Inilah 10 Jenis Makanan Manusia yang Haram Untuk Kucing

10 Jenis Makanan Manusia yang Haram Untuk Kucing – Hai sobat cat lovers berbagi makanan dengan si anak bulu atau anabul merupakan hal yang biasa terjadi. Cara ini memang ampuh membuat bounding antara kalian dan kucing kesayangan kalian.

Tapi cat lovers, harus di ingat dan dipahami bahwa kalian tidak boleh asal memberi makan. Karena tak semua makanan bagus untuknya meskipun untuk manusia banyak manfaatnya sekalipun karena ada beberapa jenis makanan yang haram bagi kucing.

Hal ini dikarenakan kucing merupakan hewan yang kebutuhannya kompleks sehingga memerlukan formulasi khusus guna memenuhi kebutuhan tubuhnya jadi tak sembarang makanan manusia kalian berikan karena berbeda kebutuhannya.

10 Jenis Makanan Manusia yang Haram Untuk Kucing

Cara paling sederhana dan tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kucing adalah memberi mereka makan yang tepat sesuai yang diformulasikan oleh para ahli gizi veteriner. Faktanya, tak semua makanan yang bergizi untuk manusia sama menyehatkan bagi kucing. Dalam beberapa kasus, makanan itu justru berbahaya.

Inilah beberapa jenis kucing yang bermanfaat baik gizinya untuk manusia tetapi untuk kucing ternyata dilarang, tentu ini harus kalian ketahui sebagai pecinta kucing jangan sampai salah.

10 Jenis Makanan Manusia yang Haram Bagi Kucing

1. Roti yang mengandung ragi

Yang pertama ialah Roti, adonannya mengandung ragi yang dapat mengembang dan menyebabkan gas menumpuk di sistem pencernaan kucing. Kondisi ini dapat menyebabkan perut kembung yang bisa berakibat fatal baginya.

makanan yang tidak boleh untuk kucing hamil

2. Cokelat

Selanjutnya ada cokelat mengandung zat yang disebut methylxanthines. Senyawa yang satu ini beracun bagi hewan peliharaan dan dapat menyebabkan gangguan pada pencernaannya mulai dari muntah, diare, tremor, kejang, hingga kematian.

Konsentrasi methylxanthines berbeda pada masing-masing jenis cokelat. Bubuk kakao adalah yang paling berbahaya, sedangkan cokelat putih adalah yang paling sedikit. Meskipun demikian lebih baik dihindari pemberiannya.

makanan yang dilarang untuk kucing

3. Kopi

Sama halnya dengan cokelat, kopi mengandung kafein methylxanthine yang cukup tinggi. Dengan kata lain, kopi akan menimbulkan efek samping yang sama pada kucing sebagaimana pemberian cokelat.

4. Buah sitrus

Buah jeruk seperti lemon, jeruk, dan jeruk Bali mengandung asam sitrat dan minyak esensial yang bisa memicu masalah pada kucing. Mulai dari batang, daun, kulit, daging buah, hingga biji sitrus harus dihindari kucing.

Dalam jumlah kecil, asupan buah sitrus akan menyebabkan sakit perut pada kucing. Sementara dalam jumlah besar, buah sitrus akan memicu diare, muntah, dan depresi sistem saraf pusat.

5. Air dan daging kelapa

Meskipun pada manusia air dan daging buah kelapa baik untuk menghilangkan racun dalam darah dan juga pengganti isotonik namun buah kelapa dapat menyebabkan masalah pencernaan pada hewan peliharaan. Gara-garanya kandungan potasium dalam kelapa yang terlalu tinggi.

6. Susu

Sama seperti lainnya, produk susu akan menyebabkan masalah pencernaan pada kucing. Pasalnya, banyak kucing tak tidak toleran dengan laktosa dan tak dapat memproses susu dengan tepat.

7. Telur mentah

Telur mentah dapat terkontaminasi bakteri Salmonella. Tanda-tanda infeksi termasuk muntah, diare, dan demam bisa disebabkan oleh asupan telur mentah. Telur mentah juga mengandung avidin, enzim yang menghalangi kucing menyerap biotin atau vitamin untuk kesehatan kulit dan bulu kucing.

8. Daging mentah atau setengah matang

Sama seperti telur, daging mentah atau setengah matang berpotensi mengandung bakteri Salmonella dan E. coli. Banyak hewan peliharaan yang mengalami masalah pencernaan akibat mengonsumsi makanan berbasis daging mentah.

9. Garam

Pemberian garam dalam jumlah besar juga menjadi bahaya sebenarnya tak hanya pada manusia, garam dan makanan asin dapat menyebabkan muntah, diare, tremor, kejang, dan kematian pada hewan peliharaan.

10. Bawang

Bawang merah, bawang putih, dan daun bawang sangat berbahaya bagi kucing. Sama seperti lainnya, bawang dapat memicu masalah pencernaan dan bahkan kerusakan sel darah merah.

makanan yang dilarang untuk kucing persia

Nah itulah tadi ulasan mengenai 10 jenis makanan manusia yang haram untuk kucing semoga dapat diingat dan dipahami sehingga tidak membahayakan anabul kesayangan kalian. Terimakasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.

Related Posts
Makna Pancasila sebagai Dasar Negara: Landasan Ideologi Indonesia

Dalam artikel ini, Om Kicau akan dibahas secara mendalam mengenai makna Pancasila sebagai dasar negara dan landasan ideologi Indonesia. Pancasila Read more

Mengenal Ikan Discus Ciri Ciri dan Jenisnya
Mengenal Ikan Discus Ciri Ciri dan Jenisnya

Mengenal Ikan Discus Ciri Ciri dan Jenisnya - Hai bestie, memelihara ikan hias menjadi salah satu hobi yang kian diminati Read more