Mengenal Ikan Arwana Sang Pembawa Keberuntungan

Mengenal Ikan Arwana Sang Pembawa Keberuntungan – Hai pecinta ikan hias, ada banyak jenis ikan yang menjadi peliharaan di rumah mulai dari yang berukuran kecil hingga ke yang ukurannya besar. Salah satu yang paling favorit ialah ikan Arwana.

Ikan ini terkenal dengan mitologi keberuntungannya. Menurut mereka yang percaya bahwa memelihara arwana dapat mendatangkan kebetuntungan bagi pemiliknya. Selain itu juga ikan arwana menjadi ikon ke suksesan bagi si pemilik, tak heran ikan ini ditempatkan

di akuarium yang bagus di rumah siempunya. Selain itu harga per ekor ikan ini juga cukup fantastis sekali. Baiklah kalau kalian tertarik untuk mengenal ikan hias yang satu ini langsung kalian baca artikel dibawah ini sampai habis.

Mengenal Ikan Arwana Sang Pembawa Keberuntungan

Mangena Ikan Arwana Sang Pembawa Keberuntungan

Ciri Fisik Ikan Arwana

Kalau diperhatikan secara fisik, bentuk tubuh dan kepala arwana terlihat padat. Tubuhnya gepeng dan punggungnya datar, hampir lurus dari mulut hingga sirip punggung. terdapat garis lateral atau gurat sisi yang terletak di samping kiri dan kanan tubuh arwana panjangnya antara 20–24 cm.

Bentuk mulutnya mengarah keatas dan mempunyai sepasang sungut pada bibir bawah, memiliki ukuran mulut lumayan lebar dan rahangnya cukup kuat. Coba kalian hitung giginya yang berkisar antara 15 – 17 buah . Bagian insangnya dilengkapi dengan penutup insang.

Letak sirip punggungnya berdekatan dengan pangkal sirip ekor (caudal), Sirip anusnya lebih panjang daripada sirip punggung (dorsal), hampir mencapai sirip perut (ventral).Panjang arwana indukan sangat variatif, antara 30–80 cm.Bentuk badannya gepeng dan bersisik besar meliuk-liuk indah saat berenang di akuarium.

Ditambah tumbuhnya dua sungut di ujung bibir bawah membuat ikan ini mirip liong atau naga. Karena itu, tidak mengherankan jika sebagian masyarakat menyebutnya dengan kimliong atau ikan naga emas. Seperti naga, arwana juga dianggap sebagai simbol keberhasilan, keperkasaan, dan kejayaan.

Habitat Aslinya

Ikan siluk atau arwana , merupakan salah satu satwa langka Indonesia dengan habitat asli Kalimantan dan Papua. arwana memiliki berbagai nama lokal seperti: Ikan Naga, Barramundi, Saratoga, Pla Tapad, Kelesa, Siluk, Kayangan, Peyang, Tangkeleso, Aruwana/Arowana.

Ikan yang cukup langka ini memiliki habitat sebagai tempat hidupnya yaitu pada tepian sungai yang ditumbuhi pepohonan seperti pohon engkana, putat, rasau, dan entangis di mana pohon-pohon tersebut memiliki akar di dasar sungai dengan batang pohon di dalam air, tetapi daun-daunnya rimbun ke atas.

Di habitat seperti inilah ikan-ikan arwana berada, berkembang biak dan bersembunyi. Ikan siluk/ arwana termasuk surface feeder dengan pakan alami berupa mikrokrustasea, insekta, ikan kecil, krustasea, dan sedikit material tumbuhan.

Jenis – Jenis Ikan Arwana

Arwana Merah

Arwana merah berasal dari berbagai tempat di Propinsi Kalimantan Barat, seperti dari Sungai Kapuas dan Danau Sentarum yang dikenal sebagai habitat dari Super Red (Chili dan Blood Red). Perairan ini merupakan wilayah hutan gambut yang menciptakan lingkungan primitif bagi ikan purba tersebut.

Akan tetapi kondisi mineral, lingkungan air gambut, dan banyaknya cadangan pangan yang memadai telah mengkondisikan pengaruh yang baik terhadap evolusi warna pada ikan yang bersangkutan. Pengaruh geografis itu juga menyebabkan terciptanya variasi yang berbeda terhadap morfologi ikan ini,

seperti badan yang lebih lebar, kepala berbentuk sendok, warnah merah yang lebih intensif, dan warna dasar yang lebih pekat. Warna merah penuh tampak pada sirip ikan muda, pada bibir dan juga sungut. Menjelang masuk usia mapan, warna merah akan muncul di berbagai bagian tubuh lainnya, terutama pada tutup insang dan pinggiran sisik, sehingga tubuh ikan terlihat berwarna merah.

cara memelihara ikan arwana

Arwana Hijau

Arwana hijau ditemukan di Thailand, Malaysia, Myanmar, Komboja, dan juga di beberapa tempat di Indonesia. Variasi penampakandan warna bisa saja ditemukan di masing-masing daerah. Meskipun demikian secara umum dapat dikatakan bahwa pada umumnya berwarna kelabu kehijauan dangan pola garis-garis berwarna gelap pada ekor. Kepala dan mulutnya lebih besar dan lebih membulat dibandingkan dengan jenis arwana asia lainnya.

Arwana Banjar Merah

Banjar Merah boleh dikatakan merupakan varietas arwana merah kelas 2 dan diketahui bukan merupakan strain murni arwana merah. Penampakannya ditunjukkan oleh warna sirip yang orange pucat, ekor berwarna orange atau kuning, dan tidak memiliki warna merah di badan maupun di pipi.

Sepintas Banjar Merah muda sangat mirip dengan Arwana Merah muda, sehingga tidak jarang hal ini dapat mengecoh para hobiis baru. Banjar dicirikan juga oleh bentuk kepala yang cenderung membulat dengan mulut yang tidak terlalu lancip.

Bagaimana guys, setelah membaca artikel Mengenal Ikan Arwana Sang Pembawa Keberuntungan apakah kalian tertarik untuk memelihara ikan keberuntungan ini? Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih banyak sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Related Posts
Cara Download Aplikasi Picsart Premium Terbaru 2022
Aplikasi Picsart Premium

omkicau.id : Kali ini akan berbagi tips bagaimana cara download aplikasi picsart premium terbaru 2022, untuk kalian yg belum pernah Read more

Cara Download Video Twitter: Trik Terbaru yang Harus Kamu Coba!
cara download video twitter

Petunjuk langkah demi langkah untuk mengunduh video dari Twitter dengan mudah dan cepat. Pelajari cara di artikel ini. Apakah kamu Read more