Cara Menjinakkan Burung Emprit

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

Rate this post

Cara Menjinakkan Burung Emprit – Nama lain dari emprit ialah burung pipit dimana dia merupakan unggas pengicau kecil seperti burung gereja dan pleci tetapi dia merupakan sejenis burung finch.

Emprit ini merupakan pemakan padi-padian yang hidup liar dan di Indonesia sendiri masih cukup banyak populasinya. Memiliki suara yang cukup nyaring meskipun bertubuh kecil. Burung ini juga masih ada yang memeliharanya

meskipun dia hidup liar dan juga kalau sudah gacor suara kicauannya juga lumayan merdu bagus juga untuk masteran burung. Tetapi bagi petani burung ini juga merupakan musuh karena dia memakan padi-padi

yang siap panen sehingga ditengah sawah diberi orang-orangan sawah atau jebakan untuk menghalau si emprit ini sahabat. Pipit hasil tangkapan tentunya masih giras karena beberapa hal

jadinya dia tidak mau bunyi dan juga tidak mau makan kalau sudah begini akan sulit memeliharanya, bahkan seringnya kita menemukan dia mati karena tidak mau makan kalau sudah begini tentunya kita harus

menjinakkannya supaya dia mau makan dan mau bunyi, tapi masih bingung ya bagaimana caranya. yuk baca artikel dibawah ini sampai habis supaya kalian bisa tau cara ngejinakin si emprit ini dengan mudah.

Beberapa Cara Menjinakan Emprit

1. Terapi Mandi

Mandikan burung sampai bulunya basah kuyup saya jangan terlalu lama karena dia sebenarnya tidak tahan dingin, cara pemandiannya untuk awal -awal disemprot dengan sprayer setingan halus.

Tidak perlu dimandikan setiap hari cukup 3 kali seminggu atau 2 hari sekali. kalau dia sudah mulai beradaptasi bisa juga dengan dimasukan kedalam baskom kecil yang diisi air biarkan dia berenang.

Baca Selengkapnya :  Cara Perawatan Menaikan Emosi Kacer Lagi Birahi Supaya Seimbang

Proses ini jangan lama-lama takutnya burung bisa mati cukup 5 menit saja sekali terapi. lakukan 1 kali dalam seminggu. karena pada dasarnya burung pipit kurang suka mandi tetapi untuk dijinakan harus ya sobat.

2. Terapi Lapar

Untuk cara yang satu ini memang banyak dipakai untuk menjinakan burung kicau lain seperti pada kacer, lovebird, kenari dan jenis burung lain. memang terbilang efektif karena dia akan menurut dengan kita karena kelaparan.

Tetapi satu hal yang harus diingat dalam terapi lapar ini jangan terlalu lama membuatnya lapar karena takutnya si burung gak kuat malah jadi kelabasan mati tentunya kasihan kan si burung.

Kalau sudah sekitar 2 sampai 3 jam tidak diberi makan kamu boleh coba-coba menyuapinya makanan bisa voer atau padi-padian. dicoba dan kalau mulai mau dimasukan ke cepuk makanan. Terapi ini biasanya memakan waktu 7 hari.

makanan-burung-emprit-sawah

3. Buat Makanan Lolohan

Kalau dia masih tidak mau makan voer atau padi-padian sendiri atau disuapin kalian bisa membuat racikan makanan dari bubur bayi rasa beras merah yang dicampur dengan sedikit air lalu makanannya

dimasukan ke dalam spet lolohan burung sambil disuapi, lakukan dengan sepenuh hati tentunya bisa membangun kedekatan kita dengan burung. tidak hanya untuk burung anakan burung yang sudah dewasa juga bisa diloloh.

Memang pada awalnya akan sulit pasti dia akan memberontak dan tahan karena tangan kita pasti akan menjadi sasaran gigitan itulah upaya dia untuk melepaskan diri dari pegangan kita tapi kita lakukan dengan sabar dan lembut ya.

Nah sobat kicau itulah tadi beberapa cara menjinakkan burung emprit semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian semua dan kami ucapkan banyak terimakasih. terus dukung blog kami dengan rajin membaca informasi disini.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari