dilakukan saat burung masih kecil dan berusia anakan.

Sebenarnya jenis burung ini memiliki banyak sekali jenis yang dikenal oleh para pecinta burung. Salah satunya adalah jenis burung Balngkon yang memiliki ciri khas kepala berwarna hitam yang mirip dengan balngkon.

Adanya balngkon ini membuat burung terlihat lebih garang dan seram. Para pecinta burung mnyebut burung ini sebagai burung yang memiliki ketahanan tubuh yang kuat dan tidak mudah terkena penyakit.

Ada juga jenis cendet macan yang memiliki motif bulu yang tampak berbeda dari jenis burung lainya. Motif ini terlihat dari bulunya yang terlihat belang belang seperti macan, namun terlihat sedikit samar.

Sehingga burung ini juga dijuluki sebagai tiger shrike. Daerah persebaran burung ini ialah kawasan Siberia yaitu Timut Laut Rusia sampai wilayah timut dan tengah China, Korea, bahkan Jepang.

Makanan Untuk Burung Agar Tetap Gacor

Untuk bisa mendapatkan suara kicau yang gacor yang dimiliki oleh burung, anda harus selalu memperhatikan asupan makanan sang burung. Burung pentet adalah salah satu burung bersuara emas yang mampu berkicau hingga suara yang panjang. Selain pemeliharaan anda harus memperhatikan makanan burung ini.

Sebenarnya burung ini adalah burung yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru sehingga tidak merepotkan para pemeliharanya. Namun anda harus memperhatikan kondisi burung untuk memastikan burung mampu beradaptasi dengan lingkungan baru. Ada beberapa makanan asupan nutrisi yang harus dipenuhi untuk membuat burung bisa berbunyi gacor.

Penting bagi anda untuk mengkombinasikan pakan burung cendet agar bisa memaksimalkan gacornya. Salah satunya adalah dengan pemberian buah yang berfungsi untuk menjaga vitalitas dan kesehatan burung. Pemberian pakan buah inis angat diperluan karena memiliki kandungan berbagai vitamin dan nutrisi yang lengkap.

Baca Selengkapnya :  Cara Ternak Burung Kenari Untuk Pemula Agar Sukses

Kadar serat yang dimiliki oleh buah cukup tinggi dan mampu menjauhkan burung dari berbagai penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan burung. Pemberian buah ini juga akan membuat burung terdengar memiliki suara gacor.

Selain pemberian buah buahan, anda juga harus membuat bulu bulu burung tidak terlihat kusam ataupun lusuh, untuk menghindari dari berbagai penyakit yang mungkin menyerang burung.
Makanan burung juga bisa berasal dari varian serangga serangga kecil yang biasanya hanya diberikan sebagai pakan tambahan saja.

Anda bisa memberikan beberapa jenis serangga yang baik untuk dijadikan pakan burung mungil ini seperti kroto, cacing, ulat bambu, belalang, orong orong dan juga jangkrik. Anda bisa memberikan porsi yang cukup saja sebagai selingan dan bukan sebagai makanan pokok.

Jika dilakukan sering dikhawatirkan burung akan over birahi karena kandungan protein yang lumayan tinggi dalam pakan serangga. Anda bisa membuat jadwal pemberian makan pada burung cendet, seperti pemberian serangga dilakukan dua hari sekali selama seminggu. Selain serangga anda bisa memberikan pakan utama burung dengan voer.

Dengan memberikan pakan voer ini anda akan juah lebih praktis namun tetap memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang memadai untuk si burung. Pakan jenis ini bisa diberikan sebagai pakan pokok untuk suplai energi harian sang burung. Namun perlu diingat, tidak semua jensi pakan voer bisa diberikan pada burung ini.

Sebagian pemilik burung akan menyarankan untuk memberikan voer yang memiliki kandungan protein sebanyak 12 hingga 18 persen saja. Kadar pemberian voer yang tepat inilah yang akan membuat burung menjadi lebih aktif namun, tidak sampai kelelahan atau mengalami stress berkepanjangan. Anda bisa memuat racikan pakan pada burung seperti pemberian telur ayam, ikan segar, tepung jagung dan tomat segar.

Baca Selengkapnya :  Inilah Keistimewaan Lovebird Olive Yang Perlu Kalian Ketahui

burung-pentet

Tips Merawat Burung Agar Bisa Gacor

Penting bagi anda untuk mengetahui bagaimana perawatan burung yang benar, sehingga bisa membuat burung memiliki suara yang gacor. Perlu anda ketahui burung ini memiliki suara yang unik dan berbeda dari jenis burung gacor kabanyakan. Untuk itu anda harus tahu bagaimana merawat burung dengan benar. Salah satunya adalah dengan memperhatikan kebersihan burung.

Memperhatikan kebersihan kandang burung sangatlah penting untuk menghindari dari penyakit. Selain perawatan kandang, anda wajib untuk memperhatikan makanan yang diberikan untuk burung ini. Dengan memberikan pakan yang baik, anda akan memiliki burung cendet yang gacor dor dan bisa memenangkan kontes burung.

Sebaiknya anda juga harus menjemur burung kurang lebih selama 2 jam di pagi hari. Usahakan menjemur burung di bawah pohon, agar burung merasa berada di habitat aslinya. Untuk mendapatkan suara burung yang gacor, anda perlu melatihnya dengan memberikan master untuk burung. Hal ini dapat dilakukan dengan melatih burung dengan burung jenis lainya sehingga memiliki variasi suara yang berbeda.

Itulah beberapa ulasan menarik seputar burung cerdas yang digemari oleh kalangan pecinta burung. Untuk bisa merawat burung ini anda harus selalu memperhatikan kesehatan burung, baik dari segi kandang hingga makanan.

Selalu rutin untuk memberikan pakan yang beragam, agar burung memiliki suara gacor. Anda juga wajib untuk melakukan pemasteran pada burung sehingga burung bisa menjuarai perlombaan antar burung.

Suara Cendet Gacor Full Isian

Link | Download

Suara Cendet Juara Lomba

Link | Download

Suara Cendet Betina Gacor

Link | Download