burung-cililin

Suara Burung Cililin Tembakan Panjang Baik Untuk Isian

OmKicau.ID – Burung Cililin yang termasuk dalam keluarga gagak ini umumnya memiliki dua warna yaitu hitam dan cokelat. Anda harus selalu memperhatikan dengan baik bagaimana perwatan burung agar memiliki suara yang bagus, karena burung ini dinilai sangat sensitif.

Bagi anda yang baru saja memiliki burung ini, ada baiknya anda mulai memperhatikan bagaimana perawatan burung cililin tersebut. Mari simak ulasan cara merawat burung agar tetap bunyi gacor berikut.

Cara Merawat Burung Agar Tetap Gacor


1. Proses Penjinakan

Hampir semua burung pasti akan mengalami penjinakan ketika anda membeli bakalanya. Umumnya hampir semua burung baru akan sangat giras atau liar. Sebelum anda membeli burung, anda harus tahu bagaimana memiliki bakalan burung yang baik dan berpotensi. Penjinakkan ini bisa dilakukan dari tempat pembelian burung.

Cobalah untuk memberikan tempat yang baik, jauh dari hewan pengganggu agar burung tidak mudah stress.

Ada dua jenis lokasi yang bagus untuk membantu mengadaptasi burung, yaitu tempat ramai agar burung terbiasa dengan lingkungan sekitar. Namun ada juga beberapa pecinta burung yang menyarankan untuk menempatkan burung di tempat yang sepi, agar tidak kaget dan cepat untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Anda bisa menggunakaa metode tangan seperti memberi makan, mamandikan dan menggodanya untuk menjinakkan burung.

gambar-cililin

2. Pengembunan dan Angin Angin

Pengembunan dan diangin anginkan sangat bagus untuk kesehatan burung cililin. Proses pengembunan boleh dilakukan antara pukul 5 pagi hari sampai pukul 6 pagi hari. Sebelum dimandikan, pastikan burung sudah diangin anginkan terlebih dahulu agar burung lebih fresh. Hal ini sangat bagus untuk merawat burung agar bisa beradaptasi dengan lingkungan baru.

Baca Selengkapnya :  Cara Mudah Membedakan Kacer Betina Dan Jantan Dengan Tepat

3. Pemberian Pakan

Untuk pakan burung ini terbilang sangat beragam. Sebaiknya anda memberikan voer pada pagi hari disertai dengan makanan ektra fooding seperti jangkrik atau ulat hongkong. Perlu anda perhatikan bahwa burung ini, tidak terlalu suka voer untuk makanan pokoknya saat pertama kali. Anda bisa memberikan voer pada tempat yang sepi selama 30 menit. Anda juga bisa mencampurkan voer dan kroto untuk makanan pokoknya.

Selain pakan voer, anda juga harus memberikan ektra fooding pada setiap pagi hari atau sore hari sebanyak 3-4 ekor. Sebagai pengganti jangkrik, anda bsia memberikan ulat hongkong yang bisa membantu untuk membantu birahi burung. Anda bisa memberikan pakan tambahan seperti buah, biji bijian dan sayuran. Selalu pastikan untuk memenuhi asupan burung cililin dengan menambahkan birdvit atau birdmineral.

Dengan memberikan asupan yang pas untuk burung, tentu akan membantu dalam membentuk tulang dan memenuhi asupan vitamin si burung. Khususnya jika anda sedang memberikan pakan jangkik untuk ektra fooding pakan burung.

4. Memandikan Burung

Jika anda ingin menjinakkan burung, anda bisa memandikan burung menggunakan tangan anda. Hal ini dilakukan dengan cara meletakkan buurng di wadah dengan air yang berukuran sedang, kemudian menggusapnya secara perlahan. Cara ini akan membuat buurng tahu jika anda adalah tuan yang baik dan membuatnya menjadi penurut dan jinak. Anda bisa menggunakan sprayer dan langsung disemprot dari luang sangkar saja.

Memandikan burung ini bisa dilakukan satu atau dua kali dalam sehari untuk membuat burung benar benar bersih. Mandi juga merupakan cara menurunkan birahi bueung jika terlalu tinggi. Untuk masa mabung, ada baiknya anda tidak memandikan cililin untuk sementara waktu. Memandikan burung juga sangat bagus untuk menghindarkan burung dari penyakit.

5. Menjemur Burung Setiap Harinya

Menjemur burung sangat penting untuk membantu dalam meningkatkan birahi dan merontokkan semua kutu yang ada pada bulu burung. Namun perlu diperhatikan berapa lama waktu ideal untuk menjemur burung ini. Ada baiknya anda tidak menjemur burung selama berjam jam dengan suhu yang panas. Cukup jemurlah burung sekitar 15 menit hingga 30 menit saja setiap harinya.

Baca Selengkapnya :  Jenis Burung Cucak Jenggot Beserta Suara Dan Harganya

Dampak yang akan diakibatkan jika menjemur terlalu lama adalah kematian sang burung. Hal ini karena burung sangat sensitif terhadap suhu udara yang panas. Untuk masa mabung, penjemuran sebaiknya sedikit ditingkatkan menjadi 40 menit lamanya karena akan sangat membantu dalam mempercepat proses mabungnya. Penjemuran yang baik bisa dilakukan mula dari 8 pagi atau dibawah pukul 11 siang hari.

6. Pembersihan Kandang atau Sangkar

Sangkar yang menjadi rumah untuk burung cililin memang haruslah benar benar bersih. Hal ini penting untuk menjaga burung agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Sebaiknya anda rutin untuk melakukan pembersihan setiap harinya. Usahakan untuk membersihkan kotoran yang akan menyebabkan kotoran menumpuk.

Kotoran yang menumpuk ini bisa jadi sumber bakteri untuk burung. Sangkar yag kotor juga menyebabkan burung sakit mencret atau diare. Anda bisa membersihkan sangkar burung sekali dalam seminggu untuk mencegah virus yang tidak diinginkan. Selain itu pastikan juga kesehatan burung dengan rutin untuk memberikan vitamin burung dengan rutin. Sehingga burung akan terhindar dari berbagai penyakit yang mungkin saja menyerang burung.

7. Pemasteran Burung

Sudah banyak orang tahu jika burung ini memiliki suara yang bagus dan jernih. Untuk bisa melatih burung agar memiliki suara yang bagus, anda harus melakukan pemasteran pada burung. Sangat disarankan untuk melakukan pemasteran secara rutin untuk bisa membuat burung tetap memiliki suara yang indah dan bervariasi.

suara-cililin

Proses pemasteran bisa dilakukan pada saat pagi hari, siang hari atau malam hari. Apabila anda baru membeli burung yang masih baru, sebaiknya anda tidak melakukan pemasteran terlalu lama karena akan membuat burung menjadi tidak nyaman. Jika anda sudah beberapa hari berlalu, anda bisa melakukan pamasteran pada burung dengan surasi yang lama seperti semalaman mulai dari pukul 6 sore hingga esok harinya.

Baca Selengkapnya :  5 Jenis Burung Prenjak Yang Paling Bagus Kicauannya

Agar lebih maksimalnya, bisa juga anda perdengarkan dengan suara masteran asli burung cililin tersebut, agar dapat mengikuti suara dengan durasi yang panjang dan sesuai keinginan anda, Berikut suara burung cililin audio mp3 bisa anda download dibawah ini :

suara cililin jernih jeda

Link | Download

8. Memberikan Multivitamin

Vitamin adalah hal penting yang harus diberikan pada burung. Dengan pemberian vitamin, burung akan memiliki kondisi yang jauh lebih sehat dan lebih vit dibandingkan tanpa pemberian vitamin. Hal ini juga baik untuk menghindarkan burung dari gangguan berbagai penyakit yang mungkin saja dialami oleh burung.

Untuk pemberian vitamin, anda bisa memberikan pada minuman burung cililin tersebut. Berikan vitamin dua hingga 3 kali dalam seminggu untuk menghindarkan burung dari serangan penyakit. Selalu ingat untuk memberikan vitamin pada burung, dan buka doping untuk membat burung makin gacor. Pemberian doping yang tidak sesuai takaran akan menyebabkan burung cepat mati. Jadi anda harus bisa membedakan mana vitamin dan mana doping untuk burung.

Itulah beberapa ulasan mengenai cara merawat burung yang baru saja anda beli di pasaran. Tentunya burung akan membutuhkan waktu untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Ada baiknya anda melakukan beberapa cara untuk bisa membuat burung beradaptasi dengan dunia sekitar, seperti memandikan atau memberikan makan secara langsung. Selalu perhatikan kondisi burung anda, agar burung bisa memenangkan kontes gacor antar burung.