Cara Agar Burung Pleci Bustomi (Buxtoni ) Agar Cepat Buka Paruh

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

pleci bustomi – Nah pada kesempatan kali ini omkicau akan membahas tentang perawatan pleci bustomi supaya cepat gacor ngalas dan bukpar ya, berbicara masalah burung imut yang memiliki banyak penggemar di nusantara dan sering disebut-sebut sebagai burung kacamata ada berbagai jenis burung pleci yang di sesuaikan dengan asal daerahnya.

Namun pembahasan artikel ini dikhususkan untuk pleci bustomi atau yg sering dikenal dengan buxto ya. Dari berbagai kalangan para penghobi (pleci mania) banyak menjadikan jenis pleci buxtomi ini sebagai burung lapangan dan yang istimewanya lagi 80% mendominasi sebagai burung yg banyak mendapatkan prestasi. Apakah bisa dikatakan jenis ini bagus untuk dijadikan sebagai burung lomba ?. Jawabannya : YA !.

Khusus bagi para pemula yg ingin dan baru memulai karirnya dalam hal merawat pleci terlebih ingin dicetak sebagai burung gantangan, berdasarkan pengalaman dan rekomendasi dari Om Kicau sangat baik jika temen-temen memilih tipe pleci buxtomi ini ya :

Tips Membedakan Jantina Pleci Buxtomi


Ciri pleci buxtomi jantan : jika diperhatikan dari bentuk paruhnya memiliki warna hitam yang lebih pekat (jelas) sorot matanya tajam ya dan lebih terlihat berbentuk bulat ya, warna bulu tampak lebih cerah dan terang, amati juga dari cengkraman kakinya, tentu untuk yg jantan terlihat kokoh dan kuat ketika bertengger di tangkringannya ya. Bentuk ekor di ujung menyerupai huruf “V” ya, dan biasanya memiliki ukuran tubuh yg sedang dan panjang atau tidak terlalu bulat. Dan untuk yg betina kebalikannya ya temen-temen.

Baca Selengkapnya :  Makanan Burung Puyuh

Nah hal yang paling utama dan terpenting sebelum memilih burung pleci ini kalian harus paham terlebih dahulu ya, mengetahui cara perbedaan pleci buxtoni jantan dan betina biar nantinya tidak salah dalam memilihnya. Namun untuk harga pleci buxtomi saat ini bisa mencapai kisaran : 50 ribu sampai 350 ribuan per ekornya, masih sangat terjangkau ya temen-temen.

pleci-bustomi-jantan

Tips Rawatan Hariannya Yg Tepat


Nah disini di tekankan lagi mengenai pola rawatan setiap hari yang alami serta baik dan benar tanpa menggunakan doping ya !. Namun dipastikan burung akan gacor dan buka paruh nantinya !.

Berikut cara merawat pleci bakalan agar cepat bunyi : Nah jika temen-temen sudah mendapatkan pleci yang sesuai dengan apa yang sudah kalian pilih dan inginkan, tentu tahapan selanjutnya adalah kepada perawatan hariannya ya.

Persiapan Kandang Beserta Aksesoris Kebutuhannya

Perlu diketahui hal yang pertama kalian harus menempatkan burung tersebut di kandang yang nanyaman (ideal) ya. Jangan kebesaran dan juga terlalu kecil ya, yg penting sesuai lah.

Nah sebelum kita memasukkannya, untuk berbagai keperluan, aksesoris seperti tangkringan, wadah pakan dan minumnya, hingga alas kotorannya sudah ditempatkan di dalam nya ya. Jadi nanti apabila kita sudah memasukkan burungnya kedalam kandang tentu kalian tidak perlu mengobok-obok lagi. Namun yang paling utama adalah masalah dari tangkringan burung ya, di usahakan menggunakan kayu yang kuat dan memiliki diameter yg pas dengan kaki si burung, bertujuan agar membuat burung bertengger di tangkringan nyaman, buatlah sebanyak 2 – 3 tangkringan, baik berbentuk silang ataupun sejajar turun tangga.

Proses Penjinakkan Terlebih Dahulu

Teman-teman kita harus bisa melakukan pencetakan teman-teman penjinakan itu bisa dilakukan dengan cara kita memandikannya sesering mungkin ya setelah itu setelah basah kuyup kita tempatkan di tempat ramai, bisa juga di ruang keluarga, teras ataupun ruang tamu juga boleh, intinya pilih tempat yang biasa dilalui orang ya temen-temen.

Baca Selengkapnya :  Minuman Burung Ciblek Agar Gacor

Jika si pleci ini sudah terlihat tenang dan jinak tentu sangat mudah bagi kalian untuk melakukan proses rawatan hariannya ya.

pleci-buxtoni

Baca juga ciri pleci dakun mata putih

Mengajari Pleci Bahan Untuk Makan Voer

Nah jika burung kita sudah masuk ke dalam sangkar, teman-teman yang bisa menganalisa burung tersebut itu sudah ngepur apa belum ?. Nah jika sudah ngepur ya Pilihlah yang berkualitas temen-temen kalau saya ini pakai jenis merk leopard ya, namun jika belum teman-teman bisa melatih terlebih dahulu agar si burung mau untuk memakan voer ya.

Cara mengajarinya tentu sangatlah mudah, kalian bisa memberikan buah pisang yg dicampur dengan voer halus yang sudah disiapkan sampai 4 – 5 hari lamanya, dan di hari ke 6 atau pas 1 minggu burung pasti sudah bisa beradaptasi dengan asupan voer itu sendiri, jadi jika kita taruh voernya langsung tentu akan dimakan oleh burung pleci tersebut ya.

Rajin Mengembunkan Burung Pleci

Namun untuk langkah selanjutnya teman- teman, kita dituntut untuk mengembunkannya setiap hari karena pengaruh dari terapi embun ini, dan bisa meningkatkan hasrat burung untuk lebih rajin untuk berkicau ya teman-teman.

Nah ketika diembunkan itu tentu lebih tenang dan lebih segar yang dimana dia merasa sedang berada di alam liar atau di alam lepas akibatnya Dia merasa lebih nyaman sehingga bisa meningkatkan frekuensi kicauannya. Berarti pengembunan ini wajib dilakukan setiap harinya ya, jika kondisi burung sehat. Namun jika burung sedang sakit atau cuaca tidak mendukung (saat sedang musim hujan) misalnya, sebaiknya tidak usah di embunkan dahulu ya.

Teknik Penjemuran Yang Tepat

Penjemuran penjemuran ini juga harus dilakukan setiap hari teman-teman kita bisa menjemurnya dari jam 7 sampai jam 10 ya teman-teman, atau ketika burung pleci kita sudah terlihat gelisah mangap baru boleh di anginkan di tempat yg teduh ya, dan jika kita mendapati burung yang tahan jemur karakternya kadang saya tahan tunggu sampai jam 10 kadang sampai jam 11 siang malahan, karena ada 2 jenis karakter si pleci ya, ada yang kuat jemur dan ada juga yg tidak kuat.

Baca Selengkapnya :  Masteran Suara Burung Kenari

Pemberian EF Pakan Tambahan Yg Bervariasi

Buah yang aman untuk di konsumsi oleh pleci ini, kalian bisa memberikannya seperti Pepaya, pisang atau apel ya, jadi tidak masalah ya jika memberikannya setiap hari atau setelah buah-buah yang kita berikan itu sudah habis kita bisa ganti dengan buah yang lain dengan tujuan agar lebih variatif dengan begitu burung itu akan lebih tercukupi nutrisi kebutuhannya, sehingga frekuensi bunyi nya bisa lebih meningkat ya.

Nah untuk EF yg berbentuk serangga, kalian juga bisa memberinya extra fooding itu sama seperti burung pada umumnya yaitu bisa diberikan jangkrik ya tapi yang berukuran kecil saja ya yg disesuaikan dengan tubuh si burung juga ya, dan bisa juga kalian memberikan kroto juga atau ulat kandang atau juga ulat Hongkong Nah kalau saya ini biasanya saya berikan Hongkong 2 ekor pagi dan sore.

Demikianlah tips dan informasi seputar pleci bustomi yg bisa kami share untuk temen-temen pleci mania semua, semoga kiranya dapat bermanfaat ya, Salam satu hobi (kicau mania indonesia).

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari